March 16, 2019

Cara LINE Today Gaet Milenial Agar Lebih Kenal Pemilu 2019

Penulis: Rizki Romdoni
Cara LINE Today Gaet Milenial Agar Lebih Kenal Pemilu 2019  

Mobitekno – Tak terasa bulan April yang menjadi penanda Pemilu 2019 semakin dekat. Banyak pihak mengatakan bahwa pemilih muda atau yang biasa disebut kaum milenial ini akan menjadi penentu masa depan Indonesia. Pertanyaannya, seberapa menentukannya suara kaum milenial ini? Lalu, apakah mereka sudah benar-benar paham soal Pemilu 2019 terkait siapa calonnya, apa program kerjanya, dan sebagainya.

Untuk menjawab hal tersebut, baru-baru ini, LINE melalui LINE TODAY berupaya mendekatkan milenial dengan Pemilu 2019. Mereka mulai membagikan ragam informasi terkait respon milenial terhadap Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang yang berdasarkan dari hasil survei pengguna, serta membagikan hasil analisa tren pembaca LINE TODAY terkait berita Pemilu 2019.

Tak hanya itu, LINE pun memperkenalkan fitur election tab dalam aplikasi LINE TODAY yang fungsi-fungsinya dikhususkan untuk memudahkan para pengguna dalam mendapatkan informasi terkait Pemilu 2019.

“Kami sadar bahwa pemilih muda memegang peranan penting dalam Pemilihan Umum 2019. Sebagai platform konten yang didominasi oleh pembaca generasi muda, LINE TODAY memiliki peran besar dalam memberikan informasi dan edukasi mengenai Pemilu 2019 yang positif, seimbang, dan mudah diakses,” ucap Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

Survei pengguna LINE TODAY yang diikuti oleh 33,265 responden menunjukkan bahwa sebagian besar milenial sudah yakin berpartisipasi, namun masih terdapat suara yang masih ragu bahkan tidak mau memilih. Uniknya, 80% dari responden tidak mengenal calon legislatif DPR serta DPD dan hanya berfokus terhadap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Okta Wiguna sebagai Lead LINE Today Indonesia, menegaskan bahwa para pemilih muda juga sangat peduli akan program kerja dari masing-masing calon, namun masih banyak dari mereka yang belum terlalu tahu mengenai program kerja para calon. Isu hoaks juga masih menjadi hal yang dikhawatirkan para pemilih muda.

Sejumlah fitur didalam tab election aplikasi LINE Today

“Penemuan ini juga didukung oleh hasil analisa tren pembaca LINE TODAY di mana berita mengenai deklarasi Visi dan Misi yang juga mencakup program kerja sangat tinggi partisipasinya. Para pemilih muda ingin tahu lebih tentang program kerja para calon serta menyukai jika program para calon nyata dan berdasarkan data,” kata Okta.

Konten berita lain yang digemari adalah konten ‘Cek Fakta’, dimana para pemilih muda sudah lebih sadar akan pentingnya menyeleksi konten berita. “Kami memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Pemilu. Fokus kami ialah mengedukasi pemilih bagaimana mereka lebih kenal dengan calon-calon legislatif,” Okta menambahkan.

Untuk membantu para pengguna dalam mendapatkan informasi terkait Pemilu 2019, termasuk lebih mengenal calon legislatif DPR serta DPD, LINE TODAY pun memperkenalkan fitur election tab yang terdapat dalam aplikasi LINE TODAY. Pengguna dapat dengan mudah mendapakan informasi mengenai Para Kandidat (termasuk DPR dan DPD), menonton Debat Live yang disertai dengan Komentar Livefungsi Pengingat, Poling Pengguna, serta Cek TPS. Election tab juga nantinya akan menyediakan agregator ragam diskon pemilu pertama di Indonesia yang akan memudahkan dan meningkatkan pengalaman Pemilu pemilih muda.

Untuk dapat mensosialisasikan lebih luas lagi pentingnya partisipasi pemuda dalam Pemilu, LINE TODAY juga mengadakan talk show edukasi bertajuk ‘Pemuda Peduli Pemilu’ yang menghadirkan Najwa Shihab, Dedy Permadi (Tenaga Ahli MENKOMINFO Bidang Kebijakan Digital), Tasya Kamila, Sakdiyah Ma’Ruf, Pangeran Siahaan, serta Dewi Sari (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang berdiskusi tentang pentingnya partisipasi pemilu dan peran pemuda dalam mengatasi hoaks.

Sesuai dengan misi “Closing the Distance”, LINE Indonesia selalu berupaya untuk memperkaya dan mendekatkan beragam layanan dan informasi dengan pengguna. Salah satunya melalui aplikasi LINE TODAY yang ingin mendekatkan para pembaca dengan konten yang lebih beragam, menarik, dan informatif jelang Pemilihan Umum 2019.

Tags: , , , ,


COMMENTS