August 12, 2019

Bekerja Sama dengan Xiaomi, Samsung Umumkan Sensor Kamera Seluler 108MP Pertama di Dunia

Penulis: Rizki Romdoni
Bekerja Sama dengan Xiaomi, Samsung Umumkan Sensor Kamera Seluler 108MP Pertama di Dunia  

Mobitekno – Samsung belum lama ini telah mengumumkan sensor kamera ponsel pertama di dunia yang melampaui 100MP. Adalah Samsung ISOCELL Bright HMX yang memiliki sensor hingga 108MP untuk ponsel pintar sebagai hasil kolaborasi erat dengan Xiaomi. Kemitraan ini tidak sepenuhnya mengejutkan, mengingat kedua perusahaan itu hadir bersama pada smartphone 64MP Xiaomi yang menggabungkan sensor 64OC ISOCELL GW1 Samsung di dalamnya.

Samsung ISOCELL Bright HMX masih akan menjadi sensor gambar 0,8um sebagai penawaran 64MP, tetapi meningkatkan ukuran sensor menjadi 1 / 1,33 st, yang pertama untuk kamera ponsel pintar. Ini membantunya menghasilkan foto resolusi 12.032 x 9.024-piksel besar, sebanding dengan DSLR kelas atas.

Ukuran sensor yang besar membantu HMX untuk menyerap lebih banyak cahaya dalam kondisi cahaya rendah. Lebih jauh, Smart-ISO membantu sensor secara cerdas memilih ISO yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Sensor HMX menggunakan teknologi Tetracell dan ISOCELL Plus Samsung, sehingga akan dapat menghasilkan gambar 27MP piksel besar yang cerah. Sensor ini juga mendukung perekaman video 6K (6016 x 3384 piksel) pada 30 fps.

Yongin Park, wakil presiden eksekutif bisnis sensor di Samsung Electronics, mengatakan, “Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi piksel dan logika untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL kami untuk menangkap dunia sedekat apa yang dilihat mata kita,”

“Melalui kerja sama erat dengan Xiaomi, ISOCELL Bright HMX adalah sensor gambar seluler pertama yang mengemas lebih dari 100 juta piksel, dan memberikan reproduksi warna yang tak tertandingi dan detail yang memukau dengan teknologi Tetracell Plus dan ISOCELL Plus yang canggih.” lanjut Park dikutip Mobitekno dari Gizmochina

Kini, usai dikonfirmasi bahwa Xiaomi akan menjadi yang pertama menggunakan sensor ini, kemungkinan besar Xiaomi Mi Mix 4 yang akan menjadi smartphone pertama yang menampilkan sensor kamera 108MP. Produksi massal akan dimulai akhir bulan ini, yang artinya tidak akan lama sampai kita melihat sensor Samsung ISOCELL Bright HMX di dalam smartphone.

Tags: , , , ,


COMMENTS