March 5, 2019

HID Global Rilis Kartu Akses Virtual, ID Mobile Acces di Ajang Public Safety Indonesia 2019

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
HID Global Rilis Kartu Akses Virtual, ID Mobile Acces di Ajang Public Safety Indonesia 2019  

Mobitekno – Perkembangan teknologi di era digital saat ini telah mentransformasi sistem kerja di berbagai bidang menjadi lebih efektif dan efisien. Terlebih lagi dengan semakin masifnya penggunaan gadget seperti smartphone yang digunakan untuk berbagai aktivitas termasuk sebagai perangkat kerja yang sangat penting.

Menyikapi hal itu, HID Global sebagai salah satu pemimpin dunia di bidang solusi identitas terpercaya kembali menghadirkan inovasi terbarunya dalam ajang Public Safety Indonesia 2019 menghadirkan, ID Mobile Acces – sebuah kartu akses virtual berbasis cloud yang disematkan di smartphone.

Dengan sebuah platform HID bernama Mobile ID, kartu identitas seperti SIM dan kartu identitas lainnya dapat dengan mudah dibawa pada smartphone. Melalui Platform HID Origo, HID Global menghadirkan solusi identitas untuk karyawan virtual dalam bentuk digital yang disematkan di smartphone.

Jika selama ini banyak perusahaan yang membekali karyawannya dengan kartu identitas atau ID Card, HID Global menawarkan kartu identitas atau kartu akses dalam berbentuk digital yang sudah menempel di smartphone tersebut.

Kartu virtual iini memiliki fungsi yang sama dengan ID, berbentuk kartu yang bisa membuka pintu kantor, atau akses lainnya seperti akses komputer, printer, dan lainnya. Kartu virtual tersebut dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui aplikasi HID yang akan menjadi akses bagi pemegangnya.

Dengan ID Mobile Access tersebut, pemegang tidak pertlu takut ketinggalan seperti kartu secara fisik atau takut kehilangan. Menurut Alex Tan, Director of Sales – ASEAN, Physical Access Control System HID Global, dengan teknologi tersebut ID tersebut menjadi lebih lebih aman dari berbagai kejahatan.

“Isu yang perlu diketahui oleh masyarakat adalah bagaimana ID Card itu bisa dipercaya dan aman dari kloningan. Saat ini kami fokus untuk mengedukasi soal itu,” ujar Alex Tan di arena pameran Public Safety Indonesia 2019 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (28/2).

HID Global sendiri telah hadir di Indonesia hampir 10 tahun. Hingga saat ini, HID telah masuk ke pasar seluruh Indonesia dengan segmen utama mereka adalah pemerintahan. Di luar itu, mereka juga masuk ke industri perbankan, ritel, teknologi, dan ke depan perhotelan.

Menurutnya, dengan teknologi ID tersebut, ke depan pengguna bisa memesan hotel secara online dan langsung memegang kunci hotel yang berbentuk digital langsung di smartphone yang dipegang pengguna, “Jadi tidak perlu lagi Anda registrasi ulang untuk mengambil kunci di resepsionis,” tegas Alex.

Lebih lanjut Alex mengungkapkan bahawa, investasi untuk sistem ini pun tidak bisa dikatakan mahal. Untuk pengaplikasian kartu virtual tersebut, HID menawarkan harga mulai dari USD 6 per satu user untuk berlangganan selama satu tahun dengan minimal order 100 ID user.

Meski solusi sarat akan teknologi, namun menurut Alex, layanan solusi tersebut tidak bisa juga dibilang premium. Pasalnya menurut Alex dengan harga seperti itu, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Seperti kepraktisaa, kemanan, dan flesibilitas yang tinggi serta yang lebih penting lagi adalah menjaga identitas, baik perorangan maupun perusahaan sebagai hal yang utama.

Platform HID Origo menanamkan koneksi cloud dan fungsionalitas IoT sebagai perpanjangan app ke dalam perangkat seluler, reader dan kontroler HID, dan memberikan akses langsung kepada developer ke perangkat ini melalui HID Origo application programming interfaces (APIs) dan software developer kits (SDK) yang sudah terbukti melalui solusi akses mobile HID.
Platform tersebut juga memiliki analisis data yang dapat digunakan untuk kemampuan-kemampuan yang baru, termasuk kemampuan konfigurasi alat pembaca jarak jauh (remote reader), pemeliharaan sistem akses kontrol secara prediktif dan deteksi tindakan untuk pengalaman kerja yang mulus dan lebih personal.

Selain solusi ID Mobile tersebut dalam ajang Public Safety Indonesia 2019 HID Global juga menghadirkan berbagai inovasi terbarunya seperti HID Origo Management Portal, HID Fargo connect dan HID DTC 1500.

Tags: , , ,


COMMENTS