December 13, 2019

Review Samsung Galaxy Watch Active II: Smartwatch yang Bisa Bikin Hidup Lebih Mudah Lagi

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Watch Active II: Smartwatch yang Bisa Bikin Hidup Lebih Mudah Lagi  

Mobitekno – Samsung Galaxy Watch Active II hadir pada pertengahan bulan Oktober 2019 kemarin. Smartwatch dari Samsung ini ditujukan untuk mendukung gaya hidup para milenial yang selalu aktif dalam kesehariannya. Oleh sebab itu, jam tangan pintar ini tidak hanya tampil sebagai penunjuk waktu, tetapi juga bisa menemani dan memudahkan penggunanya saat beraktivitas lain, seperti olahraga atau bekerja.

Samsung sendiri dalam menghadirkan smartwatch ini berpatokan dengan data yang ada di dunia, dimana pasarnya meningkat lebih dari 22,1 persen setiap tahunnya, dan masih terus tumbuh. Sekilas, jam tangan ini mirip dengan versi pendahulunya, yaitu Galaxy Watch Actrive. Namun, yang terbaru ini tampil dengan desain lebih tipis dan layar lebih lega.

Setelah menggunakan jam tangan ini selama lebih dari dua minggu, memang sebagian besar fitur yang ada, sama persis dengan versi pertama. Namun, fitur-fitur baru yang hadir sangat menarik untuk digunakan dan dapat membantu beberapa aktivitas penggunanya menjadi lebih mudah. Apa saja keunggulan jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch Active II ini? Berikut ulasan Mobitekno.

pembuka Galaxy Watch Active (Large)

Kelengkapan

Datang dalam sebuah boks yang tidak besar ke redaksi Mobitekno, Samsung Galaxy Watch Active II ini langsung kami buka dan dipasang di pergelangan tangan. Namun, agar wearable device ini aktif, di samrtphone kami pasang aplikasi pendukungnya, yaitu Galaxy Wearable. Proses pairing pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Di dalam kotak kemasan Samsung Galaxy Watch Active II ini, tidak hanya terdapat jam saja, melainkan juga ada beberapa perlengkapan pendukung. Detailnya adalah sebagai berikut:

  1. 1 Unit Samsung Galaxy Watxh Active II berwarna Aluminium Black
  2. Wireless Charger yang dapat mengisi daya pada jam dengan cepat.
  3. Buku petunjuk singkat.

Kelengkapan watch Active (Large)

Desain

Samsung Galaxy Watch Active II ini hadir dengan layar 40mm. Samsung sendiri menyediakan dua pilihan layar untuk konsumennya, yaitu 44mm dan 40mm. Namun, unit yang datang ke redaksi berukuran 40mm. Warna hitam menyelimuti seluruh bagian jam tangan sehingga berkesan modern dan mewah. Ada perbedaan dibandingkan dari versi sebelumnya, yaitu ketebalannya yang sedikit berkurang. Di versi terbaru ini, bodi jam memiliki ketebalan 10,9mm.

Secara umum, dimensi jam tangan ini adalah 40 x 40 x 10,9mm. Bobotnya 37 gram saja sehingga tidak berat saat digunakan.

Samsung
Super AMOLED

Dari sisi layar, Samsung juga memberikan layar terbaik, yaitu Super AMOLED. Layar ini dilapis dengan Corning Gorilla Glass sehingga bisa lebih tahan terhadap goresan. Strap atau tali jamnya sendiri berbahan karet yang kuat. Sama seperti pada versi sebelumnya, cara mengikatnya selain memiliki proses yang sama dengan jam tangan biasa, tetapi diakhiri dengan menyelipkan sisa strap ke antara  strap dan pergelangan tangan. Cara seperti ini membuat jam tidak mudah lepas, walau dalam pergerakan yang aktif sekalipun.

Samsung
Ikatan strap yang tidak mudah lepas

Untuk navigasinya, selain menggunakan sistem layar sentuh, ada juga dua tombol yang berfungsi sebagai tombol Home dan  akses ke aplikasi yang di-install ke dalam jam. Menariknya, Samsung juga mempertahankan sistem bezel yang biasa ada di jam tangan analog untuk mengakses beberapa fungsi. Hanya saja di Galaxy Watxh Active II ini, bezel hadir inovatif (Touch Bezel) sehingga pengguna cukup mengusap pinggiran layar secara memutar untuk mengakses beberapa fungsi atau aplikasi.

Samsung
Akses Touch Bezel

Di antara dua tombol terdapat lubang mikrofon yang tentunya berfungsi untuk menjawab panggilan telpon tanpa harus memegang smartphone. Di sisi lainnya juga terdapat lubang speaker yang dapat mengeluarkan suara cukup keras, untuk ukuran sebuah smartwatch.

Samsung
Dua tombol fungsi dengan lubang mikrofon

Sementara untuk bagian belakang terdapat sensor untuk deteksi detak jantung. Cukup dengan mengakses aplikasi pendeteksi detak jantung di jam tangan, proses deteksi akan berlangsung. History detak jantung juga bisa disimpan.

Baterai Samsung Galaxy Watch Active II ini sebesar 247mAh. Dari pengalaman Mobitekno dalam menggunakan smartwatch ini, kapasitas sebesar itu cukup untuk operasional selama tiga hari, dengan akses aplikasi secara wajar.

Samsung
Sensor detak jantung

Fitur

Bukan smartwatch jika di dalamnya tidak memiliki banyak fitur. Dari sisi penunjuk waktu saja, Galaxy Watch Active II sudah menyuguhkan watch face yang begitu banyak. Tidak usah yang berbayar, yang gratis pun banyak yang memiliki desain jam sangat menarik. Anda bisa menganti watch face ini kapan saja Anda mau.

Jika Anda telah memasukkan banyak watch face ke dalam smartwatch ini, selanutnya untuk berganti-ganti watch face Anda cukup menekan lama bagian tengah layar sampai ukuran watch face mengecil. Geser ke kiri untuk memilih watch face yang akan dipasangkan ke smartwatch.

Namun, agar fungsi jam lebih maksimal, Galaxy Wacth Active II harus dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi Galaxy Wearable. Dari aplikasi ini, berbagai setting dan fitur bisa Anda kontrol dari smartphone.

Selain watch face, Samsung juga sudah menyediakan banyak aplikasi menarik yang khusus didesain untuk Galaxy Watch Active II ini. Aplikasi-aplikasi ini harus diinstall melalui perantara smartphone.

Untuk mengetahui apa fitur apa saja yang ada di dalam smartwatch, Anda cukup menggeser layar ke kiri. Ada banyak fitur di sana seperti untuk mengetahui kondisi cuaca di sekitar, deteksi detak jantung, fitur olahraga, menu settings, hingga notifikasi untuk berbagai pesan yang masuk.

Samsung
Beberapa fitur yang ada di Samsung Galaxy Watch Active II

Dari berbagai aplikasi yang di-install, Anda juga bisa membuat widgetnya sehingga akan lebih mudah diakses dari layar. Ada beberapa aplikasi menarik yang bisa menemani aktivitas Anda, seperti Spotify, Watch Translator, hingga Remote Camera. Bahkan, beberapa aplikasi seperti soptify bisa berfungsi standalone, bukan lagi sebagai remote dari smartphone. Asalkan, smartwatch terhubung dengan koneksi Internet.

Aplikasi menarik lainnya adalah Watch Translator. Aplikasi ini memanfaatkan fungsi mikrofon dan speaker yang ada di smartwatch. Pasang dan tentukan bahasa input serta bahasa output. Misalnya, untuk menerjemahkan dari Inggris ke Indonesia, Anda cukup dekatkan smartwatch ini ke sumber suara, secara otomatis sistem akan menerjemahkan sesuai dengan setting yang telah ditentukan. Bahkan, hasilnya akan dibacakan untuk Anda.

Samsung
Watch Translator untuk menerjemahkan ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain

Sementara aplikasi Remote Camera bisa membuat Galaxy Watch Active II menjadi tombol shutter untuk kamera smartphone. Tentunya, cara ini akan semakin memudahkan Anda saat melakukan foto sendiri atau beramai-ramai, karena tidak perlu meminta bantuan orang lain lagi untuk melakukan proses foto.

Ada banyak aplikasi menarik lainnya yang bisa dipasangkan ke dalam Galaxy Watch Active II ini. Anda bahkan bisa membaca isi sebuah web atau menonton video dari YouTube melalui layar kecil di perhelangan tangan. Cukup menarik, walaupun tampilan video atau menjadi kecil. Untuk fungsi pencarian, Anda bisa mengetikkan teks melalui keyboard Samsung maupun menuliskannya satu persatu di layar.

Samsung
Membaca informasi dari web dan melihat YouTube

Bagaimana dengan koneksi internet? Samsung Galaxy Watch Active II menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi. Pengaturan kedua koneksi ini dapat ditemukan dalam menu Settings dan tidak sulit untuk melakukan pengaturan di dalamnya.

Samsung
Koneksi Wi-Fi dan Bluetooth

Spesifikasi

Tidak ada performa yang baik jika tidak ditunjang oleh spesifikasi yang baik pula. Oleh sebab itu, Samsung Galaxy Watch Active II ini bisa bekerja bagus lantaran Samsung menyematkan spesifikasi yang cukup tinggi untuk ukuran sebuah jam tangan pintar. Berikut ini spesifikasi Samsung Galaxy Watch Active II dalam sebuah tabel.

 

JENIS Jam Tangan Pintar Samsung Galaxy Watch Active II
Prosesor Exynos 9110 Dual Core
Memori 768MB RAM dan 4GB ROM
Sistem Operasi Tizen 4.0
Koneksi Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, NFC, GPS
Layar Super AMOLED 1,2 inci resolusi 360x360px,
Baterai 247mAh
Harga Rp 4.199.000

Kesimpulan

Samsung Galaxy Watch Active II bisa terlihat seperti jam tangan biasa atau jam tangan digital yang futuristik. Semuanya bergantung pada pemilihan watch face. Ada banyak watch face yang bisa dipilih untuk disesuaikan dengan karakter Anda.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat jam tangan ini nyaman dipakai untuk aktivitas harian. Apalagi jika Anda meng-install beberapa aplikasi yang berguna bagi Anda. Tentunya Galaxy Watch Active II bisa menjadi teman yang menyenangkan. Mulai dari penunjuk waktu, suguhan hiburan, akses ke smartphone, hingga mendengarkan musik, bisa dilakukan dengan sangat nyaman dimanapun Anda berada. Koneksi pun bisa dipilih, melalui Bluetooth dari smartphone atau standalone dengan setting Wi-Fi di dalam jam tangan.

Samsung

Buat pengguna di perkotaan dengan tingkat stres cukup tinggi, Samsung Galaxy Watch Active II ini juga dapat mengatur tingkat stress dengan memberikan tips pernapasan bagi penggunanya. Jadi, Smartwatch dari Samsung ini cukup banyak membantu aktivitas penggunanya.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS