September 10, 2019

Review Samsung Galaxy Tab A With S Pen: Berkat S Pen, Bisa Jadi Teman Bekerja yang FLeksibel

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Tab A With S Pen: Berkat S Pen, Bisa Jadi Teman Bekerja yang FLeksibel  

Mobitekno – Belakangan ini, pasar tablet memang tidak secemerlang smartphone. Bentuk yang besar, tidak ergonomis, serta semakin fleksibelnya smartphone membuat peminat tablet semakin menurun. Apalagi ditambah dengan varian notebook yang juga bisa berlaku seperti tablet, membuat tablet terdesak dari segala penjuru. Namun, bagi Samsung, tablet masih menjadi produk yang dipertahankan. Akan tetapi, tablet yang ada harus memiliki keunikan agar bisa menarik banyak konsumen mobile.

Samsung Galaxy Tab A with S Pen (2019) misalnya. Tablet ini muncul di kuartal kedua tahun 2019. Produk dari Samsung ini menawarkan berbagai hal menarik dan fungsionalitas yang bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi. Tambahan S Pen membuat Samsung Galaxy Tab A bisa menjadi teman yang mengasyikkan untuk diajak bekerja, dimanapun penggunanya berada.

Berbeda dengan tablet-tablet sebelumnya, Samsung Galaxy Tab A with S Pen (2019) ini memiliki kinerja yang cukup tangguh. S Pen yang ada membuat fungsi tablet begitu fleksibel. Fitur-fitur terkini pun dibekali di dalamnya untuk membaantu pengguna untuk berkreasi dan bekerja dengan tablet ini. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca pada ulasan berikut ini.

Kelengkapan:

Hadir dalam kemasan yang cukup kompak untuk sebuah produk tablet, Samsung Galaxy Tab A with S Pen (2019) langsung dibuka di meja redaksi. Setelah segel dan stiker pengaman dibuka, tampak bagian atas adalah unit tablet yang dibungkus dengan kain tipis yang lembut. Di bawahnya terdapat beberapa kelengkapan lainnya.

Untuk lebih detail, berikut item-item yang didapatkan dari paket penjualannya:

  1. Unit Samsung Galaxy Tab A with S Pen (2019) dengan ukuran layar 8 inci
  2. Buku garansi dan petunjuk singkat
  3. Stiker IMEI
  4. SIM Card ejector
  5. Earphone berwarna putih
  6. Kabel data dan charger dengan port USB Type C
  7. Penjepit untuk melepas ujung S Pen (S Pen Tip)
  8. Lima buah S pen Tip cadangan.

KELENGKAPAN

Desain

Untuk desain, kita mulai dari bagian layar terlebih dahulu. Bagian layer berukuran 8 inci ini memiliki jenis layar IPS dengan teknologi LCD TFT beresolusi 1920 x 1200 pixel (WUXGA). Jenis layar ini sudah cukup cerah menampilkan berbagai konten di dalamnya. Ukuran 8 inci ini menurut Mobitekno cukup lega untuk menikmati berbagai tayangan multimedia seperti video atau film. Di tepi layar masih ada frame dengan ukuran sekitar 6mm di bagian kanan dan kiri, serta sekitar 13mm di bagian atas dan bawah. Kamera depan berada persis di sisi lubang speaker di bagian atas layar.

Samsung S Tab desain

Beralih ke bagian belakang. Di sisi ini terlihat jelas kamera belakang yang ada di ujung kiri atas. Tidak seperti smartphone, tidak ada LED Flash menemani kamera belakang karena fungsi tablet bukan mementingkan unsur kamera. Agak ke bawah ada tulisan Samsung persis di tengah-tengah. Bagian belakang ini walaupun terbuat dari bahan plastik, tetapi tidak licin, sehingga nyaman untuk dipegang.

Sisi kiri dan kanan, sama halnya dengan smartphone. Tombol power dan volume ada di sisi kanan. Sementara slot SIM Card ada di sisi satunya lagi dan hanya mendukung single SIM.

Bagian bawah terdapat port USB Type C yang ditemani dengan lubang speaker bawah. Sementara di bagian atas terdapat port audio untuk ukuran 3,5mm untuk kebutuhan mendengarkan musik atau konten multimedia lainnya.

S Pen-nya sendiri bisa diaktifkan dengan cara mengambilnya dari slot yang ada di bagian kanan bawah. Tekan tombol S Pen maka stylus tersebut akan keluar dari tempat persembunyiannya.

Fitur dan Performa

Untuk fitur, karena produk ini berupa tablet, fitur yang ada lebih mengutamakan untuk dukungan S Pen. S Pen pada Samsung Galaxy Tab A ini memang hadir dengan lebih responsif dari pendahulunya. Saat didekatkan ke layar, Air Command langsung aktif. Klik saja iconnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak opsi.

Opsi-opsi tersebut seperti “Create Note”, “View All Notes”, “Smart Select”, “Screen Write”, “ Live Messsage”, dan “Add Shortcut”.

Banyak yang menarik dari S Pen ini. Salah satunya fungsi menulis di layar yang bisa membantu banyak pengguna saat diburu waktu untuk menuliskan sebuah catatan. Mereka tidak perlu membuka aplikasi note. Cukup lepas S Pen dari slotnya, dekatkan ke Air Command lalu pilih Screen Write. Kerja S Pen ini sangat responsif. Anda tidak akan merasakan perbedaan lagi ketika menggunakan S Pen dengan menggunakan sebuah pena sungguhan. Apa yang Anda coret atau tulis, hasilnnya langsung tampak di layar, tanpa ada lag.

Tidak hanya itu saja kemampuan S Pen, jika Anda ingin bersenang-senang dengan S Pen, silakan download berbagai aplikasi yang dapat mendukun S Pen, seperti Small Sketch yang bisa digunakan untuk membuat sketsa. Bahkan, game pun juga ada yang mendukung S Pen untuk mejalankan permaianan di dalamnya.

Fungsi Smart Select jugaa menarik digunakan karena bisa mengedit gambar dengan cepat. Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk mengolah hasil screen capture sehingga hasil akhirnya sesuai dengan kemauan Anda. Di Smart Select, Anda juga bisa menggunakan S Pen untuk menghasilkan video lucu berformat GIF yang bisa Anda share ke media sosial atau instant messaging.

Bagaimana dengan fitur kamera? Walaupun tidak berfokus di kamera, tetapi Samsung tetap memberikan yang terbaik untuk segmen pengguna Galaxy Tab A ini. Kamera belakang dengan kemampuan 8MP Auto Fokus bisa digunakan untuk menangkap gambar-gambar menarik di sekitar. Walaupun tidak memiliki LED Flash, tetapi fungsi kamera ini sudah didukung Scene Optimizer. Untuk kamera depan, berkemampuan 5MP dan bisa digunakan untuk kebutuhan selfie.

Di kamera belakang sendiri, Samsung memberikan empat mode, yaitu Pro, Live Focus, Photo, dan Video. Sementara di kamera depan hanya ada tiga mode, yaitu Live Focus, Photo, dan Video. Hasil terbaik memang masih bergantung kepada cahaya sekitar. Apalagi di bagian kamera belakang tidak dilengkapi dengan LED Flash. Justru bantuan flash ada di kamera depan.

Fitur lainnya yang menarik digunakan adalah Kids Home. Fitur ini akan berguna jika table digunakan juga oleh anak-anak. Tampilan tablet termasuk aplikasinya akan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

Sistem operasi tablet ini sudah menggunakan One UI dengan dukungan Android 9.0 Pie. Dengan demikian, akan ada banyak dukungan aplikasi yang bisa dimasukkan ke dalam Galaxy Tab A with S Pen ini.

Performa

Bagaimana dengan kinerjanya? Dari spesifikasinya, produk ini dibekali dengan chipset Exynos 7904 14nm dengan GPU Mali-G71 MP2. Memorinya sendiri terdiri dari 3GB RAM dan 32GB ROM. Untuk sebuah tablet, komposisi memori ini sudah cukup. Namun, jika storage yang ada masih terasa kurang, masih ada Micro SD yang mampu mendukung hingga 512GB.

Berikut ini hasil benchmark dengan tiga aplikasi, Antutu, GeekBench 4.0, dan PCMark 10

Baterai juga cukup besar, yaitu 4.200 mAh. Namun, berbeda dengan smartphone yang berukuran lebih kecil,  kapasitas 4.200 mAh ini tidak bisa untuk seharian penuh. Tampilan layar yang jernih cukup menyedot daya yang ada di tablet ini.

Berikut contoh foto hasil kamera Samsung Galaxy Tab A with S Pen:

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab A with S Pen (2019)

 

CPU Exynos 7904 (14nm)
GPU Mali – G71 MP2
Memori 3GB RAM 32GB ROM MicroSD up to 512GB
Kamera Belakang 8MP Auto Focus/ Wide / tidak ada LED Flash, video 1080p
Kamera Depan 5MP Selfie, video 1080p
Jaringan 4G LTE / HSPA / GSM
Sensor Accelerometer dan Proximity
Komunikasi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0 A2DP, GPS GLONASS
Dimensi 201.5 x 122.4 x 8.9 mm (7.93 x 4.82 x 0.35 in)
Berat 325 gram
OS One UI dengan Android 9.0 Pie
Baterai 4.200mAh

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, tablet masih diperlukan untuk menunjang produktivitas mereka. Samsung Galaxy Tab A with S Pen yang berukuran 8 inci ini bisa menjadi pilihan untuk mendukung aktivitas harian. Ukurannya yang tidak terlalu besar ditambah bobotnya tidak membuat tangan pegal menjai salah satu latar belakang mengapa produk ini layak dipilih. Selain itu, harga produk (Rp 3,9 jutaan) serta kemampuan S Pen yang cukup fleksibel juga menjadi pertimbangaan lainnya.

Kelebihan lainnya adalah dukungan SIM card 4G yang bisa menjadi jembatan untuk mengakses internet. Komunikasi pun bisa lebih lancar dengan adanya SIM Card ini karena perangkat bisa digunakan juga untuk melakukan panggilan telpon.

Tidak hanya untuk orang dewasa, tablet ini juga bisa menjadi pilihan yang pas bagi anak-anak. Dengan fitur Kids Home dan juga adanya Blue Light Filter, tablet akan nyaman digunakan oleh anak-anak tanpa khawatir digunakan di luar semestinya.

Tags: , , , ,


COMMENTS