June 29, 2018

Pantau Wilayah Perbatasan, China Gunakan Drone “Burung”

Penulis: Rizki Romdoni
Pantau Wilayah Perbatasan, China Gunakan Drone “Burung”  

Mobitekno – Bila saat ini Anda ada di wilayah perbatasan China, pemandangan diatas langit yang Anda lihat mungkin tak hanya awan, namun juga beberapa drone pengawas yang disamarkan seperti burung. Bagaimana bisa?!

Menurut sebuah laporan baru dari South China Morning Post, militer China dan lembaga pemerintah telah menggunakan pesawat drone yang menyamar untuk memata-matai segmen populasi, terutama di wilayah Cina Barat yang berbatasan dengan Rusia, Mongolia, Pakistan dan negara-negara lain.

Drone yang disamarkan seperti burung ini merupakan bagian dari program pemerintah China yang disebut “Dove”. Robot burung ini mengepakkan sayap yang terpasang ke unit pusat tubuh yang mencakup modul GPS, sensor kecepatan, kamera yang menghadap ke bawah dan antena yang memungkinkan operator drone untuk mengontrol gerakannya.

Laporan yang mengutip beberapa sumber terpercaya itu mengatakan bahwa program tersebut melewati sejumlah perbaikan sebelum dikerahkan dengan ribuan penerbangan uji coba. Robot burung ini terlihat sangat hidup dan hampir tidak mungkin untuk membedakan dari burung yang sebenarnya ketika melihat dari bawah.

Drone ini bahkan dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan mutakhir yang sangat halus sehingga memungkinkan robot burung ini tampil senatural mungkin sambil memberikan video dengan kualitas halus.

Peneliti yang bekerja pada program Dove mengatakan kepada laporan itu bahwa penggunaannya masih sangat terbatas. Namun, mereka menyarankan bahwa penggunaan skala besar dan penyebaran drone bisa hadir lebih cepat. Dan juga robot burung ini memiliki “beberapa keuntungan unik untuk memenuhi permintaan drone di sektor militer dan sipil.”

Wilayah Cina Barat yang telah meninjau penggunaan drone yang paling luas adalah di sarang sentimen separatis. Laporan itu mencatat bahwa kawasan itu telah dipantau secara ketat oleh para pejabat China untuk sementara waktu dan burung-burung robot ini hanyalah pelengkap persenjataan dalam gudang senjata pemerintah.

Hal ini memang terlihat agak mengerikan. Namun ini merupakan terobosan lain dalam industri penerbangan (dalam hal ini ialah drone). Burung-burung robot ini dapat meniru 90 persen gerakan benda nyata akan sulit diketahui oleh sebagian besar orang, terutama jika tidak ada yang benar-benar melihat mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS