September 15, 2019

GrabKitchen ke-10 Resmi Dibuka, Grab Food Masih Incar 50 Lokasi Lagi

Penulis: Rizki R
GrabKitchen ke-10 Resmi Dibuka, Grab Food Masih Incar 50 Lokasi Lagi  

Mobitekno – GrabFood, platform layanan pesan-antar makanan milik Grab telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan jaringan cloud kitchen dengan membuka GrabKitchen yang ke-10 dengan area dine-in (makan di tempat) pertama di Capital Place, Gatot Subroto. Rencana pengembangan jaringan GrabKitchen tersebut menyusul pertumbuhan pesat bisnis GrabFood pada semester pertama tahun 2019 yang didorong oleh penerapan strategi hyperlocal.

Ichmeralda Rachman, Head of Marketing GrabFood and New Businesses, Grab Indonesia, menyatakan bahwa nilai penjualan kotor (GMV) GrabFood telah tumbuh tiga kali lipat pada semester pertama tahun 2019, menjadikan GrabFood siap menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini.

Ekspansi signifikan GrabFood di Indonesia juga didukung oleh pertumbuhan signifikan bisnis GrabFood di berbagai kota di Indonesia termasuk Surabaya, Medan, dan Bandung dimana nilai penjualan kotornya tumbuh empat kali lipat, didorong penerapan strategi hyperlocal.

“Hanya dengan waktu enam bulan, GrabFood telah meluncurkan 10 GrabKitchen, termasuk satu GrabKitchen di Bandung, yang menjadi lokasi pertama di luar Jakarta,“ kata Ichmeralda Rachman, yang akrab disapa Melda ini saat peresmian GrabKitchen ke-10 di Capital Place Jakarta, Kamis (12/9).

P90912 115228

Ket. Foto [Ki-Ka]   Cynthia Chaerunnisa sebagai CMO of Kopi Kenangan, Ichmeralda Altri Rachman sebagai Head of Marketing GrabFood & New Business, Grab Indonesia, Sai Alluri sebagai Head of GrabKitchen dan Suryanto dari Chiz ‘n Chic

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat Indonesia, sehingga jumlah merchant pada platform GrabFood tumbuh dua kali lipat sejak awal tahun ini.

“GrabFood berencana untuk mengembangkan jaringan cloud kitchen miliknya secara signifikan dengan menghadirkan lebih dari 50 GrabKitchen di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2019 ini. Ini bukan pekerjaan yang ringan untuk mewujudkan target tersebut, karena akhir tahun hanya tinggal beberapa bulan lagi,“ papar Melda.

Saat disinggung mengenai di mana saja lokasi yang diincar oleh Grab Food, Melda menjelaskan Grab Food masih akan fokus terlebih dahulu di area Jakarta dan Bandung, namun tidak menutup kemungkinan akan membuka di kota lainnya. Jadi 50 lokasi itu akan terpusat di area Jakarta dan Bandung.

GrabKitchen merupakan sebuah cloud kitchen yang menyatukan berbagai merchant makanan dan minuman (F&B) dalam sebuah fasilitas pusat untuk menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi di wilayah-wilayah tertentu dengan memanfaatkan data untuk mengidentifikasi dan memetakan kesenjangan permintaan pelanggan.

Lewat GrabKitchen, mitra merchant dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka dengan biaya dan risiko yang rendah dan mengembangkan bisnis di wilayah-wilayah baru. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui GrabFood, sehingga dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

Di kesempatan yang sama, Sai Alluri, Head of GrabKitchen mengatakan, ”GrabFood bangga dapat menjadi pelopor transformasi layanan pesan-antar makanan di Indonesia melalui GrabKitchen dan kami siap melayani pelanggan dan mitra merchant kami dengan lebih dari 50 GrabKitchen di seluruh Indonesia pada akhir tahun ini. “

“GrabKitchen merupakan inovasi solusi kami dalam menjembatani kesenjangan permintaan pelanggan, sembari menyediakan peluang-peluang bisnis baru untuk para mitra merchant kami dan mendorong mereka untuk tumbuh dengan pesat,” ujar Sai Alluri seusai acara  peresmian tersebut.

Untuk pelanggan, GrabKitchen tidak hanya menghadirkan sajian favorit GrabFood mereka lebih dekat, tapi juga mempersingkat waktu pengantaran, sehingga meningkatkan keseluruhan pengalaman pelanggan. Mereka kini juga dapat memesan berbagai macam jenis makanan dari berbagai merchant dalam satu kali pesanan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS