June 17, 2019

Janjikan Kecepatan Hingga 40 Gbps, Perangkat USB 4 Mulai Hadir di 2020

Penulis: Iwan RS
Janjikan Kecepatan Hingga 40 Gbps, Perangkat USB 4 Mulai Hadir di 2020  

Mobitekno –┬áTiga bulan lalu, standar terbaru USB 4 telah diumumkan oleh USB Promoter Group. Standar ini menawarkan peningkatan kecepatan yang signifikan, yaitu dua kali dari standar USB 3.2 (40 Gbps vs 20 Gbps).

Sebagai perbandingan dengan standar sebelumnya, perangkat USB 3.0 mendukung kecepatan transfer 5 Gbps, sedangkan perangkat USB 3.1 meningkat menjadi 10 Gbps.

Hadirnya standar USB 4.0 tentu membuka peluang kebutuhan transfer data yang lebih cepat diantara beragam perangkat (hingga 40 Gbps). Misalnya, pengunaan GPU eksternal pada laptop (via port USB) untuk komputasi grafis yang lebih bertenaga atau penggunaan dua monitor 4K secara bersamaan.

Menurut sumber AnandTech, pihak USB-IF (USB Implementers Forum) optimis spesifikasi final standar USB 4 akan dirilis pada Septemeber tahun ini sehingga beberapa perangkat yang mendukung USB 4 mulai hadir di akhir tahun 2020.

Sejauh ini, standar USB 4 yang didesain berbasis interface Intel Thunderbolt 3 (dengan bandwidth dua kali lipat) memungkinkan dua lane operation melalui kabel USB-C yang ada saat ini dan memungkinkan transfer data hingga 40 Gbps dengan kabel yang telagh direkomendasikan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS