October 31, 2018

Bekraf Mediasi Startup Unggulan GSI ke Investor Global

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Bekraf Mediasi Startup Unggulan GSI ke Investor Global  

Mobitekno – Kompetisi untuk menjaring dan memilih startup unggulan telah dilakukan oleh beberapa pihak, baik dari kalangan swasta, BUMN maupun dari pihak pemerintah sendiri termasuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Bekraf sebagai lembaga pemerintah non Kementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif yang juga membidangi para startup di Indonesia  juga mengadakan program kompetisi serupa bagi para startup Indonesia. Dalam rangka untuk meningkatkan dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia, Bekraf bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan meluncurkan suatu platform yang disebut “GoStartupIndonesia” (GSI) pada tanggal 6 September 2018 lalu.  GSI merupakan platform perjodohan yang dibuat Bekraf untuk pengusaha rintisan (startup) dan investor.

Sebagai langkah awal, GSI Mentoring and Pitching Competition telah melakukan roadshow ke 7 kota pilihan yaitu Surabaya, Yogyakarta, Batam, Medan, Bali, Bandung, dan Jakarta untuk mencari startup terbaik anak muda lokal yang perlu dikembangkan.

Selain roadshow  ke 7 kota, Bekraf  juga memberikan talkshow bertema akses permodalan untuk startup dan mentoring dengan materi scalling up your startup pada Senin (29/10) kemarin di Jakarta. Setelah  terpilih sebagai startup unggulan dari beberapa kota tersebut, kemudian Bekraf juga menyelenggarakan kompetisi pitching, paparan startup untuk mendapatkan investasi.

GoStartupIndonesia 6

Pitching  adalah salah satu modal startup untuk menarik minat investor berinvestasi pada bisnis mereka, sehingga kemampuan pitching sangat penting bagi startup.

“Kami sudah mendapat enam pemenang dari roadshow kota-kota sebelumnya. Hari ini kami akan menyeleksi dan memilih satu pemenang Jakarta. Para pemenang akan bertanding lagi di final,” ungkap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah, di Jakarta Senin (29/10)

Menurut dia, startup yang mengikuti kompetisi pitching telah dikurasi melalui pitch deck yang mereka kirim. Beberapa hal yang dinilai saat proses kurasi antara lain potensi pasar, tim yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dan traction.

Pemenang roadshow Jakarta akan memperebutkan gelar juara dengan enam startup pemenang dari kota lainnya. Juara umum kompetisi pitching akan mendapatkan mentorship boothcamp internasional dan IDX Mutual Fund, bergabung pada IDX Incubator, dan terkoneksi dengan investor global.

Bekraf sendiri  telah bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia untuk mendorong startup melantai ke bursa untuk scale up sekaligus melakukan Initial Public Offering (IPO) yaitu menawarkan saham sebagai alternatif investasi startup.

Tags: , , , , ,


COMMENTS