May 4, 2019

IGL Online Qualifier FIFA 19 FUT Berakhir, 24 Top Player Siap Berlaga di Big League

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
IGL Online Qualifier FIFA 19 FUT Berakhir, 24 Top Player Siap Berlaga di Big League  

Mobitekno – Indonesia Gaming League (IGL) Online Qualifier FIFA 19 FUT pekan kedelapan resmi berakhir pada Minggu (28/4) lalu. Dengan ini, proses pencarian 24 top player yang akan bermain di Big League telah resmi berakhir.

Pada pekan terakhir Online Qualifier, tercatat lebih dari 400 player yang berpartisipasi untuk memperebutkan tiga slot tersisa yang disiapkan oleh IGL selaku penyelenggara turnamen. Meski animo dan antusiasme player terbilang tinggi, namun IGL memastikan tak akan ada slot yang dilebihkan untuk player yang ingin berpartisipasi. Pada pekan kedelapan kemarin, Immanuel Mangasi Fernando (Jakarta), Andersen Tjoeng (Jakarta) dan Andri Luhut (Jakarta) merupakan top three player terakhir yang berhasil masuk ke Big League.

Berdasarkan laporan yang diterima IGL, total peserta yang sudah mendaftarkan diri selama periode Online Qualifier mencapai lebih dari 1.500 peserta. Angka ini memang berada di bawah ekspektasi awal yakni 2.000 peserta. Meski begitu, Stephen Clinton selaku Wakil Ketua IGL mengaku puas dengan apa yang sudah dicapai IGL.

“Secara keseluruhan kami cukup puas dengan banyaknya pendaftar yang mengikuti event perdana ini. Setelah ini, kami akan adakan evaluasi kecil guna menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ujar Clinton.
Untuk melengkapi target awal, IGL pun tengah mengadakan Offline Competition di 20 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejauh ini, tercatat lebih dari 1.000 player telah mendaftarkan diri. Enam puluh player dari masing-masing kota telah terpilih menjadi pemenang.

Selain itu, target besar pun telah dicanangkan setelah ini. IGL kabarnya akan menggelar turnamen game sepak bola berskala lebih besar lagi. Disinggung kapan akan digelar, Clinton masih enggan buka suara. “Biar nanti saja (diumumkannya), yang jelas akan ada surprise dari IGL,” tuturnya.

Sementara itu menurut Frans Silalahi, Ketua Umum IGL FIFA 19 FUT, mengungkapkan bahwa saat ini perkembangan e-sport di Indonesia mengalami pettumbuhan yang sangat menggembirakan. Pasalnya saat ini turnamen e-sport seperti ini sudah banyak digelar di Indonesia. “Kini pemerintahpun mendukung perkembangan e-sport di Indonesia,” ujar Frans di Jakarta, Kamis (2/5).

IMG 20190504 WA0005

Terlebih lagi menurut Frans , e-sport sudah masuk ke ajang Asian Games. “Saat ini profesi sebagai pemain e-sport sudah cukup bagus dan sangat menjanjikan. Mereka sudah mendapat gaji yang cukup. Bahkan sudah banyak para pemain e-port yang mendapat tambahan penghasilan dari iklan atau sponsor,” jelas Frans.

Yang penting menurut Frans, karena turnamen ini sifatnya online, maka infrastruktur yang diperlukan adalah tersedianya jaringan internet yang memadai. “ Ya, minimal jaringannya sudah 4G lah,” tegasnya. Mengenai turnamen IGL FIFA 19 FUT sendiri saat ini sudah memasuki babak Big League, yang akan dikuti oleh 24 peserta yang sudah lolos saat ini.

Adapun 24 player yang telah memastikan diri lolos ke babak Liga adalah:
1. Andika Putra Sanjaya (Makassar)
2. Egi Ilyas Fauzi (Sukabumi)
3. Pugu Mujahit Mantang (Jakarta)
4. Arlan Paranti (Sukabumi)
5. Abdul Rozak R (Jakarta)
6. Dedy Tami H (Bogor)
7. Aditra Gusnar (Denpasar)
8. Ghea Ananta A (Samarinda)
9. Nyoman Tri Laksana P (Bali)
10. Rudi Julio (Surabaya)
11. Ardy Diptayana (Tangerang)
12. Apri Hantoro (Sleman)
13. Muhammad Ikhsan (Jakarta)
14. Mohammad Ega (Jakarta)
15. Rakel Ramadhan (Sukabumi)
16. Windy Hendro (Pontianak)
17. Kenny Prasetyo (Jakarta)
18. Yoga Harahap (Medan)
19. Rama Anggara (Madiun)
20. Brian Hadianto (Jakarta)
21. Kevin Naufal (Depok)
22. Immanuel Mangasi Fernando (Jakarta)
23. Andersen Tjoeng (Jakarta)
24. Andri Luhut (Jakarta)

Nantinya, 24 player yang telah memastikan diri di Big League akan menempati dua grup liga yakni Big East dan Big West. Masing-masing liga terdiri dari 12 player. Terkait sistem poin, IGL akan mengikuti format liga pada umumnya. Kemenangan akan diganjar dengan 3 poin, seri 1 poin dan mereka yang kalah tak mendapatkan poin. Kedua Big League tersebut nantinya akan digelar pada 11 Mei 2019 selama 11 pekan dan dapat disaksikan melalui live stream di YouTube Indonesia Gaming League.

Tags: , , , ,


COMMENTS