August 16, 2019

TAM Gelar Toyota Fun/Code, Ajang Kompetisi Pemrograman Digital di Tiga Kota Besar

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
TAM Gelar Toyota Fun/Code, Ajang Kompetisi Pemrograman Digital di Tiga Kota Besar  

Mobitekno – Menghadapi tantangan industri 4.0, PT Toyota-Astra Motor (TAM) tak hanya menggelar berbagai aktivitas pengembangan generasi muda seperti Toyota Dream Art Car Contest maupun Toyota Eco Youth yang sudah berjalan selama 11 kali, namun juga berkontribusi dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0 dengan menyelenggarakan Toyota Fun/Code, sebuah ajang kompetisi bagi mereka yang berminat dan berbakat di bidang Information Technology (IT).

Melalui tema “Fun, Futuristic, Informative”, peserta ditantang mengeksplorasi kreativitas mereka untuk membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, “Kompetensi di bidang IT merupakan salah satu kunci utama untuk salah satunya merebut peluang bisnis di era industri 4.0. Toyota Fun/Code menantang peserta untuk menguji kemampuan mereka dengan membangun atau menciptakan aplikasi yang bisa memberi nilai tambah kepada pelaku industri otomotif dan pelanggan,” katanya pada acara jumpa media di Jakarta, Kamis (15/8) malam.

Lebih jauh, Jimmy mengungkapkan bahwa acara Toyota Fun/Code dimaksudkan untuk mendorong dan mengajak masyarakat mewujudkan harapan yang lebih tinggi di era industri 4.0 yang ditandai dengan adanya kemajuan teknologi digital yang begitu pesat serta berbagai tantangan gelombang disruptif yang mengikutinya.

“Menghadapi era ini, selain mengembangkan fitur kendaraan berbasis digital, TAM juga terus meningkatkan layanan dengan basis yang sama. Terakhir, TAM meluncurkan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA), aplikasi chat berbasis Line, WhatsApp, dan Facebook Messenger yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi,” jelasnya.

P90815 195406

Toyota juga telah menyelenggarakan berbagai program untuk memasyarakatkan internet sehat dan produktif seperti Digital Festival yang digelar pada GIIAS 2019 lalu. Dalam festival ini, Toyota mendatangkan content creator internasional, Zach King dari Los Angeles, Amerika Serikat, dan sejumlah content creator nasional untuk berbagi pengalaman dengan peserta.

Toyota Fun/Code akan diawali dengan workshop di tiga kota, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Puncak acara adalah Hackaton Day yang akan berlangsung selama 24 jam penuh di bulan November mendatang. Dalam satu hari peserta individual maupun tim akan diuji kemampuannya sebagai IT Developers dalam menghasilkan aplikasi sesuai tema yang mereka pilih.

Untuk menjadi IT Developers handal, peserta akan diuji keahliannya di bidang programmer, graphic designers, interface designers, dan project manager. Peserta kompetisi ditantang mengerahkan potensinya di berbagai bidang agar aplikasi yang mereka kembangkan bisa selesai sesuai dengan harapan. Untuk merancang aplikasi, peserta dapat memilih salah satu sub tema yang ditetapkan Toyota yaitu Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain & Trade-in serta Disability.

Melalui tema Eco Driving diharapkan peserta dapat mengembangkan aplikasi atau inovasi teknologi berbasis web yang bisa meningkatkan kemampuan pengemudi agar efektif, efisien, dan ekonomis. Aplikasi ini akan berdampak positif terhadap penurunan emisi CO2 atau environmental sustainability. Dari tema Education, diharapkan akan muncul aplikasi seperti safety driving apps atau safety driving gamification untuk membuat mengemudi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Tema Ownership Experience diharapkan dapat mendorong peserta dalam membangun aplikasi yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari menjadi lebih mudah, lebih aman, nyaman, dan memudahkan orang untuk memiliki kendaraan dan layanan Toyota baik sebelum membeli maupun sesudah pembelian (aftersales service).

Tema Value Chain & Trade-in mengarahkan peserta membuat aplikasi yang mendukung penyatuan atau sistem integrasi pelayanan mulai dari saat konsumen memilih kendaraan, saat memiliki kendaraan, sampai saat menjual atau menukar kendaraannya, termasuk dalam soal pembiayaan dan asuransi.

Dari tema Disability diproyeksikan akan muncul aplikasi atau web yang bisa memudahkan mobilitas penyandang difabel seperti saat parkir atau mengakses tempat-tempat tertentu, misalnya seperti toilet. Tema ini menjadi salah satu bagian terpenting karena merupakan wujud semangat Toyota untuk selalu menyediakan kendaraan terbaik bagi semua, termasuk kalangan difabel.

Tags: , , , ,


COMMENTS