September 4, 2019

Konferensi AIBP ‘Indonesia 4.0’ Pamerkan Teknologi IoT Terbaru

Penulis: Rizki Romdoni
Konferensi AIBP ‘Indonesia 4.0’ Pamerkan Teknologi IoT Terbaru  

Mobitekno – Pemerintah telah meluncurkan inisiatif Making Indonesia 4.0, suatu roadmap terintegrasi untuk mengimplementasikan beberapa strategi digital dalam rangka transisi industri di Indonesia menuju era Industri 4.0. Industri kunci dalam roadmap ini adalah industri makanan dan minuman, otomotif, elektronika, kimia, tekstil, dan garmen.

Sebuah survei tahunan yang dilaksanakan oleh Asia IoT Business Platform terhadap 1.624 profesional bisnis dan teknologi informasi di seluruh Asia Tenggara mengungkapkan bahwa bisnis di belahan dunia ini semakin mengadopsi teknologi digital agar tetap kompetitif.

Agar lebih mengenal jauh terkait bisnis di sejumlah industri di atas, Asia IoT Business Platform (AIBP) kembali menggelar konferensi yang ke-32 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, pada 28-29 Agustus 2019. Di dalam penyelenggaraan tahun keenam di Indonesia, konferensi AIBP fokus pada topik “Indonesia 4.0” yang didorong oleh Kementerian Perindustrian RI dan “Smart City & Digital Economy” dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Irza Suprapto, Direktur Asia IoT Business Platform, mengatakan, “Edisi ke-32 dari Asia IoT Business Platform ini akan menghadirkan diskusi mendalam tentang IoT dan pameran teknologi IoT terbaru guna membantu perusahaan di negara ini dalam mengadopsi strategi transformasi digital yang tepat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/8) lalu.

Berdasarkan ASEAN Enterprise Digital Transformation Survey yang dilakukan oleh AIBP, 70 persen pemimpin bisnis di Indonesia puas dengan opsi konektivitas, dibandingkan dengan 48,6 persen di Filipina, dimana infrastruktur konektivitas masih menjadi masalah.

Operator telekomunikasi seperti Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo telah memainkan peranan mereka dalam mendorong IoT dan ekosistem digital pada perusahaan-perusahaan di Indonesia bersama dengan pemerintah.

“Telkom akan terus memainkan peranan aktif dalam mendukung inisiatif kunci pemerintah termasuk Indonesia 4.0, smart city, dan penciptaan ekonomi digital,” kata Joddy Hernady, SVP – EGM Digital Service Division, Telkom Indonesia.

Hal senada juga diutarakan oleh Intan Abdams Katoppo, Chief Business Officer, Indosat Ooredoo. Ia menegaskan, “Kami percaya bahwa implementasi IoT di area transportasi dan logistik, industry 4.0, dan smart city akan mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi dan para akhirnya menciptakan masyarakat yang lebih baik,”

Tags: , , , , , ,


COMMENTS