December 3, 2019

18 Pemimpin Muda Asal Indonesia Diundang Obama di Ajang “Leaders: Asia-Pacific”

Penulis: Rizki Romdoni
18 Pemimpin Muda Asal Indonesia Diundang Obama di Ajang “Leaders: Asia-Pacific”  

Mobitekno – Obama Foundation mengumumkan 200 pemimpin muda akan menghadiri penyelenggaraan perdana program Leaders: Asia-Pacific yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 10-14 Desember 2019. Kedua ratus pemimpin tersebut mewakili sektor publik, swasta, dan nirlaba dari 33 negara dan wilayah di kawasan Asia-Pasifik, tempat mereka menangani berbagai isu, mulai dari pendidikan, lingkungan hidup hingga kewirausahaan.

Acara lima hari ini merupakan pertemuan perdana dari program kepemimpinan satu tahun yang dirancang untuk lebih menginspirasi, memberdayakan, dan menghubungkan para pemimpin muda untuk mengubah dunia. Selama berada di Malaysia, para pemimpin bersama para pembicara dan pakar terkemuka di dunia akan membahas beragam topik seperti kemajuan dan peluang di kawasan Asia-Pasifik, kepemimpinan berbasis nilai, serta titik temu antara tujuan dan
kewirausahaan dalam serangkaian sesi pleno.

Selain Barack Obama dan Michelle Obama, pembicara lain yang akan hadir antara lain:

• Tim Brown, mitra pendiri Allbirds;
• Pat Dwyer, pendiri and direktur The Purpose Business;
• Tan Sri Dr. Tony Fernandes, pengusaha Malaysia dan mitra pendiri AirAsia;
• Helianti Hilman, pengusaha Indonesia dan pendiri JAVARA;
• Arthur Huang, pengusaha Taiwan dan pendiri Miniwiz;
• Aaron Maniam, anggota Singapore Administrative Services;
• Dr. Oyun Sanjaasuren, Direktur Urusan Eksternal di Green Climate Fund;
• YB Hannah Yeoh, Wakil Menteri Pembinaan Wanita, Keluarga, dan Masyarakat Malaysia

Pertemuan pada Desember tersebut juga akan diisi berbagai kegiatan seperti lokakarya pengembangan keterampilan, pelatihan pengembangan kepemimpinan, dan beragam peluang bagi para pemimpin untuk saling mengenal dan berhubungan satu sama lain.

Para pemimpin akan berkesempatan untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan mereka di berbagai skenario dunia nyata sambil menggunakan pendekatan kreatif berbasis nilai untuk pemecahan masalah. Selain itu, untuk menggarisbawahi hubungan penting antara layanan dan kepemimpinan, para pemimpin akan berpartisipasi dalam sebuah proyek layanan masyarakat.

Setelah pertemuan ini, proses peningkatan kualitas kepemimpinan dari para pemimpin ini akan terus berlangsung selama setahun secara jarak jauh melalui webinar dan serial percakapan secara virtual termasuk dukungan, amplifikasi, dan peluang lainnya yang difasilitasi oleh Obama Foundation.

Program Asia Pasifik ini merupakan kelanjutan dari program Pemimpin Internasional Obama Foundation yang diluncurkan pertama kali di Afrika pada 2018. Ini merupakan wujud dari komitmen Obama Foundation untuk wilayah Asia Pasifik seiring dengan keyakinan bahwa apa yang telah dilakukan secara luar biasa oleh para pemimpin tersebut bersama masyarakat akan berpengaruh positif bagi perubahan dunia.

Dalam acara Leaders: Asia-Pacific Program Gathering tersebut, Obama juga mengundang 18 orang para Pemimpin Muda dari Indonesia yang akan bergabung dengan pemimpin dari negara lain. Meskipun pertemuan ini tertutup bagi masyarakat umum, sesi-sesi pleno akan disiarkan langsung secara daring melalui obama.org kecuali dinyatakan sebaliknya.

Tags: , ,


COMMENTS