January 8, 2019

Paket Ayam Masih Mendominasi, Go-Food Merilis Laporan Prediksi Kuliner 2019

Penulis: Rizki Romdoni
Paket Ayam Masih Mendominasi, Go-Food Merilis Laporan Prediksi Kuliner 2019  

Mobitekno – Go-Food sebagai layanan pesan antar makanan dari Go-Jek baru-baru ini merilis jenis kuliner yang paling laris sepanjang tahun 2018, Senin (7/1) kemarin. Hasilnya, paket ayam menjadi kuliner terlaris yang dipesan hampir 10 juta kali dalam sebulan oleh pelanggan Go-Food.

Aristo Kristandyo selaku VP Marketing Go-Food, menyatakan bahwa peningkatan merchant yang menyediakan menu ayam dan inovasi di bidang kuliner membuat menu ayam banyak dipesan masyarakat secara online.

“Paket ayam masih mendominasi pesanan terbesar melalui Go-Food. Untuk posisi kedua, paket nasi dipesan 3,5 juta kali. Lalu surprisingly urutan ketiga dan keempat ditempati oleh kopi dan mie yang dipesan sebanyak 1,5 juta kali dalam sebulan,” ujar Aristo kepada awak media di Jakarta, Senin (7/1).

Untuk menu kuliner lainnya, Aristo melanjutkan, yang juga menempati posisi teratas adalah gorengan yang dipesan 1,2 juta kali, disusul martabak yang dipesan 760 ribu kali dalam sebulan. Menurut Aristo deretan kuliner terlaris yang dipesan lewat Go-Food bisa menjadi gambaran pola makan masyarakat Indonesia.

“Ini bisa menggambarkan pola makan orang Indonesia. Bahwa masyarakat senang berwisata kuliner melalui online,” tambah dia.

Selain kopi, minuman manis kata Aristo juga menjadi menu terlaris di Go-Food. Biasanya kata dia, minuman manis yang banyak disukai yakni yang memiliki keunikan seperti dihiasi topping biskuit atau berbasis cokelat.

Menyinggung soal waktu pemesanan, kata Aristo paling banyak jelang makan malam, lalu nanti naik lagi di jam 9-10 malam.

Selain memaparkan Kilas Balik Kuliner selama tahun 2018, Aristo juga memaparkan bahwa dari semua daerah operasional Go-Food, Sukabumi, Samarinda, Balikpapan, Padang dan Cirebon adalah lima kota dengan pertumbuhan transaksi makanan paling tinggi.

“lni menandakan bahwa antusiasme pelanggan dalam memanfaatkan rekomendasi dan jasa antar makanan Go-Food telah merambah kota-kota di luar Jabodetabek pada umumnya.

Pertumbuhan positif ini diharapkan terus meningkat dan Iebih banyak menjangkau pasar yang lebih luas,” tandasnya.

Prediksi Kuliner 2019

Bukan cuma fashion yang dapat diprediksi, tetapi juga kuliner. Sebagaimana dijelaskan oleh Catherine Hindra Sutjahyo Chief Commercial Expansion Gojek bahwa menu makanan sehat diyakini akan menjadi tren di 2019.

Menurut dia, kecenderungan ini tak lepas dari pengaruh resolusi tahun baru yang biasanya memuat pola hidup sehat di dalamnya.

“Makanan yang lebih sehat diprediksi mulai meningkat, apalagi banyak orang punya new year resolution pengen lebih sehat,” ujar Catherine yang mendampingi Aristo Kristandyo.

Ia menambahkan hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pencarian kata kunci jenis kuliner makanan sehat seperti salad, green tea, burger sushi, dan lain sebagainya di Go-Food. Selain menu makanan sehat, menu kuliner unik dan fusion juga diyakini akan hits di 2019.

“Sedangkan untuk jajanan unik banyak pula bermunculan beberapa kunci populer seperti cheese tea, indonut (jajanan olahan mie berbentuk donat), sushinut (varian sushi dengan rasa unik) dan lain sebagainya. Dari data ini menunjukkan bahwa masyarakat cukup mudah menerima dan mencoba jenis makanan baru,” tambah dia.

Menurut Catherine, prediksi tren ini didapat dari big data yang dilihat lewat jumlah transaksi dan kata kunci dalam kolom pencarian. Tak hanya itu, Go-Food kata dia juga melihat bahwa jumlah merchant untuk menu makanan sehat dan makanan unik sudah meningkat tiga bulan terakhir.

Tags: , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS