September 3, 2019

Belum Pernah Ada Seri ‘Hypercar’ yang Menembus Kecepatan 300mph, Selain Bugatti!

Penulis: Rizki Romdoni
Belum Pernah Ada Seri ‘Hypercar’ yang Menembus Kecepatan 300mph, Selain Bugatti!  

Mobitekno – Laman Top Gear secara eksklusif telah mengungkap bahwa Bugatti telah menembus kecepatan hingga 300mph. Pada 2 Agustus 2019, Andy Wallace mencapai kecepatan maksimum 304,77mph dengan Bugatti Chiron di Ehra-Lessien, Lower Saxony, Jerman.

Kecepatan ini diverifikasi oleh TÜV – Asosiasi Inspeksi Teknis Jerman – yang berarti Andy dan prototipe Chiron telah mengambil alih kendaraan supercepat yang sebelumnya, yaitu SSC (256.18mph rata-rata dua arah, 2007), Hennessey (270.49mph rata-rata dua arah, 2013) dan Koenigsegg (284.55 vmax, 277.87 rata-rata dua arah, 2017).

Selama enam bulan terakhir, tim insinyur dari Bugatti, Michelin dan Dallara (pembuat sasis asal Italia) mulai membuat mobil yang dapat melaju hingga 300mph. Ini bukan Chiron biasa. Kecepatan yang diberikan didorong oleh dua faktor: efisiensi aerodinamis dan tenaga, dimana mesin yang menghidupkan Chiron juga terbilang istimewa yakni unit W16 8.0-liter, quad-turbo yang dijuluki Thor menghasilkan tenaga 1.578bhp. Selain itu, gearbox tetap standar seperti halnya sistem all-wheel-drive.

 

“Tantangan terbesar adalah mendapatkan paket keseluruhan yang benar. Tidak hanya desain, tidak hanya aerodinamika, tidak hanya mesin, tidak hanya ban. Ini untuk menyatukan semuanya dan bekerja dalam satu mobil,” kata Frank Heyl, kepala desain eksterior, .

Di bagian belakang, ekor panjang dengan penampang tereduksi (agar lebih aerodinamis dan meminimalisir hambatan) diselingi oleh sepasang pipa ekor menyerupai senapan yang berlebih, dan bagian bawah terlihat mirip Centodieci. Secara objektif, ini memproyeksikan emisi gas buang sejauh mungkin dari belakang untuk mengurangi efeknya pada drag. Secara subjektif, mereka menambahkan lebih banyak drama untuk estetika Chiron.

Untuk mengurangi drag, sayap belakang dan rem udara telah dilepas dan diganti dengan unit statis yang tersembunyi di bagian ekor. Entah bagaimana tim desain telah berhasil menggabungkan tuntutan untuk drag rendah dan stabilitas kecepatan tinggi, sambil meningkatkan estetika sejauh ketika Anda melihat mobil biasa.

“Bugatti sekali lagi menunjukkan kemampuannya. Dengan catatan baru Chiron ini, kami memasuki lagi wilayah yang belum dipetakan. Belum pernah ada produsen seri mencapai kecepatan tinggi ini,” kata Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti.

“Tujuan kami adalah menjadi produsen pertama yang mencapai angka keajaiban 300mph. Kami sekarang telah mencapai ini – membuat diri kami, seluruh tim dan saya sendiri, sangat bangga. Kami telah menunjukkan beberapa kali bahwa kami membangun mobil tercepat di dunia. Di masa depan kami akan fokus pada bidang lain,” pungkas Winkelmann.

Tags: , , , , ,


COMMENTS