June 30, 2018

Facebook Lite Sukses Raup Pengguna, Instagram pun Ikut Buat Aplikasi Versi ‘Enteng’

Penulis: Iwan RS
Facebook Lite Sukses Raup Pengguna, Instagram pun Ikut Buat Aplikasi Versi ‘Enteng’  

Mobitekno – Dukungan raksasa medsos Facebook makin terasa untuk Instagram yang dibelinya enam tahun lalu. Dalam waktu yang berdekatan, Instagram sudah menggulirkan atau menguji beberapa fitur baru, seperti IGTV, Group Video Chat, user insight, dan lain-lain agar pengggunanya tetap/semakin loyal atau bahkan bertambah.

Meski sudah berhasil merangkul lebih dari 1 miliar pengguna, strategi Instagram untuk menambah jumlah pengguna belum selesai. Langkah terbarunya berikut ini dianggap akan menambah penggunaNya lebih banyak lagi.

Seperti Facebook yang sudah meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 lalu, Instagram pun akahrinya memilih langkah yang sama dengan merilis aplikasi Instagram Lite untuk menyasar pengguna ponsel entry-level dan feature phone yang terkoneksi dengan Internet lambat. Bagi Instagram, target pengguna potensialnya masih sangat besar.

Dalam rilisnya disebutkan jika ukuran aplikasi Instagram Lite relatif kecil (hanya membutuhkan area sekitar 573 KB). Meski hanya menyertakan fitur-fitur penting, ukurannya jauh lebih kecil dari aplikasi Instagram standar (sekitar 32 MB).

Belum diketahui apakah nantinya aplikasi enteng ini juga akan ikut menampilkan iklan (ads). Rencananya aplikasi ini akan ditargetkan untuk pengguna di negara-negar berkembang, seperti Meksiko, Bangladesh, India, bahkan Indonesia yang penduduknya masih banyak menggunakan feature phone.

Namun ini bukan berarti Instagram Lite tidak akan tersedia di negara-negara maju. Aplikasi ‘Facebook Lite’ yang tahu lalu dirilis di Amerika Serikat diprediksi juga turut berkontribusi mendongkrak peningkatan pengguna. Terhitung kuartal pertama 2018 ini, layanan medsos terbesar terpopuler ini kini telah memiliki 2,18 miliar pengguna aktif (monthly active user).

Tags: , , , ,


COMMENTS