July 4, 2019

Tingkatkan SDM Perhotelan, Airy Luncurkan Program Airy Community

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Tingkatkan SDM Perhotelan, Airy Luncurkan Program Airy Community  

Mobitekno – Data World Travel and Tourism Council (2019) mencatat Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara dengan pertumbuhan kinerja pariwisata tertinggi di dunia. Bagi Indonesia, industri pariwisata memang menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar.

Perkembangan tren budget travel menjadi salah satu pendongkrak –yang besar dipengaruhi faktor akomodasi seperti hotel/penginapan. Besarnya potensi ranah perhotelan di Indonesia terlihat dari nilai pemesanan kamar hotel secara daring yang mencapai USD 2,2 juta (Statista 2019).

Memahami krusialnya kualitas ketenagakerjaan pariwisata Tanah Air, terutama di ranah akomodasi perhotelan, Airy sebagai perusahaan startup bidang Accomodation Network Orchestrator (ANO) terkemuka di Indonesia, baru-baru ini memperkenalkan kembali program Airy Community.

Platform pelatihan ini menjadi gagasan Airy untuk menstandardisasi mutu layanan properti hotel/penginapan di bawah naungannya. Sepanjang 2019, Airy akan menjalankan rangkaian pelatihan, terutama aspek housekeeping dan front office, dengan target hingga 4.000 karyawan mitra properti.

Peluncuran program tersebut turut dihadiri oleh Khairul Anwar (Sekretaris Jenderal Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia), Sukiyo (Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan RI), Agus Setiawan (Kepala Bidang Aksesibilitas, Kementerian Pariwisata RI), dan Danny Handoko, (CEO Airy), serta Viko Gara (Vice President Commercial Airy).

Berkembang sejak 2015, Airy telah menjadi penyedia solusi budget travel terkemuka yang diperkuat lebih dari seribu properti di lebih dari 90 kota di seluruh Indonesia.

Menurut Danny Handoko, CEO Airy, Airy senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui ekonomi digital. Karenanya, guna memajukan industri hotel anggaran rendah, sebagai salah satu segmen utama dalam bidang pariwisata, Airy tak berhenti berinovasi.

“Airy tidak saja berkutat pada pemutakhiran teknologi saja, namun juga terlibat langsung memformulasikan dan membangun platform yang mampu memberdayakan SDM perhotelan di Tanah Air. Lahirnya Airy Community, kami harap menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata Indonesia,” ujar Danny saat peluncuran program tersebut di Jakarta, Rabu ( 3/7).

DSC 0580

Lebih lanjut Danny mengungkapkan bahwa gagasan Airy lewat Airy Community menjadi terobosan dalam penguatan kapasitas SDM. Sebuah langkah yang selaras dengan prioritas pembangunan pemerintah. Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 berfokus pada upaya peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas.

Perdana dijalankan pada 2018, Airy Community telah sukses melibatkan 594 peserta dengan lokasi pelatihan di berbagai daerah; meliputi Jabodetabek, Malang, Samarinda, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Tahun ini, Airy Community akan menggaet jumlah partisipan yang lebih banyak, hingga 4.000 orang, dan diimplementasikan di 13 kota berbeda.

Dari sisi teknologi, Airy mendampingi para mitra properti – beserta karyawan-karyawannya, dengan Property Management System, berupa dasbor berbasis daring dengan fitur-fitur seperti Booking and Reservations System, dan Finance System, yang mudah diakses secara real time dan menyajikan informasi secara transparan sehingga meningkatkan efisiensi dari segi waktu maupun pembiayaan.

Terbukti, Airy berhasil mendorong tingkat okupansi para mitra pemilik properti kategori Airy Flagship hingga 60%-70% per bulan, bahkan mengurangi biaya operasional sebesar 30%-35%.  Sementara, fitur Human Resources System memungkinkan pengaturan jadwal dan jam kerja karyawan dengan lebih efektif, daftar periksa/checklist tugas yang harus diselesaikan, termasuk notifikasi kamar yang harus dibersihkan, dsb.

Sebagai startup asli dari Indonesia, 100% karyawan dan manajemen adalah anak bangsa yang berbekal pemahaman mendalam terhadap pasar di Tanah Air, terlebih demi menjaga kepuasan para stakeholder-nya: traveller pengguna, mitra properti, dan masyarakat luas Indonesia.

“Kami optimis Airy bisa terus melanjutkan misinya memajukan industri hotel anggaran rendah di Tanah Air, baik lewat Airy Community serta ragam inovasi yang kami hadirkan. Dengan demikian, Airy tak hanya berperan bagi pengguna dan mitra property owner, tetapi lebih penting lagi, bisa berandil lebih besar dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia,” tegas Danny.

Sementara itu Khairul Anwar, Sekretaris Jenderal Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, mengatakan, “Presiden sudah menetapkan arah kebijakan prioritas pembangunan. Sektor pariwisata ini menjadi salah satu prioritas tahun ini dan tahun depan, bersama manufaktur dan ekonomi digital. Pola usaha yang dikembangkan Airy sudah betul-betul tepat, karena menyentuh dua sektor: pariwisata dan ekonomi digital.”

“Upaya Airy Community lewat program-programnya, salah satunya adalah melatih – sesuai standar yang ditetapkan, khususnya di ranah perhotelan, kami sangat mendukungf. Bicara standar, inilah pondasi untuk menyiapkan SDM yang kompetitif. Karenanya, kami sangat memberikan apreasiasi. Kami dari Kementerian Tenaga Kerja akan selalu terbuka untuk sama-sama berkolaborasi,”  pungkas Khaerul.

Tags: , , , ,


COMMENTS