December 5, 2019

Hadirkan Fitur Katalog, WhatsApp Business Gelar Pelatihan untuk UMKM Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Hadirkan Fitur Katalog, WhatsApp Business Gelar Pelatihan untuk UMKM Indonesia  

Mobitekno – Setelah WhatsApp menghadirkan aplikasi WhatApp Business beberapa waktu lalu, kini WhatApp Business menghadirkan fitur terbarunya bernama Katalog. Fitur terbaru ini dimasudkan sebagai etalase untuk memajang foto-foto produk atau jasa bagi para pebisnis khususnya para pelalu UMKM.

Mengetahui potensi UMKM di Indonesia yang semakin berkembang di setiap tahunnya, WhatsApp terus mendukung pelaku UMKM menjalankan bisnisnya secara lebih profesional, melalui fitur khusus yang dapat membuat interaksi dengan pelanggan menjadi efisien.

Untuk memenuhi komitmen tersebut, WhatsApp menghadirkan pelatihan pertamanya bersama UMKM bertujuan untuk meningkatkan kreativitas UMKM dalam fotografi yang menjadi salah satu titik pembahasan untuk melengkapi pesan dari fitur Katalog sebagai etalase.

Pelatihan tersebut dapat membuat pelaku UMKM mengetahui manfaat lebih dalam mengenai aplikasi WhatsApp Business dan fitur terbarunya, Katalog, Pelatihan tersebut dimasudkan untuk membekali pelaku UMKM tentang cara membina hubungan dengan pelanggan, dan tentang fotografi dalam mendukung dan mempromosikan produk yang ditawarkan, serta meningkatkan penjualan.

Menurut Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApp, orang-orang senang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelaku usaha favorit mereka, namun saling mengirim banyak pesan dan foto untuk mendapatkan informasi produk tidaklah efisien.

“Menanggapi hal ini, kami meluncurkan Katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil menciptakan etalase secara mobile, yang membantu mereka untuk menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggannya. Dengan Katalog, pelanggan dapat dengan mudah menjelajah dan menemukan sesuatu yang ingin dibeli,” ungkap Sravanthi, saat acara  pelatihan tersebut di Jakarta, Selasa (3/12).

“Membuat katalog dengan aplikasi WhatsApp Business hanya memerlukan beberapa langkah mudah, namun hal terpenting bagi pebisnis kecil adalah mempersiapkan galeri foto produk dan jasa yang lengkap dan konsisten,” jelasnya.

“Melalui pelatihan hari ini, kami ingin meningkatkan keterampilan fotografi pelaku bisnis kecil dan membantu mereka menghasilkan foto yang menarik agar dapat memikat para pelanggan dengan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan,” ujar Sravanthi.

Lebih lanjut, Sravanthi mengungkapkan selain membantu pelaku bisnis kecil untuk memanfaatkan fitur Katalog terbaru secara maksimal, WhatsApp juga memberikan sesi edukasi khusus untuk mengembangkan usaha mereka lebih cepat dengan WhatsApp Business.

Katalog yang dibuat oleh para pebisnis kecil akan tampil pada laman profil bisnisnya. Setiap produk dan jasa dalam katalog bisa diberi nama yang unik, dan juga kolom opsional lainnya seperti harga, deskripsi produk, tautan situs bisnis, dan kode produk. Penanda ini dapat memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pelaku bisnis dapat mengunggah maksimal 500 foto produk atau jasa ke dalam katalog mereka.

Katalog yang selalu diperbarui akan memudahkan pelanggan tetap dan calon pelanggan untuk menelusuri produk maupun jasa sebuah bisnis, serta tetap terhubung dengan bisnis tersebut. Pelanggan dapat memilih produk dan jasa yang mereka minati dan membagikannya kepada teman, dan tentunya langsung bertukar pesan kepada pemilik bisnis untuk diskusi.

Fitur Katalog sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp Business untuk ponsel pintar dengan Sistem Operasi Android dan iPhone di Indonesia.

Tags: , , ,


COMMENTS