May 31, 2018

LINE Perkenalkan ‘Marbot’, Chatbot Edukatif Pertama di Bulan Ramadan

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
LINE Perkenalkan ‘Marbot’, Chatbot Edukatif Pertama di Bulan Ramadan  

Mobitekno – Ramadan merupakan momen yang selalu dinanti bagi banyak orang. Segala persiapan dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci tersebut. Tak ubahnya, LINE aplikasi perpesanan yang berbasis di Jepang ini yang belum lama meluncurkan rangkaian fitur dan konten eksklusif untuk Ramadan agar menginspirasi para pengguna setianya sepanjang bulan Ramadan. Untuk pertama kalinya, LINE menghadirkan chatbot Ramadan di Indonesia dan beragam konten interaktif – serta web series Ramadan dan stiker eksklusif Ramadan.

Diberi nama ‘Marbot’ (Amalan Ramadan Chatbot), ini menjadi chatbot pertama di bulan Ramadan yang mampu membantu pengguna setia LINE agar dapat menghabiskan waktu Ramadan lebih bermakna. Marbot memiliki beberapa fitur yang disampaikan, antara lain Perkuat Iman, Rezeki Anak Saleh dan Ngabuburit Berfaedah.

“Kehadiran fitur chatbot Ramadan membuat kami dapat berkomunikasi dengan pengguna kami dengan cara yang menyenangkan, serta menyampaikan konten interaktif dan edukatif tentang bulan Ramadan.” ucap Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

Marbot bisa ditemukan pada akun resmi LINE Ramadan. Marbot juga akan berinteraksi dengan pengguna LINE melalui konten seperti pengingat sholat, kultum harian, pesan inspiratif tentang Ramadan, serta promo harian untuk kegiatan berbuka puasa.

“Setahun terakhir perkembangan chatbot meningkat hingga 4 kali. Marbot telah hadir di 475 kota di seluruh Indonesia, sejak tanggal 17 Mei lalu. Strategi kami ialah terus berinovasi, terus campaign sehingga tak menutup kemungkinan tren chatbot akan kami gunakan untuk kampanye atau event lainnya di masa mendatang,” ujar Fauzan Helmi Sudaryanto, Product & Engineering, Product Manager LINE Indonesia.

Disamping Marbot, terdapat pula konten “Ramadan Hemat” dari LINE Shopping, serta pilihan permainan untuk ngabuburit (Ngabubu-Rich) dari LINE Games.

Dengan semangat menjadi #TemanBerfaedah bagi pengguna, LINE juga menciptakan web series spesial Ramadan tentang persahabatan yang berarti di bulan suci ini, berjudul ‘Ramadan Terakhir’. Web series ini terdiri dari empat episode yang akan diunggah seminggu sekali, yang juga akan menunjukkan cara penggunaan yang bermanfaat dari Marbot, sebagai teman Ramadan yang menyenangkan. Episode pertama telah diluncurkan pada 18 Mei lalu, dan telah mendapatkan tanggapan positif dari penonton yang memuji Ramadan Terakhir sebagai cerita yang menyenangkan, hangat, tetapi juga tidak mudah ditebak.

Tak hanya itu, untuk membawa semangat Ramadan kepada para pengguna, LINE juga menyediakan serangkaian stiker Ramadan eksklusif. Ini mencakup desain stiker Ramadan dari pembuat stiker ternama, stiker musik LINE Ramadan, stiker karakter LINE Friends edisi Ramadan, serta edisi selebriti yang bekerja sama dengan salah satu keluarga selebriti yang paling disukai di Indonesia, Keluarga Belo (Ditto Percussion, Ayudia Bing Slamet, dan Sekala).

Kejutan lainnya bagi para pengguna setianya, LINE juga mengadakan kompetisi harian di akun resmi LINE Ramadan berjudul ‘Kejutan Poin Ramadan’ yang akan berlangsung sampai tanggal 31 Mei 2018 di mana para pengguna dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan poin gratis dengan total poin 750 Juta.

“Kami harap rangkaian fitur dan konten Ramadan kami dapat memberikan pengalaman Ramadan yang penuh arti dan tak terlupakan bagi semua.” pungkas Dale Kim.

Tags: , , , , ,


COMMENTS