June 29, 2018

Agar Nobar Piala Dunia Makin Seru, Benq Hadirkan 4K Home Theater Projector TK800

Penulis: Iwan RS
Agar Nobar Piala Dunia Makin Seru, Benq Hadirkan 4K Home Theater Projector TK800  

Mobitekno – Bukan perangkat TV saja yang mendukung tayangan video berformat 4K (UHD resolution). Produk proyektor pun satu per satu muncul di pasar Tanah Air untuk dapat menampilkan video resolusi hingga 3840 x 2160 piksel secara optimal.

BenQ juga tidak mau ketinggalan meramaikan pasar proyektor 4K di Indonesia. Bertepatan dengan ajang Piala Dunia FIFA 2018 (FIFA World Cup 2018), produsen asal Taiwan ini meluncurkan proyektor 4K terbarunya, TK800 dalam acara nonton bareng (nobar) di Jakarta (27/6/2018).

BenQ TK800 4K Home Theater Projector

BenQ TK800 4K Home Theater Projector

Meskipun pihak BenQ menyatakan TK800 dapat memproyeksikan gambar dengan resolusi 3840 x 2160 piksel atau ‘True 4K’, benar tidaknya memang harus diuji lebih lanjut dengan pengujian langsung. Untuk menampilkan proyeksi gambar/video dengan diagonal 100 inci, TK800 membutuhkan jarak 3,25 meter (throw ratio).

Proyektor BenQ TK800 mengandalkan DLP XPR Technology yang dikembangkan oleh dari Texas Instruments (TI) yang menerapkan metode pixel-shifting technology untuk menampilkan gambar dengan jumlah piksel 8,3 juta (syarat untuk standar 4K). Apakah ii yang menajdi patokan BenQ sebagai sebutan ‘True 4K’ mungkin sah-sah saja.

Proyektor ini telah dirancang khsus agar dapat menampilkan kualitas gambar/video memukau, mode audio/video yang dapat dikonfigurasi sesuai selera (custom-tailored mode), dan mudah dipasang serta digunakan (hassel-free installation).

Selain menawarkan resolusi 4K UHD dengan 8,3 juta piksel agar gambar tampil lebih nyata (realistis), BenQ TK800 juga mendukung optimalisasi brightness dan contrast ratio secara otomatis (Auto HDR Colour Rendetion). Tidak ketinggalan juga dukungan native-nya untuk konten berstandar HDR10.

BenQ TK800 juga memiliki tombol khusus (4K colour wheel) yang diklaim mendukung colour space/gamut Rec.709 hingga 92 persen dan level kecerahan hingga 3000 lumen. Hasilnya, proyektor ini tetap dapat menghasilkan gambar yang jelas meski digunakan pada ruangan dengan pencahayaan yang cukup terang.

BenQ TK800 4K Home Theater Projector

BenQ TK800 4K Home Theater Projector

Ada dua fitur unggulan TK800 yang cukup relevan dengan ajang Piala Dunia kali ini, yaitu ‘Football Mode’ dan ‘Sport Mode’. Keduanya cocok bagi pengguna yang gemar menonton tayangan bola atau olah raga karena diklaim memberikan experience seperti menontonnya secara langsung.

Fitur ‘Football Mode’ berguna untuk menjaga warna kulit tetap natural (natural skin tone), dan warna lapangan hijau rumput juga terlihat nyata. Fitur ini juga mengatur agar suara komentator tetap terdengar dengan jelas meski berada di tenga sorakan penonton.

Sedangkan Sport Mode berfokus pada pengoptimalan tampilan nuansa kulit yang nyata sekaligus mempertegas warna yang ditampilkan. Fitur ini cocok untuk pertandingan-pertandingan olah raga di dalam ruangan, seperti pertandingan basket atau bulu tangkis.

Sistem audio speaker pada TK800 (CinemaMaster Audio+ 2) datang dengan spekaer berdaya 5 Watt yang dijanjikan dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan dynamic range yang lebih luas dibandingkan speaker pada portable projector umumnya.

Proyektor berwarna putih dengan sisi depan biru (blue fascia) ini sudah dipasarkan di Indonesia seharga Rp 23 jutaan. Berminat memilikinya untuk menikmati berbagai tayangan bareng sanak saudara atau teman? Tersedia mulai Juni 2018 ini, Anda dapat mencobanya dulu di berbagai toko ritel dan mitra resmi BenQ.

Tags: , , , ,


COMMENTS