September 28, 2018

Oppo Find X Mendatang akan Patok Standar Baru RAM. Kapasitas Berapa?

Penulis: Iwan RS
Oppo Find X Mendatang akan Patok Standar Baru RAM. Kapasitas Berapa?  

Mobitekno – Adu besar kapasitas RAM di smartphone/ponsel Android masih akan berlanjut ke depan. Setelah produsen Tiongkok mulai ikut ‘perlombaan’ ini, tidak sukar menemukan ponsel dengan RAM 6 GB di pasaran saat ini.

Beberapa ponsel flaghsip tahu ini bahkan sudah menawarkan RAM berkapasitas 8GB RAM yang berarti sudah sebesar RAM di notebook atau PC desktop umumnya.

Kabar terbaru, Oppo mungkin akan menetapkan standar baru RAM di industri ponsel Android. Berapa tepatnya? Seperti sebelumnya, inkremental kapasitasnya sebesar 2 GB. Jadi, ponsel Oppo yang diketahui seri flagship Oppo Find X terbaru akan mengsung RAM 10 GB.

Kabar ini berasal dari leaker ‘Ice Universe’ yang mengetahui ponsel Oppo tersebut masuk daftar di regulator Cina TENAA. Apabila informasinya benar, Find X akan menjadi ponsel pertama dengan kapasitas RAM terbesar saat ini.

Oppo Find X 10 GB

Selain menunjukkan kapasitas RAM 10 GB, informasi di TENAA menunjukkan ponsel Find X ini akan menyeiakan internal storage 256 GB. Seperti diketahui, Find X yang beredar saat ini datang dengan RAM 8 GB dan stiorage 256 GB.

Belum diketahui apakah Find X model terbaru ini akan diluncurkan secara global atau hanya di negara tertentu, misalnya Cina dan India.

Apakah ponsel dengan RAM lebih besar akan lebih cepat dari RAM dengan kapasitas di bawahnya? Teoretisnya dapat lebih cepat, tapi hal tersebut masih bergantung pada sistem manajemen RAM yang optimal.

Tidak jarang kita temui ponsel Android dengan RAM yang lebih besar justru lebih lelet (dari ponsel denagn RAM lebih kecil) saat menjalankan berbagai aplikasi yang digunakan setiap hari.

Apple iPhone dengan integrasinya yang kuat antara sistem hardware dan software (iOS dna app) juga dapat membuat pemakaian RAM menjadi lebih optimal. Dengan kata lain, urgensi iPhone untuk melakukan penambahan RAM belum mendesak seperti Android. Terbukti iPhone Xs Max terbaru saja masih ideal dengan RAM 4 GB.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS