August 30, 2018

Listing Properti Baru 2.500 Ruangan, Begini Target SpotQoe Hingga Akhir Tahun

Penulis: Rizki Romdoni
Listing Properti Baru 2.500 Ruangan, Begini Target SpotQoe Hingga Akhir Tahun  

Mobitekno – Perkembangan tren coworking space sebagai sebuah “revolusi” telah mengubah cara orang bekerja menjadi lebih fleksibel dan memberikan peluang untuk membangun networking. Berbagai perusahaan coworking space, termasuk pemain-pemain besar di skala global pun telah mulai menjajaki pasar Indonesia yang kini berpeluang besar.

Menyadari perkembangan dan kebutuhan tersebut, PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) baru-baru ini telah memperkenalkan SpotQoe, platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event dengan menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile.

SpotQoe berperan sebagai jembatan yang menghubungkan hotel, restoran dan coworking space dengan karyawan, freelancer dan pebisnis untuk bisa berkolaborasi melalui platform mereka. Saat ditemui awak media, Hari Ananto Head of SpotQoe menjelaskan bahwa saat ini konsentrasi SpotQoe masih di Jakarta sekitarnya, namun berkat partnership dengan Archipelago International maka SpotQoe juga punya hingga 150 properti di seluruh Indonesia.

“Terkait cost yang ditawarkan tergantung properti/merchant, kami hanya mengambil data mereka untuk dimasukkan ke dalam aplikasi,” ujar Hari.

Meski listing properti SpotQoe baru di angka 2.500, tetapi hingga akhir tahun nanti SpotQoe  menargetkan 5.000 properti tersebar di sejumlah daerah. “Yang sudah masuk ke dalam aplikasi sudah 2.500 space, target 5.000 sampai akhir tahun 2018. Kami lebih menghimpun pemain/space owner untuk dipertemukan langsung dengan pelaku bisnis, jadi kami tidak bermain di bisnis industrinya,” jelas Hari.

Menyinggung ‘bagi jatah’ antara SpotQoe dengan properti dan pelaku bisnis, Hari memaparkan bahwa di SpotQoe tidak memiliki kebijakan untuk mengenakan transaksi fee bahkan ke customer dan merchant. Bahkan, merchant bisa memakai aplikasi SpotQoe untuk menjangkau market yang lebih luas, tanpa biaya tambahan.

 

“Monitisasi kami melalui bisnis AXI memiliki core bisnis yang sifatnya lebih ke ekosistem, seperti AXIQOE, PrintQoe, dan CourierQoe yang terintegrasi dan bisa mendorong trafik SpotQue,” ujarnya.

Untuk saat ini, strategi bisnis SpotQoe masih seputar market development dan fokus sebanyak-banyaknya pada on boarding merchant. Kategori tahun ini pun lebih banyak berfokus pada Event, karena dirasakan oleh pelaku bisnis jadi SpotQoe menjawab kebutuhan mereka dahulu.

Pernyataan lain dari pihak Archipelago International menyebutkan bahwa platform SpotQoe akan menjadi solusi bagi Archipelago International dalam mendapatkan pasar yang lebih luas. “Bagi kami, bekerjasama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari strategi marketing serta promosi. Tentu kami juga berharap melalui SpotQoe pemesanan di hotel-hotel dibawah manajemen Archipelago International juga bisa terus meningkat,” kata Nita Janita Ekaniana, Regional Marketing & Communication Manager, Archipelago International.

Tags: , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS