May 6, 2019

Permudah Calon Jemaah Umrah, Telkom Group Hadirkan Aplikasi Safar

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Permudah Calon Jemaah Umrah, Telkom Group Hadirkan Aplikasi Safar  

Mobitekno – Jumlah peserta umrah asal Indonesia mengalami peningkatan rata-rata 200.000 dalam tiga tahun terakhir. Semakin beragam pula biro perjalanan umrah yang bersaing memberikan fitur dan benefit terbaik untuk calon jemaah. Kebutuhan akan pemilihan biro travel yang aman, mudah dan lengkap kian dibutuhkan, khususnya di era digital.

Berdasarkan data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tahun 2018, negara di Asia menempati posisi teratas dalam hal jumlah jemaah umrah. Pakistan menempati urutan pertama, disusul oleh Indonesia di urutan kedua. Berdasarkan data dari World Travel and Tourism tentang bisnis wisata Islami, bisnis umrah di Indonesia sampai tahun 2018 bisa meraup keuntungan Rp 3,16 triliun. Angka ini didukung catatan Kementerian Agama Republik Indonesia tentang kenaikan jumlah jemaah umrah yang mencapai 1.100.000 orang di tahun 2018.

Untuk merespons hal tersebut, PT Safar Anugerah Indonesia, perusahaan travel technology bersama PT Metranet, anak perusahaan Telkom Group, menciptakan inovasi layanan yang menghubungkan calon jemaah dengan biro travel umrah melalui aplikasi marketplace perjalanan umrah bernama Safar.

Aplikasi Safar dilengkapi dengan fitur pencarian lengkap serta jaminan keamanan transaksi bagi mitra travel dan calon jemaah. Aplikasi Safar dilengkapi dengan tiga fase pendampingan bagi jemaah, mulai dari persiapan, keberangkatan sampai kedatangan jemaah ke tanah air.

Safar akan menggandeng sejumlah mitra travel umroh. Sampai akhir tahun 2019 Safar menargetkan kerja sama dengan 50 mitra travel penyedia umrah dengan tiga proses pendampingan sampai jamaah kembali ke tanah air.

Setyo Budianto Digital Consumer Director PT Metranet mengungkapkan, PT Metranet memiliki komitmen besar untuk mengembangan industri digital di Indonesia. “Kami melihat Safar memiliki potensi growth yang cukup tinggi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (2/5).

Dalam kemitraan tersebut lanjut Setyo, Metranet berperan sebagai partner untuk pengembangan strategi pemasaran dan sosialisasi produk Safar ke berbagai calon mitra serta calon konsumen.

“Kami optimis melalui platform digital advertising andalan kami, pendistribusian iklan digital Safar dapat menyasar ke target audiens yang tepat sesuai dengan profil Safar,” tambahnya.

Sementera itu, menurut Andang Sentanu CEO Safar, aplikasi untuk perjalanan umrah ini dinilai sebagai bentuk kontribusi perusahaan untuk membantu para calon jemaah Indonesia yang hendak merencanakan perjalanan umrah dengan lebih gampang dan aman.

“Gampang, yakni pengguna dapat mencari paket umrah melalui langkah yang mudah, serta proses pembelian yang ringkas dan cepat. Aman, di mana dana dari jemaah akan tersimpan dengan aman di joint account dan hanya bisa dicairkan ketika mitra travel telah menyelesaikan tanggung jawabnya pada jemaah,” tutur Andang.

Safar berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada calon jemaah dan jemaah umrah melalui tiga jenis layanannya, yaitu online marketplace sebagai penyedia ragam biro perjalanan umrah secara online, travel management system yang mengelola data ketersediaan paket umrah secara lengkap, dan travel assistance yang merupakan pendampingan kepada calon jemaah selama proses perjalanan umrah.

Aplikasi yang mengusung tagline “Satu aplikasi untuk perjalanan umrah Anda”, ini memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

1.     Kepraktisan calon jemaah dalam mencari paket dan membeli paket umrah.

2.    Kemudahan submit dokumen calon jemaah kepada mitra travel untuk proses persiapan perjalanan umrah.

3.     Keamanan dana jemaah dengan penerapan dan pemanfaatan teknologi transaksi terkini.

4.     Kenyamanan bagi jemaah dengan informasi pendampingan langsung dari aplikasi selama ibadah umrah.

5.     Komunikasi dan update informasi antara jemaah, Safar, dan mitra travel melalui aplikasi.

6.     Pengembangan fitur aplikasi untuk meningkatkan kenyamanan calon jemaah dalam menjalankan ibadah umrah baik sebelum, selama perjalanan umrah dan hingga setelah kembali ke Tanah Air.

7.     Kerjasama intensif dengan mitra travel untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan proses umrah.

Tags: , , , , ,


COMMENTS