October 9, 2019

Menilik Kolaborasi Bekraf-LOKET Genjot Industri Kreatif

Penulis: Rizki R
Menilik Kolaborasi Bekraf-LOKET Genjot Industri Kreatif  

Mobitekno –  Industri kreatif di bawah komando Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus menunjukkan pertumbuhan yang semakin positif. Ekonomi kreatif di Indonesia turut diharapkan akan menjadi salah satu kekuatan baru ekonomi nasional dan industri kreatif dunia. Berdasarkan data Bekraf nilai Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2016 mencapai Rp922.59 triliun. Sementara menyentuh angka Rp1.000 triliun pada tahun 2017 dan kembali meningkat menjadi Rp1.105 triliun di tahun 2018.

Melihat hal tersebut, LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi manajemen event dan hiburan di Indonesia terus memperkuat komitmennya untuk berkontribusi dalam pengembangan industri kreatif tanah air melalui dukungan teknologi di penyelenggaraan event berbagai skala.

VP Marketing LOKET Ario Adimas mengungkapkan, “Sebagai pionir dalam industri manajemen teknologi event dengan fokus pada hiburan, yang merupakan bagian dari industri kreatif, kami melihat potensi sektor ini masih sangat besar. Apalagi jika melihat hasil karya para pelaku kreatif yang semakin progresif, tak heran kini semakin banyak diakui dan berkembang sedemikian pesat. Kami bangga dapat berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Bekraf untuk bersama-sama mengembangkan industri kreatif tanah air.”

Melalui kolaborasi ini, seluruh penyelenggaraan event-event Bekraf di seluruh Indonesia, akan mendapat dukungan LOKET, berupa penerapan Ticketing Management System (TMS). Kolaborasi ini memberikan kemudahan bagi para penikmat seni, pelaku kreatif, maupun masyarakat umum, untuk mengakses tiket event-event Bekraf secara online, baik melalui platform unggulan LOKET yakni Loket.com dan GoTix yang tersedia di aplikasi Gojek, serta laman go-tix.id.

Kerjasama LOKET dengan Bekraf 1

“Untuk memberikan pengalaman terbaik, baik kepada Event Creator (penyelenggara acara) maupun konsumen atau pengunjung, LOKET juga akan menyediakan landing page khusus yang merangkum semua event Bekraf. Ini mempermudah calon pengunjung dan juga pelaku kreatif berpartisipasi dalam event-event Bekraf mendatang,” kata Dimas.

Di satu sisi calon pengunjung semakin mudah untuk menemukan serta memilih event yang ingin dikunjungi. Di sisi lain, para pelaku kreatif dapat mengetahui secara langsung berbagai event yang dapat mereka ikuti. .

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan apresiasi atas terjalinnya kolaborasi antara Bekraf dengan LOKET. “Kami tentunya menyambut positif dukungan yang diberikan oleh LOKET dalam kolaborasi ini. Melalui kolaborasi ini, kami harapkan mulai dari penikmat seni hingga masyarakat luas menjadi semakin dekat dengan karya-karya terbaik yang dihasilkan oleh tangan-tangan andal para pelaku kreatif tanah air,”

Selain itu, tambah Triawan, kolaborasi ini membuka kesempatan baru bagi para pelaku kreatif untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi event yang dilakukan secara online, sehingga ke depan Bekraf turut mendorong teknologi ini untuk dapat digunakan bagi ekosistem ekonomi kreatif Indonesia.

Kolaborasi strategis antara Bekraf dengan LOKET tidak hanya untuk mendukung upaya para pelaku kreatif untuk memberikan akses kepada masyarakat secara lebih luas, tetapi juga membekali mereka dengan analisis mumpuni mengenai segala hal terkait dengan penyelenggaraan event-event.

Analisis tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh yang membantu perencanaan sebuah event, misalnya melingkupi kesuksesan kegiatan, evaluasi, dominasi asal pengunjung, serta preferensi pengunjung terhadap jenis acara, termasuk waktu terbaik untuk menginformasikan masyarakat mengenai sebuah event, dan lain sebagainya.

Sebagai langkah awal, LOKET memberikan dukungannya dalam kemeriahan ajang perhelatan industri kreatif terbesar, Bekraf Festival 2019 yang berlangsung di Solo pada tanggal 4-6 Oktober 2019. LOKET memberikan dukungan sebagai official partner management ticketing untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung untuk mengakses tiket secara online.

Selain itu, LOKET juga membantu proses scanning pengunjung yang akan memasuki area acara serta manpower di lapangan untuk membantu mengatur jalannya kegiatan. Selain antrian menjadi lebih tertib, metode scanning ini juga lebih efisien karena pengunjung hanya perlu menunjukkan barcode di layar ponsel tanpa perlu mencetak tiket dalam bentuk kertas print.

Tags: , , ,


COMMENTS