July 13, 2019

Gandeng Melon, Agate Luncurkan Oolean untuk Memajukan Industri Gim Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Gandeng Melon, Agate Luncurkan Oolean untuk Memajukan Industri Gim Indonesia  

Mobitekno – Pasar Industri Gim Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat bagus. Menurut laporan GMGC Sea Mobile Report 2017, terjadi kenaikan besaran pasar yang signifikan pada sektor gim di Indonesia. Setidaknya dari tahun 2013 hingga 2017, terdapat kenaikan sebesar 37.3% per-tahunnya.

Bahkan menurut Newzoo, besarnya pasar Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai 879.7 juta dolar AS dan diprediksi akan mencapai 1 miliar dolar AS pada tahun 2019. Meski pasar industri gim Indonesia pertumbuhan pasar yang sangat besar, namun data Asosiasi Game Indonesia (AGI), menunjukan bahwa hanya 8% pendapatan industri gim yang masuk ke perusahaan Indonesia, dan hanya sekitar 0.4% yang merupakan produk dalam negeri.

Berdasarkan data tersebut, Melon dan Agate melihat peluang untuk mengembangkan industri gim di Indonesia melalui kerja sama strategis untuk melahirkan merek Oolean. Oolean adalah sebuah inisiatif yang dirintis oleh Melon dan Agate untuk membangun ekosistem gim lokal Indonesia; kata Oolean sendiri diambil dari kata ulin yang dalam bahasa Sunda berarti “main”.

“Kami dari Melon melihat fenomena kekalahan perusahaan lokal dalam persaingan pasar, sementara potensi pasarnya sangat tinggi. Didasari oleh hal tersebut, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang hiburan digital merasa perlu untuk membantu agar perusahaan gim lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri dalam waktu 5 tahun ke depan, dibantu perusahaan game lokal seperti Agate,” ucap Dedi Suherman, President Director & CEO PT Melon Indonesia, saat peluncuran Oolean di Jakarta, Rabu (10/7).

Kerja sama antara Melon dan Agate  menurut Dedi, melingkupi pengembangan platform gim untuk user, pembuatan properti intelektual orisinil yang fokus memproduksi gim lokal, bekerja sama dengan pengembang gim lokal lainnya untuk membuat gim yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan gim dari perusahaan lokal maupun internasional yang dirancang dan dibangun oleh Melon.

DSC 0701

Tidak berhenti sampai disini, kerjasama antara Melon dan Agate juga akan mengembangkan ekosistem pengembangan gim lokal lewat inkubator, institusi pendidikan dan komunitas pengembangan gim. Bernaung di bawah brand Indigo, kerjasama ini akan meluncurkan Indigo Game Startup Incubation.

Bertepatan dengan event Game Prime, Indigo Game Startup Incubation akan membuka pendaftaran di event tersebut yaitu pada tanggal 13-14 Juli 2019.  Adapun pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui http://bit.ly/indigo-game-incubation.

Sementara itu Arief Widhiyasa, CEO Agate, mengungkapkan bahwa  potensi pendapatan gim di Indonesia sangat besar, tetapi hanya 8% yang masuk ke perusahaan Indonesia, yaitu 0.4% untuk gim karya developer Indonesia, sementara sisanya, 7.6%, ke publisher Indonesia yang mempublikasikan gim karya developer asing.

“Untuk itu, Oolean dibentuk dengan tujuan membangun ekosistem gim yang memadai di Indonesia, antara lain mengembangkan market share dan pertumbuhan developer gim lokal Indonesia,”  ujar Arief pada kesempatan yang sama. .

“Kontribusi Agate dalam kerja sama strategis ini adalah mengembangkan gim, publishing gim, pengembangan teknologi, serta membantu pembentukan dan berjalannya inkubator yang dibutuhkan untuk mengembangkan market share perusahaan game lokal. Hingga saat ini, kami telah meluncurkan tiga gim casual yaitu Onet Asli, Botol Ngegas, dan Teka Teki Santai,” tambah Arief.

Tags: , , , , ,


COMMENTS