October 14, 2019

Kolaborasi Porsche dan Boeing Ciptakan ‘Mobil Terbang’ untuk ‘Sultan’

Penulis: Rizki Romdoni
Kolaborasi Porsche dan Boeing Ciptakan ‘Mobil Terbang’ untuk ‘Sultan’  

Mobitekno – Porsche dan Boeing tengah bekerja sama membangun pesawat terbang mewah; mampu lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL) bertenaga elektris yang diperuntukkan bagi orang-orang kaya. Keduanya mengumumkan niat itu untuk mengeksplorasi pasar mobilitas udara perkotaan yang tentu penuh risiko dan berpotensi berbahaya.

Porsche dan Boeing telah menandatangani nota kesepahaman eksklusif, yang berarti mereka akan mencari cara untuk bekerja sama, tetapi tidak terkunci dalam perjanjian yang mengikat. Sebagai bagian dari kemitraan, kedua perusahaan mengatakan bahwa mereka akan menciptakan tim internasional untuk mengatasi berbagai aspek mobilitas udara perkotaan, termasuk analisis potensi pasar untuk kendaraan premium dan kemungkinan penggunaan kasus.

Kata “premium” menunjukkan bahwa ini tidak akan menjadi “mobil terbang” bagi massa, mengingat produk Porsche banyak menyasar segmen atas. Banyak perusahaan tertarik untuk membuat jaringan taksi terbang elektris yang telah meningkatkan kepercayaan dengan menegaskan bahwa orang-orang di semua tingkat pendapatan akan mampu membeli tiket. Tetapi biaya yang terkait dengan infrastruktur untuk mendukung pesawat lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL) listrik, termasuk landasan pendaratan dan stasiun pengisian akan dipasarkan ke arah yang sangat kaya –setidaknya untuk memulai.

Porsche, Boeing, dan anak perusahaan Boeing, Aurora Flight Sciences akan bekerja sama untuk mengembangkan mobil terbang listrik mewah yang dapat menerbangkan hop pendek ke berbagai kota. Aurora telah bekerja keras untuk menguji pesawat listrik otonom pertamanya. Awal tahun 2019, kendaraan tanpa pilot telah lepas landas secara vertikal, melayang selama beberapa detik, dan kemudian mendarat di lokasi pengujian perusahaan di Manassas, Virginia. Boeing mengatakan bahwa penerbangan masa depan akan menguji penerbangan bersayap, serta fase transisi antara mode penerbangan vertikal dan maju.

Boeing dan Porsche adalah di antara lusinan perusahaan yang mengejar beberapa bentuk layanan taksi udara perkotaan. Tetapi sebagai salah satu perusahaan kedirgantaraan terbesar di dunia, jelas, Boeing memiliki sumber daya dan keahlian teknik untuk mendapatkan sesuatu di udara lebih cepat daripada yang lain. Dan Boeing bukan satu-satunya raksasa kedirgantaraan yang tertarik dengan penerbangan listrik. Tahun lalu, saingan mereka, Airbus mendemonstrasikan pesawat Vahana eVTOL dalam uji terbang yang sangat mirip dengan Boeing. Tapi tidak seperti Boeing, Airbus berencana meluncurkan jaringan taksi terbangnya sendiri.

Tags: , , ,


COMMENTS