December 9, 2019

OPPO Punya Reno 2 dan Reno 2 F, Apa Saja Perbedaannya?

Penulis: Desmal Andi
OPPO Punya Reno 2 dan Reno 2 F, Apa Saja Perbedaannya?  

Mobitekno – Saat ini siapa yang tidak kenal OPPO? Brand ini sudah menjadi salah satu produsen smartphone yang memiliki jajaran produk di semua segmen, termasuk premium di Indonesia. Brand smartphone yang bernama OPPO Electronic Corp, Ltd ini berdiri pada tahun 2004 sebagai produsen elektronik yang beralamat di Dongguan, Guangdong, Negara Tiongkok.

Sebelum merambah ke ranah smartphone, OPPO terlebih dahulu memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, LCD TV, Portable Media Player, DVD, E- Book, dan Disc Player. Barulah di tahun 2008 OPPO mulai menggarap pasar smartphone.

Dan saat ini, OPPO sudah dikenal sebagai brand smartphone premium yang punya harga cukup bersahabat di Indonesia. Di tanggal 8 Oktober 2019 kemarin, OPPO juga merilis produk terbarunya di Indonesia telah merilis seri terbaru produknya yakni Reno 2 series. Adapun, Reno 2 series terdiri dari OPPO Reno 2 dan Reno 2 F.

Lantas, seperti apa spesifikasi lengkap dari Reno 2 series yang mengandalkan OPPO Reno 2 dan Reno 2 F? Berikut ini beberapa perbedaan dari kedua smartphone yang tergabung dalam OPPO Reno 2 series tersebut!

1. Kamera

Walaupun sama-sama mengusung konsep Quad Camera, tetapi kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini tampil dengan resolusi serta lensa kamera yang berbeda.

Smartphone OPPO Reno 2 hadir dengan konfigurasi Rear Quad Camera yang mempunyai sensor Sony IMX586 kamera utama 48 MP serta lensa Tele 13MP (f/2.4) dengan kemampuan Zoom mencapai 20 kali. Selain itu, terdapat juga lensa Wide Angle 116 derajat berukuran 8 MP dan lensa monochrome 2 MP.

Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2F tidak didukung dengan lensa Tele 13MP. Smartphone OPPO Reno 2 F justru disematkan lensa potrait beresolusi 2 MP. Sensor lainnya yakni, kamera utama 48MP, Sensor Wide Angle 8 MP, dan lensa monochrome 2 MP.

Beralih ke kamera Selfie-nya, smartphone OPPO Reno 2 masih menerapkan model pivot rising camera yang berukuran 16 MP. Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F mempunyai model kamera yang berbeda yakni pop up rising kamera yang berukuran sama dengan smartphone OPPO Reno 2 yaitu resolusi 16 MP.

Meski begitu, kamera utama pada smartphone OPPO Reno 2 ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan mode malam mampu menghasilkan gambar yang rapi. Sedangkan pada kamera depan, smartphone OPPO Reno 2 ini dibekali dengan kamera depan 16 MP dengan sistem pop-up. Untuk hasil foto, kamera depannya tergolong bagus karena mampu menghadirkan gambar yang baik dengan kondisi cahaya cukup.

Selain kualitas foto, hasil rekaman video smartphone OPPO Reno 2 ini juga tergolong bagus. Hasil rekaman video dari kamera belakang smartphone OPPO Reno 2 ini memiliki detail yang baik dan sedikit noise. Terutama untuk resolusi 4K. Hal ini jelas menegaskan kalau hasil rekaman video dari smartphone OPPO Reno 2 ini tergolong sangat memuaskan.

Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F mampu menghadirkan kamera dengan kontras dan dynamic range yang bagus. Hanya saja, warna yang dihasilkan oleh smartphone OPPO Reno 2 F terasa lebih jenuh dibandingkan objek nyatanya.

Kamera smartphone OPPO Reno 2 F ini juga kurang bisa berbicara banyak ketika diajak foto di kondisi cahaya gelap.Tercatat hasil bidikan kamera smartphone OPPO Reno 2 F ini di kondisi gelap menghasilkan foto dengan banyak noise. Hal ini jelas jadi kekurangan tersendiri.

Bukan hanya kamera belakangnya yang terasa kurang oke, kamera depan smartphone OPPO Reno 2 F ini juga terasa kurang maksimal. Memang, smartphone OPPO Reno 2 F ini menawarkan kamera depan beresolusi 16 MP dengan mekanisme pop-up tetapi tipe kamera seperti sudah tidak terlalu spesial di masa sekarang.

Untungnya, ada fitur yang bisa dianggap sebagai kelebihan dari kamera smartphone OPPO Reno 2 F ini. Fitur tersebut adalah perekaman video dengan kondisi stabil. Kamera smartphone OPPO Reno 2 F ini ternyata bisa merekam video Full HD 30 fps dengan kestabilan yang tergolong baik.

2. Kualitas Layar

Perbedaan selanjutnya dari kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series adalah kualitas layarnya. Smartphone OPPO Reno 2 hadir dengan layar Full AMOLED berukuran 6,5 inchi dengan aspek rasio sebesar 20:9. Sedangkan smartphone OPPO Reno 2 F memiliki aspek rasio layar lebih kecil yaitu 19:5:9 walaupun sama-sama didukung dengan layar Full AMOLED berukuran 6,5 inci.

Untuk kerapatan layar, Smartphone OPPO Reno 2 ada di 401 ppi. Seedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F hanya punya kerapatan layar 394 ppi.

Selain itu, perbedaan lain yang terdapat pada layar yakni bagian perlindungan layarnya, Smartphone OPPO Reno 2 diketahui memiliki 2 perlindungan layar yang berbeda. Bagian depan smartphone OPPO Reno 2 menggunakan Corning Gorilla Glass 6, sedangkan bagian belakangnya memakai Corning Gorilla Glass 5.

Hal berbeda diterapkan pada smartphone OPPO Reno 2 F yang hanya menggunakan 1 perlindungan yang sama pada bagian belakang dan depan layarnya, yakni Corning Gorilla Glass 5. Hal lain yang cukup berbeda dari dari kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini adalah penggunaan frame. Smartphone OPPO Reno 2 diketahui menggunakan frame berbahan aluminium sehingga sangat terasa seperti smartphone kelas flagship ketika digenggam.

Berdasarkan pengujian dari Tech Radar, Smartphone OPPO Reno 2 terbilang mempunyai layar yang cantik dan memesona. Kecerahan layar smartphone OPPO Reno 2 ini tergolong tinggi serta warna yang dimiliki tergolong kuat. Layarnya tergolong menyenangkan dengan tampilan kualitas tinggi. Hal-hal ini jelas menegaskan kalau layar smartphone OPPO Reno ini tergolong sangat bagus untuk kelas flagship.

Sementara itu, layar pada smartphone OPPO Reno 2 F mampu menawarkan warna yang akurat. Layar smartphone OPPO Reno 2 F ini juga dapat terlihat jelas ketika berada di bawah sinar matahari langsung.

3. Dapur Pacu

Kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series diketahui hadir dengan chipset yang berbeda. Khusus smartphone OPPO Reno 2 ini ditenagai oleh chiset Qualcomm 730G yang meningkat dari Reno sebelumnya yang hanya 710. Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F didukung dengan MediaTek P70 sebagai chipset-nya.

Selain itu, kapasitas penyimpanannya juga berbeda, smartphone OPPO Reno 2 memiliki konfigurasi RAM 8 GB dengan memori internal sebesar 256GB. Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F mempunyai kapasitas memori internal lebih kecil yakni sebesar 128 GB, walaupun memiliki RAM yang sama besar, yakni 8 GB. Meski begitu, Kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini telah dilengkapi slot microSD sehingga kapasitas penyimpanan smartphone dapat ditambah mencapai 256 GB.

4. Varian Warna

Kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series diketahui juga sama-sama memiliki 2 varian warna. Walau begitu, Kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series memiliki pilihan warna yang berbeda. Khusus smartphone OPPO Reno 2 hadir dengan varian warna Sunset Pink dan Luminous Black. Sedangkan, smartphone OPPO Reno 2 F memiliki pilihan warna Sky White dan Lake Green.

5. Aplikasi Ekslusif

Menyesuaikan dengan tagline-nya yang eksklusif, aplikasi editing video bernama ‘So Loop’ bawaan Oppo ini hanya tersedia dalam smartphone OPPO Reno 2. Perlu diketahui, smartphone OPPO Reno 2 memang ditujukan bagi para content creator yang ingin mengedit secara langsung video yang telah dibuatnya. Sementara itu, smartphone OPPO Reno 2 F diketahui belum mendapatkan aplikasi ekslusif ini.

6. Fitur NFC

Perbedaan selanjutnya dari kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini yakni tersedianya fitur NFC. Smartphone OPPO Reno 2 F diketahui tidak dibekali fitur NFC. Hal yang tentu disayangkan. Padahal smartphone OPPO Reno 2 sudah memiliki fitur NFC. Ketidakhadiran NFC jelas menjadi pembeda antara kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini.

7. Harga

Terakhir, dari segi harga, kedua smartphone dari OPPO Reno 2 Series ini ditawarkan dengan harga berbeda. Smartphone OPPO Reno 2 tercatat dibanderol seharga Rp7.999.999, sedangkan Smartphone OPPO Reno 2 dibanderol seharga Rp5.399.000. Well, apakah kamu sudah memutuskan akan memboyong smartphone OPPO Reno 2 atau Oppo Reno 2F?

Tags: , , , ,


COMMENTS