August 14, 2019

Beda dari IDC dan Counterpoint, Riset IHS Tunjukkan Tergesernya Apple oleh Oppo di Pasar Smartphone Global

Penulis: Iwan RS
Beda dari IDC dan Counterpoint, Riset IHS Tunjukkan Tergesernya Apple oleh Oppo di Pasar Smartphone Global  

Mobitekno – Pangsa pasar smartphone global selama kuartal kedua 2019 (Q2 2019) menunjukkan fakta yang cukup menarik. Setidaknya menurut hasil riset IHS Markit yang menunjukkan tergesernya Apple dari tiga besar produsen smartphone.

Pertanyaannya, siapa produsen yang mengambil alih pososi Apple? Tidak lain adalah produsen asal Tiongkok, Oppo, yang sukses mengapalkan 75,1 juta smartphone di pasar global selama kuartal kedua tahun ini.

Meski sama-sama menguasi pangsa global sebesar 11%, Apple tergeser di urutan keempat penjualan smartphone global dengan total pengiriman iPhone sebanyak 35,3 juta unit pada kuartal kedua. Dua teratas penguasa pasar smartphone global ditempatin Samsung (75,1 juta unit) dan Huawei di posssi kedua (58,7 juta).

Menurut Jusy Hong, direktur riset dan analisis smartphone IHS, Apple terus menghadapi tantangan dalam aspek pengiriman unit global. Problem ini disebut tidak mudah untuk diperbaiki dalam waktu singkat.

Meskipun Apple cukup agresif mempromosikan iPhone di pasar global, harganya yang “super-premium” dan lebih mahal dibandingkan smartphone Android dianggap menjadi salah satu faktor penyebabnya. Kurangnya inovasi dibandingkan smartphone Android juga menjadi biang keladi lainnya.

Meski laporan IHS Markit yang berbasis di London ini menunjukkan tergesernya Apple oleh Oppo di urutan ketiga, laporan dua lembaga riset lain (Counterpoint Research dan IDC) setidaknya masih cukup melegakan Apple. Menurut kedua lembaga riset tersebut, Apple masih tetap berada di posisi ketiga dalam pengiriman smartphone secara global.

Apakah tren penurunan pangsa pasar iPhone akan terus terjadi atau sebaliknya meningkat di akhir tahun dengan bakal hadirnya iPhone 11 di akhir tahun? Kita tunggu saja.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS