May 5, 2019

Bisa Dikonversi sebagai Donasi, Fitur “Mutaba’ah Yaumiyah” umma Rekam Amalan Harian selama Ramadan

Penulis: Rizki Romdoni
Bisa Dikonversi sebagai Donasi, Fitur “Mutaba’ah Yaumiyah” umma Rekam Amalan Harian selama Ramadan  

Mobitekno – Bulan suci Ramadan yang hanya berlangsung 30 hari dalam rentang waktu setahun, sudah sepantasnya umat islam memanfaatkan momen tersebut semaksimal mungkin. Agar sukses bersama Ramadan, umat islam pun ‘dituntut’ agar mampu menjalani serangkaian ibadah untuk mencapai gelar takwa.

Berkaca pada hal tersebut, umma sebagai platform muslim berbasis komunitas terdepan yang didirikan anak muda Indonesia, akan meluncurkan satu fitur baru didalam aplikasi yang bernama “daily tracker” atau dalam istilah islam disebut “mutaba’ah yaumiyah”.

Apa itu daily tracker? Secara ringkas, fitur ini bertujuan untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-hari di sepanjang bulan Ramadan. Melalui mutabaah yaumiyah atau daily tracker pada aplikasi umma, pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam. Contohnya, melakukan salat subuh berjamaah akan mendapat poin 100, membaca alquran mendapat poin 100, dan lain sebagainya.

Tak sampai disitu, poin yang terkumpul kemudian dapat didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal (Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com) yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pengguna maksimal dapat mengumpulkan poin sebanyak 54.700, dimana poin tersebut bila dikonversikan menjadi Rp547.000.

“Kami berharap pengguna umma bisa mewujudkan ketercapaian target total donasi Rp 1 miliar melalui fitur Mutabaah Yaumiyah yang ada,” ujar Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma kepada awak media di Jakarta belum lama ini.

Fitur bermanfaat ini akan hadir pada 1 Ramadan 1440 H didalam aplikasi umma

Dirinya juga menyatakan bahwa Ramadan merupakan bulan spesial bagi umat muslim, dimana umat muslim selalu berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan guna mendapatkan keberkahan Ramadan.

“Untuk membantu umat muslim semakin mudah beribadah dan bersama-sama menjadi khairu ummah, di Ramadan tahun ini kami menghadirkan fitur Ramadan khusus. Fitur ini menjadi one stop solution untuk para pengguna kami untuk lebih mudah beribadah dan melakukan berbagai amalan di bulan suci,” jelas Indra.

Berdasarkan data internal di Ramadan tahun lalu, lanjut Indra, konten yang paling banyak diakses para pengguna selama periode Ramadan adalah konten-konten seperti keutamaan Ramadhan, amalan-amalan mulia di Bulan Ramadhan, doa-doa Ramadhan, dan bahkan sampai dengan resep makanan untuk sahur dan berbuka puasa.

“Konten informatif seperti inilah yang membedakan kami dengan aplikasi lain,” ujarnya.

Indra menambahkan, Program Rummah yang merupakan fitur khusus Bulan Ramadan dari umma, menawarkan berbagai konten penunjang pelaksanaan ibadah sepanjang bulan suci, mulai dari:

  • Penunjang Beribadah – Terdiri dari waktu sholat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.
  • Memperdalam Ajaran Agama – Melalui beragam artikel siraman rohani dan berbagai video kajian ustad, kaum muslim dapat menambah pengetahuan mengenai agamanya.  Konten yang ada dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.
  • Konten Ramadhan – Bacaan-bacaan dan tips bermanfaat termasuk resep-resep makanan untuk membantu umat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan meraih kesuksesan Ramadhan
Tags: , , , , , ,


COMMENTS