January 17, 2019

Review Asus ZenBook 13 UX333F: Laptop Tipis, Ringkas, dan Kencang, Sesuai Gaya Hidup Saat Ini

Penulis: Desmal Andi
Review Asus ZenBook 13 UX333F: Laptop Tipis, Ringkas, dan Kencang, Sesuai Gaya Hidup Saat Ini  

Mobitekno – Saat ini melakukan aktivitas dengan menggunakan laptop memang tidak harus ada di balik meja. Mulai dari Cafe, resto, hingga taman bermain kini bisa dijadikan tempat bekerja yang nyaman. Bahkan, suasana outdoor yang segar seringkali dapat menciptakan ide-ide yang kreatif.

Laptop merupakan salah satu perangkat kerja yang banyak digunakan. Laptop dengan perfoma kencang, storage yang luas, hingga dilengkapi dengan konektivitas yang baik menjadi incaran banyak pekerja dan kreator untuk mendukung aktivitas mereka. Karena aktivitas mereka tidak harus dilakukan dari balik meja, tentu saja laptop yang ringan, tipis, dan fleksibel menjadi senjata ampuh untuk berkreasi atau melakukan pekerjaan. Inilah yang menjadi salah satu latar belakang Asus dalam mengembangkan laptop ultra tipis yang bisa dibawa-bawa kemanapun pemiliknya pergi, tanpa harus terganggu dengan bobot atau dimensi yang begitu besar.

Laptop kencang tetapi memiliki dimensi besar dan bobot yang berat? Tentu saja hal ini akan menyusahkan penggunanya. Kini sudah tidak zamannya untuk membawa-bawa laptop yang besar dan berat. Oleh sebab itu, untuk bekerja dan melakukan aktivitas kreatif dimanapun mereka berada, laptop seperti Asus ZenBook 13 UX333F ini menjadi salah satu produk yang patut untuk dipertimbangkan. Bodinya yang ramping, performanya yang kencang, ditambah dengan desain yang stylish, membuat Asus ZenBook 13 UX333F menjadi sebuah produk yang bisa menarik perhatian banyak orang saat sedang digunakan. Penasaran dengan produk ini? Simak ulasan Mobitekno berikut ini.

Introduction Asus Zenbook

Kelengkapan

Hadir dengan sebuah kotak kemasan dengan ukuran yang juga tidak terlalu besar, Asus ZenBook 13 UX333F berwarna biru ini disusun rapi, lengkap dengan aksesoris pendukungnya. Dibungkus kain halus dari bahan micro fibre untuk menjaga bodi laptop dari goresan, laptop dengaan warna biru dengan bodi tipis, serta desain yang stylish ini begitu menggoda untuk segera dicoba. Mobitekno pun langsung membongkar semua yang ada di dalam kemasan Asus ZenBook UX333F.

Apa saja isi kemasannya? Berikut ini detailnya:

  • Unit Laptop Asus ZenBook UX333F berwarna biru
  • Kabel charger dengan dimensi yang kompak dan juga berbobot ringan
  • Buku petunjuk an kartu garansi
  • Adapter USB to RJ45

Desain

Begitu mengeluarkan produk ini dari kemasannya, kesan pertama yang didapat adalah ringan dan kompak. Asus ZenBook 13 UX333F memang memiliki ukuran layar 13,3 inci. Namun, desain NanoEdge Display khas Asus ini membuat ukuran keseluruhan laptop tidak terlalu besar. Jarak dari layar ke bagian tepi begitu tipis, hanya 2,8 mm i bagian tepi dan 3,3 mm di bagian bawah. Sementara bagian atasnya berjarak 5,9 mm, karena ada kamera di bagian ini. Secara keseluruhan, produk ini memiliki screen to body ratio 95 persen. Tidak heran, Asus sendiri menyatakan ukuran produk ini lebih kecil dari kertas A4.

Secara keseluruhan, bobot Asus ZenBook 13 UX333F ini hanya 1,09 kg dengan tebal bodi hanya 16,9 mm. Layarnya memilki resolusi Full HD (1920×1080) dengan NanoEdge Display. NanoEdge sendiri mulai banyak digunakan pada produk-produk laptop Asus lainnya. Desain NanoEdge ini dianggap dapat menghilangkan gangguan mata saat sedang menggunakan laptop. Bagian layarnya dapat dibuka hingga 178 derajat sehingga cukup leluasa untuk menggunakan produk ini dalam berbagai kondisi.

bobot asus zenbook

Salah satu hal yang menjadi daya tarik produk dari varian ZenBook ini adalah bagian penopang. Berbeda dengan kebanyakan notebook yang menggunakan bodi untuk menopang keseluruhan laptop, di Asus ZenBook 13 UX333F ini, justru bagian layarnya yang menjadi penopang. Desain yang mereka namakan ErgoLift ini membuat bodi dimana keyboard berada akan terangkat saat laptop dibuka. Desain seperti ini juga membuat aliran udara menjadi lebih lancar melalui bagian bawah laptop sehingga dapat menjaga kinerja laptop saat digunakan. Jika diperhatikan lebih datail, terdapat karet pelindung tipis yang diletakkan di bagian bawah layar agar tidak bersentuhan langsung dengan permukaan meja saat laptop digunakan.

penopang Asus Zenbook

Beralih ke bagian keyboard. Asus cukup pintar mendesain keyboard pada ZenBook 13 UX333F ini. Keyboard dapat masuk dengan nyaman pada permukaan bodi yang berdimensi kecil ini. Namun begitu, Asus tetap memberikan keyboard yang lengkap karena bagian Numpad tetap mereka sediakan. Lho, dimana Numpad-nya? Tidak terlihat Numpad di bagian keyboard saaat laptop dibuka. Tenang, Asus cukup pintar dalam berinovasi. Numpad diletakkan menyatu di bagian touchpad. Untuk mengaktifkannya, cukup menekan icon numpad di kanan atas touchpad. Numpad akan menyala dan bisa langsung digunakan.

keyboard asua zenbook

Bagaimana dengan konektivitasnya? Untuk hal ini, bisa dilihat pada sisi kanan dan kiri bodi laptop. Di bagian kanan, terdapat slot microSD, USB 3, dan jack audio. Sementara di sisi lainnya terdapat slot HDMI, USB 3, USB Type C, dan satu port untuk pengisian daya. Untuk fleksibilitas dengan perangkat lain, slot yang disediakan ini terbilang lengkap. Namun untuk fleksibilitas koneksi internet, ada satu yang hilang dari bagian samping laptop ini. Asus ZenBook 13 UX333F tidak menyediakan port untuk koneksi LAN. Tampaknya Asus lebih mementingkan sisi mobile yang banyak menggunakan koneksi Wi-Fi. Namun jika terpaksa ingin menggunakan koneksi LAN, terdapat konektor USB to RJ45 Ethernet adapter.

Saat laptop dalam keadaan tertutup, desain mewah juga terlihat. Bagian permukaan luarnya tetap menggunakan filosofi Zen yang melingkar, dengan logo Asus tepat di tengahnya. Sementaa nama ZenBook Series sendiri terukir di bagian belakang.

as

Dari informasi yang terdapat di bagian bawah keyboard, Asus ZenBook 13 UX333F ini juga sudah memiliki sertifikasi Military-Grade yang diuji berdasarkan standar MIL-STD 810G. Dengan demikian, keseluruhan bodi tidak perlu diragukan lagi kekuatannya.

Satu hal menarik dari produk ini terdapat juga pada adaptor pengisian daya. Desainnya begitu ramping tidak seperti adaptor produk laptop lainnya yang cukup berat dan besar. Dengan demikian, charger adaptor beserta kabelnya ini mudah dibawa-bawa kemanapun pemiliknya pergi.

 

Fitur dan Kinerja

Asus ZenBook 13 UX333F hadir dengan Windows 10 Home Edition sebagai sistem operasi bawaannya. Sudah tidak perlu diulas mengenai sistem operasi ini karena kebanyakan laptop juga menggunakan varian Windows 10 ini.

win10

Namun, untuk urusan pengoperasian, pengguna diberi kemudahan terutama saat menggunakan keyboard. Produk ini menggunakan backlit di bagian keyboard sehingga tetap nyaman digunakan walau dalam keadaan gelap.

Selanjutnya untuk keamanan laptop. Asus memang tidak menyediakan fitur fingerprint pada produk ini. Namun, bukan berarti laptop ini tidak memiliki fitur keamanan yang diandalkan. Kekurangan pada bagian fingerprint ini mereka ganti dengan fitur pendeteksi wajah yang menggunakan IR Camera. Jadi, face detection ini dapat juga digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Kinerja laptop ini juga sangat cepat. Hal ini tidak lain karena sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 8565U 1.8GHz dengan memori berkapasitas 8GB LPDDR3. Satu faktor lagi yang membuat laptop ini cepat dalam bekerja adalah penggunaan storage dari jenis SSD. Asus ZenBook 13 UX333F memang menggunakan SSD berkapasitas 512GB untuk menunjang kebutuhan data penggunanya. Untuk kinerja ini, kami juga mengukurnya dengan tiga aplikasi benchmark yang juga disertakan di bagian bawah.

Selama digunakan, laptop Asus ZenBook 13 UX333F ini ternyata cukup sunyi. Kejadian kipas yang biasanya berputar berisik untuk mengusir hawa panas tidak ditemukan pada produk ini. Tampaknya Asus telah mengembangkan solusi yang baik untuk proses pendinginan ini sehingga kipas dapat bekerja tanpa menimbulkan suara yang berisik.

 

Hasil Benchmark

Spesifikasi

Tidak ada kinerja yang bagus tanpa didukung oleh hardware yang bagus juga. Walaupun memiliki desain yang stylish, sisi kinerja tidak dinomerduakan oleh Asus pada ZenBook 13 UX333F ini. Informasi lebih detail mengenai spesifikasi produk ini bisa dilihat dalam tabel berikut:

Prosesor Intel Core i7 8565U 1.8GHz
Memori dan storage 8GB LPDR3 dan SSD 512GB
Layar 13,3 inci FHD Frameless NanoEdge Display
Dimensi 1,69mm x 30,2mm x 18,9mm
Bobot 1,09 kg
Interface USB 3, USB Type C,  MicroSD Slot, HDMI, jack audio
Kamera HD IR Camera
Sistem Operasi Windows 10 Home Edition

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Mobitekno cukup puas menggunakan laptop Asus ZenBook 13 UX333F ini selama beberapa minggu. Kinerja yang cepat, desain yang menawan dan stylish, bobot yang ringan, ukuran yang kecil sehingga masuk ke dalam tas kerja biasa, hingga konektivitas yang cukup banyak menjadi hal-hal yang menarik yang ditemukan pada produk ini.

Bagi para millenial ataupun kaum muda, laptop ini tampaknya cocok untuk menemani aktivitas mereka sehari-hari. Penggunaan NanoEdge Display juga turut membantu menguraangi dimensi produk ini. Dengan begitu, ukuran 13,3 inci seperti membawa laptop berukuran 12 atau 11 inci.

Inovasi pada desain menjadi hal yang menarik diperhatikan dalam Asus ZenBook 13 UX333F ini. Desainnya mampu tampil modern dan stylish serta tidak terlihat kaku. Dengan desain seperti ini, pengguna semakin percaya diri dan nyaman saat sedang menggunakannya.

Asus ZenBook 13 ini merupakan bagian dari seluruh varian ZenBook yang diluncurkan pada 17 Januari 2019 ini. Selain ada ZenBook 13, Asus juga memiliki ZenBook 14 an ZenBook 15.

 

Tags: , , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS