February 14, 2019

Nokia Kembangkan Penawaran WING dengan Aplikasi IoT

Penulis: Rizki Romdoni
Nokia Kembangkan Penawaran WING dengan Aplikasi IoT  

Mobitekno – Sebelum Mobile World Congress digelar, Nokia hari ini, Kamis (14/2) meluncurkan paket Internet of Things (IoT) off-the-shelf untuk membantu para operator memimpin bisnis baru di pasar IoT vertikal. Selain memungkinkan para operator untuk mencapai penyampaian layanan yang lebih cepat ke pasar, paket penawaran tersebut menyederhanakan pengaturan dan operasi layanan IoT enterprise.

Paket ini dibangun pada infrastruktur Nokia Worldwide IoT Network Grid (WING) yang menyediakan konektivitas IoT global dan yang memberikan dukungan untuk layanan, aplikasi termasuk sensor IoT, aplikasi pengguna, dan model bisnis yang cocok untuk sektor tertentu. Pendekatan managed service pada Nokia WING juga menawarkan model bisnis pay-as-you-grow, sehingga dapat memberikan fleksibilitas bagi para operator untuk meningkatkan layanan IoT dengan lebih cepat sesuai kebutuhan.

Ankur Bhan, Global Head of WING Business di Nokia, mengatakan, “IoT adalah peluang yang berkembang bagi operator untuk menarik pelanggan enterprise baru dan memberikan pendapatan tambahan yang signifikan di beragam pasar vertikal,”

Dengan investasi awal yang minimal, para operator kini dapat lebih cepat memasarkan layanannya dan menghasilkan pendapatan melalui IoT. “Kami mengharapkan solusi vertikal ini dapat mendorong lebih banyak operator untuk terhubung ke Nokia WING, sehingga memperluas jejak globalnya dan memperluas jangkauan kemampuan dan layanannya yang akan tersedia di pasar. Kami sudah memiliki beberapa paket As-a-Service yang lebih terfokus secara vertikal dalam jalur pengembangan,” papar Ankur.

Solusi baru yang siap masuk ke pasar untuk WING diklaim mampu mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh para operator dalam mengembangkan layanan IoT mereka sendiri, yang meliputi kebutuhan keahlian khusus, mengurangi kompleksitas dalam mengkombinasikan infrastruktur konektivitas IoT yang terpencar-pencar, mengurangi risiko dan upaya menyiapkan pengaturan serta bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan secara global.

 

Empat solusi baru yang diumumkan hari ini oleh Nokia meliputi:

  • Smart Agriculture as-a-Service: Sensor menangkap data lingkungan, tanah, dan tanaman yang kemudian dianalisis untuk memberikan wawasan yang dapat membantu petani mengelola tanaman secara lebih efektif, sehingga dapat menghemat biaya irigasi, pestisida, dan pupuk.
  • Livestock Management as-a-Service: Alat pelacak dan biosensor memonitor kesehatan dan kebugaran ternak untuk memberi peternak peringatan dini jika ada kelainan dapat terdeteksi, sehingga dapat menjaga kesehatan ternak agar tetap bernilai, dan meningkatkan hasil.
  • Logistic as-as-Service: Sensor IoT memungkinkan pelacakan pergerakan global dan kondisi barang melalui rantai pasokan lengkap untuk membantu perusahaan mengidentifikasi insiden-insiden secara cepat dan bahkan memprediksi peristiwa di masa depan untuk mengoptimalkan pengiriman dan efisiensi proses logistik.
  • Asset Management as-a-Service: Menghubungkan produk di seluruh dunia yang memungkinkan status dan kinerjanya dipantau secara terpusat, sehingga membantu perusahaan menyediakan layanan yang lebih baik bagi bisnis dan konsumen mereka.

Nokia sedang menguji coba Agriculture as-a-Service dengan operator Afrika dan bekerja sama dengan penyedia layanan terkemuka dan perusahaan konsultan untuk Asset Management as-a-Service untuk membantu mereka menawarkan layanan yang lebih canggih.

Tags: , , , ,


COMMENTS