November 8, 2019

Dihadiri Ribuan Peserta, Canon PhotoMarathon 2019 Yogyakarta Jadi Ajang Silaturahmi Fotografer Berbagai Daerah

Penulis: Desmal Andi
Dihadiri Ribuan Peserta, Canon PhotoMarathon 2019 Yogyakarta Jadi Ajang Silaturahmi Fotografer Berbagai Daerah  

Mobitekno – Kesuksesan Canon PhotoMarathon 2019 di Jakarta pada dua minggu lalu menjalar ke Yogyakarta di minggu berikutnya. Event tahunan dari Canon ini berhasil menarik ribuan peserta dari berbagai kategori. Tidak hanya dari Yogyakarta, para peserta bahkan datang dari daerah lainnya, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatra. Mereka berlomba untuk mengambil foto terbaik sesuai yang diarahkan panitia, untuk memperebutkan hadiah total senilai ratusan juta rupiah dan perjalanan foto klinik ke destinasi menarik di luar negeri.

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Merry Harun selaku Canon  Division Director PT Datascrip, serta didampingi oleh Eiichi Udagawa selaku Vice President Regional Product Group Canon Singapore. Hadir juga Hiramu Akiyama, Marketing Manager Regional CSP Sales and Marketing Division Canon Singapore.

“Fotografi tidak hanya milik orang dewasa. Fotografi untuk semua kalangan, pria dan wanita, tua dan muda, profesional dan mereka yang masih belajar. Kategori pelajar di Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 memberikan kesempatan generasi muda untuk mengasah bakat fotografinya dan memunculkan bibit unggul di dunia fotografi. Tidak hanya hadiah menarik senilai ratusan juta rupiah, peserta juga disuguhi aneka hiburan dan seni, serta sharing ilmu fotografi dari fotografer-fotografer profesional,” ujar Merry Harun dalam sambutan pembukaan.

Canon PhotoMarathon 2019 – Yogyakarta terbagi dalam dua kategori ini, yaitu Kategori Umum dan Kategori Pelajar, berlangsung dalam tiga sesi dengan tiga tema lomba berbeda. Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1, yaitu Segar”. Setelah waktu hunting untuk sesi tema 1 habis, panitia mengumumkan tema 2, yaitu “Garis Unik”, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Kekayaan Indonesia”. Dengan waktu yang terbatas, para peserta ditantang kreativitasnya untuk mengekspresikan masing-masing tema lewat bidikan foto terbaiknya.

Canon
Merry Harun berfoto bersama para pemenang, dewan juri dan pembicara Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Yogyakarta

Peserta langsung memberikan satu karya foto terbaiknya pada masing-masing tema. Semua foto yang masuk dan sesuai dengan ketentuan lomba langsung dinilai oleh dewan juri, yaitu Roni Bachroni, Ir. Nursanto, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, WS. Pramono, Michael Sidharta dan Agus Nonot Supriyanto. Mereka merupakan fotografer profesional dari beragam genre fotografi.

Sambil menunggu hasil penilaian dewan juri, peserta dihibur dengan pertunjukan seni, sesi hunting foto model, berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara. Untuk menambah wawasan fotografi, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta menghadirkan fotografer profesional Azcha Tobing, Adhitya Wibhawa dan Ardianto untuk berbagi pengalamannya di sesi ProTalk.

Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta diraih oleh Dhiki Aditya. Ia berhak membawa pulang kamera mirrorless Canon EOS M5 dan lensa EF-M 18-150mm, serta mengikuti Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang bersama dengan juara umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia – Jakarta, yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS