May 31, 2018

LG V35 ThinQ: Jeroan Mirip G7 ThinQ dengan Layar Lebih Kinclong (OLED) dan Tanpa Poni

Penulis: Iwan RS
LG V35 ThinQ: Jeroan Mirip G7 ThinQ dengan Layar Lebih Kinclong (OLED) dan Tanpa Poni  

Mobitekno – LG resmi mengumumkan V35 ThinQ sebagai flagship keduanya di tahun ini. Smartphone ini diluncurkan tidak berjauhan dengan flagship pertamanya di 2018 , G7 ThinQ. Jadi, wajar jika kedua flagship tersebut memilki banyak persamaan komponen internal. Mari kita lihat persamaan dan perbedaannya.

Mengingat smartphone ini merupakan bagian dari keluarga V-series, V35 ThinQ hadir dengan desain yang tidak berbeda dari LG V30S ThinQ yang telah lebih dulu hadir di ajang MWC 2018 beberapa bulan lalu.

Kasta LG V35 ThinQ di segmen premium terlihat dari spesifikasi ‘jeroannya’. Sebut saja, seperti chipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM 6 GB, dan internal storage 64 GB atau 128GB.

Layarnya bahkan lebih premium dari G7 ThinQ yang hanya mengandalkan panel IPS. LG V35 ThinQ menggunakan layar OLED (pOLED) 6 inci yang disebut disebut FullVision (QHD+, 2560 x 1440 piksel, AR 18:9). Perbedaan lainnya dari G7 ThinQ, V35 ThinQ tidak mengadopsi layar notch (layar poni).

LG V35 ThinQ

Berkaitan dengan bobot , penggunanya akan merasakan ringannya smartphone ini, bahkan lebih ringan dari G7 ThinQ (158 gr vs 162 gr). Selain lebih ringan, V35 ThinQ juga sedikit lebih tipis dari G7 ThinQ (7,3 mm vs 7,9 mm).

Untuk urusan ketahanan air dan debu, V35 ThinQ dengan baterari 3.300 mAh (mendukung wireless charging) ini juga sama kuatnya jika dibandingkan dengan G7 ThinQ karena sudah mendapatkan sertfikasi IP68 dan proteksi layar Corning Gorilla Glass 5.

V35 ThinQ juga mengusung kamera utama ganda (rear dual camera) dengan konfigurasi satu sensor 16 MP (f/1.6, 1µm, 3-axis OIS, PDAF) dan satu sensor 16 MP (f/1.9, no AF, wide angle 107 derajat FoV).

Apabila dibandingkan kamera G7, kamera utama V35 ThinQ sudah sedikit lebih ditinggkatkan, misalnya pada edge distortion-nya yang lebih rendah dan hasil fotonya juga lebih tajam dan natural. Seberapa natural mungkin lebih ‘pas’ dan obyektif jika diuji/dibandingkan secara langsung.

Pada kamera depan (selfie camera), V35S juga mengikuti G7 ThinQ dengan mengadopsi kamera 8 MP. Ini berarti terjadi peningkatan dibandingkan V30S sebelumnya yang masih mengandalkan sensor 5 MP.

Meski membawa sedikit penyempurnaan dari G7 ThinQ, experience yang didapatkan pengguna saat memakai kamera keduanya tidak akan jauh berbeda. Keduanya masih mengandalkan fitur AI Cam versi awal (v 1.0).

Mode kecerdasan buatan (AI) untuk kameranya ini berguna untuk membantu pengguna mendeteksi berbagai subject dan scene dalam mengatur berbagai parameter fotografi secara otomatis untuk menghasilkan foto terbaik.

Hadirnya V35S ThinQ juga menambah koleksi smartphone LG (setelah G7 ThinQ ) yang telah mendukung layanan jaringan seluler Google (Prject Fi). Di samping dua seri LG, hanya segelintir smartphone yang mendukung layanan (carrier) Project Fi ini, seperti Pixel 2/2 XL, Android One Moto X4, Moto G6, Nexus 6P, Nexus 5X, dan Nexus 6.

V35 ThinQ mengikuti jejak G7 ThinQ sebagai smartphone yang mendukung layanan lintas LTE/Wi-Fi dari Google, yaitu Project Fi.
Tags: , , , , , ,


COMMENTS