October 14, 2019

Melalui “OYO Life”, OYO Hotels Merambah Pasar Indekos Tanah Air

Penulis: Rizki Romdoni
Melalui “OYO Life”, OYO Hotels Merambah Pasar Indekos Tanah Air  

Mobitekno – Kebutuhan akan hunian yang nyaman, aman dan terjangkau (seperti kost-kostan) untuk kalangan kaum muda terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Faktor pendorong permintaan yang tinggi dan potensi pengembangan rantai bisnis yang besar termasuk katering, laundry, housekeeping, dan sebagainya, membuat OYO –jaringan hotel terbesar kedua di dunia— memperkenalkan OYO Life, yaitu model hospitality menyeluruh dari hulu ke hilir (full stack) untuk mentransformasi bisnis kost.

Lalu apa yang ditawarkan OYO Life? Brand terbaru dari OYO ini akan menawarkan pengalaman tinggal yang aman, terstandarisasi, dan terjangkau bagi milenial.

Country Head for Emerging Business OYO Hotels & Homes Indonesia, Eko Bramantyo, mengatakan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis OYO ke segmen akomodasi jangka panjang untuk melayani kebutuhan penyewaan tempat tinggal berkualitas bagi profesional muda dan pelajar.

“Peluncuran brand OYO Life ini juga menjadi bagian penting dari komitmen investasi kami sejumlah US$ 300 juta untuk mengembangkan industri hospitality di Indonesia.” ujar Eko di hadapan awak media di Jakarta belum lama ini.

OYO Life

Sedikit gambaran mengenai peta kebutuhan kost di Asia dan Indonesia menunjukkan bahwa 70 juta orang di Asia memilih untuk tinggal di indekos, dengan total sepertiganya ada di Indonesia (+/- 23 juta jiwa). Lebih lanjut, berdasarkan data Property Affordability Sentiment Index H1 2019, kenaikan harga rumah menjadi salah satu alasan utama orang Indonesia untuk tidak terburu-buru membeli rumah.

Oleh karenanya, sebagian besar orang yang baru memulai karir cenderung memilih tinggal di kost sampai mampu mendapatkan tempat tinggal permanen. Survei dari Indonesian Property Watch 2018 juga menemukan bahwa hampir separuh dari millenial di Jakarta lebih memilih untuk tinggal di kost. Yang ketiga, berbagai studi juga menunjukkan bahwa milenial kini lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk mendapatkan pengalaman, seperti membeli kopi, dibandingkan menabung untuk rencana investasi jangka panjang.

Indonesia merupakan negara ketiga yang meluncurkan OYO Life setelah India dan Jepang. Eko menegaskan bahwa di Indonesia, OYO mendapatkan banyak permintaan dari asset partners untuk membawa solusi hospitality full stack ke pasar kost.

“Kami meluncurkan OYO Life dengan 2500 kamar di 8 kota dan akan berekspansi secara agresif ke kota-kota selanjutnya dengan target 10.000 kamar di lebih dari 10 kota hingga akhir tahun 2019.” tuturnya.

Agar memaksimalkan potensi bisnis kost, OYO Life membekali para mitra properti dengan keahlian di sektor perhotelan dan kemampuan teknologi mutakhir. Konsep setiap akomodasi OYO Life difokuskan akan kenyamanan dan kemudahan bagi milenial yang melek teknologi. Nantinya, di setiap kamar kost akan dibekali sejumlah fasilitas fundamental yang menjamin kebutuhan seperti koneksi Wi-Fi, televisi, jasa housekeeping, kamera CCTV, dan juga layanan 24 jam. Penghuni juga dapat menghubungi tim OYO Support setiap saat, tanpa biaya tambahan dari harga sewa bulanannya.

“Jadi tidak perlu lagi menghubungi ibu/bapak kost setiap ada keluhan. Semua akan ditanggung secara penuh oleh tim OYO Support,” jelas Eko.

Tags: , , , , ,


COMMENTS