November 4, 2019

Jalin Kembali Hubungan dengan Huawei, 260 Perusahaan AS Meminta ‘Lisensi Khusus’

Penulis: Rizki Romdoni
Jalin Kembali Hubungan dengan Huawei, 260 Perusahaan AS Meminta ‘Lisensi Khusus’  

Mobitekno – Awal tahun ini, Departemen Perdagangan AS telah memasukkan Huawei ke ‘daftar hitam’ yang mengakibatkan semua perusahaan Amerika berhenti dari segala jenis hubungan dagang dengan perusahaan Cina tersebut. Beberapa laporan di masa lalu sebenarnya menyarankan bahwa embargo itu bisa segera disudahi, tetapi tidak ada yang membuahkan hasil.

Namun demikian, Sekretaris Departemen Perdagangan, Wilbur Ross baru-baru ini mengatakan kepada Bloomberg dalam sebuah wawancara bahwa lisensi khusus yang memungkinkan perusahaan-perusahaan AS untuk kembali berurusan dengan Huawei akan tiba dalam waktu singkat. Departemen Perdagangan telah menerima hampir 260 permintaan dari perusahaan-perusahaan Amerika yang memungkinkan mereka untuk menjalin kembali hubungan dagang dengan Huawei “lebih dari yang kita duga,” lapor pejabat AS itu.

Huawei store logo

Sementara Ross tidak menyatakan tentang perusahaan berbasis AS yang telah mengajukan izin, itu harus dicatat bahwa tidak semua perusahaan akan diberikan lisensi setelah standar baru Departemen Perdagangan dipraktikkan. Satu perusahaan yang sangat mungkin mendapatkan pengecualian ini adalah Google, yang memimpin pengembangan Android.

Merujuk hak daftar hitam, Huawei tidak dapat menawarkan ponsel baru dengan layanan Google termasuk Play Store. Oleh karena itu, lisensi yang lebih permanen dapat memungkinkan Google dan Huawei untuk memulihkan bisnis seperti sebelumnya.

Sebagai pengingat, AS telah menuduh Huawei memasang backdoors pada peralatan telekomunikasi yang dapat digunakan untuk mencuri data pengguna yang sensitif. Namun, karena kurangnya bukti, klaim tersebut belum dapat dibuktikan.

Patut dicatat, FCC telah mengusulkan pelarangan penyedia telekomunikasi untuk menggunakan perangkat keras Huawei. Selain itu, orang-orang yang terus menggunakan peralatan yang dibuat oleh perusahaan Cina akan dibebaskan dari uang Dana Layanan Universal (Universal Service Fund).

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS