May 28, 2018

Mengenal Lebih Dekat Proyektor Epson EB-1460Ui

Penulis: Desmal Andi
Mengenal Lebih Dekat Proyektor Epson EB-1460Ui  

Mobitekno – Proyektor adalah salah satu perangkat pendukung yang wajib tersedia di sebuah kantor. Mengapa? Karena proyektor adalah salah satu perangkat yang sangat penting untuk mendukung presentasi saat diskusi di ruang rapat. Seiring berkembangnya teknologi, kini semakin banyak perangkat proyektor yang memberi kemudahan dalam hal penggunaan nya.

Tak hanya itu, para produsen proyektor pun berlomba-lomba menghadirkan sebuah produk yang diperkaya dengan beragam fitur menarik. Epson adalah salah satu produsen proyektor terkemuka di dunia yang bisa dikatakan berhasil menciptakan sebuah produk dengan dukungan fitur interaktif untuk solusi ruang rapat.

Adalah Epson EB-1460Ui, proyektor interaktif yang cocok ditempatkan pada ruang rapat di sebuah kantor. Pemasangan proyektor ini sangat berbeda dengan proyektor normal lain nya. EB-1460Ui dibuat untuk pemasangan langsung pada area bidang proyeksi. Dengan jarak tembak yang sangat dekat, hanya dengan jarak 21cm hingga 46cm saja, proyektor ini mampu menghasilkan proyeksi 70 inch (L: 1.51m x T: 0.95m) hingga 100 inch (L:2.15m x T: 1.35m).  Bracket dan sensor Interaktif yang digunakan untuk pemasangan proyektor itu pun sudah termasuk ke dalam pembelian unit.

 

Mari tengok ke beberapa fitur yang ditawarkan oleh proyektor Epson EB-1460Ui. Fitur unggulan dari proyektor ini adalah kemampuan yang dapat melakukan anotasi langsung di area proyeksi dengan bantuan sensor sentuh yang berada di posisi bawah bracket, tanpa membutuhkan papan khusus. Dengan demikian para peserta rapat mampu melakukan anotasi langsung pada materi presentasi yang diproyeksikan oleh EB-1460Ui. Tak hanya anotasi, peserta rapat dapat memperkecil atau memperbesar sebuah objek yang ada dilayar presentasi. Juga lewat fitur finger-touch juga mampu menggeser, memindahkan dan menulis atau menggambar objek tambahan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengguna. Tak kalah menarik, Epson juga mengemas EB-1460Ui dengan kemampuan “slide to split screen”. Di sini, layar yang diproyeksikan oleh EB-1460Ui bisa dengan mudah dibagi menjadi dua bagian dengan hanya menggeser simbol panah yang ada tepi layar saja. Sebagai contoh, satu layar menampilkan dokumen yang ingin dipresentasikan, dan layar lainnya menampilkan whiteboard yang bisa menjadi area untuk menulis.

2

Fitur andalan lainnya yang dimiliki oleh proyektor EB-1460Ui ini adalah pengguna dapat memodifikasi dokumen yang dipresentasikan pun bisa dilakukan secara real-time di atas layar, hal ini berkat dukungan aplikasi Epson Easy Interactive Tools 4.2. Bahkan, jika peserta rapat enggan memodifikasi dokumen yang diproyeksikan ke layar, mereka juga dapat melakukan anotasi secara langsung lewat smartphone, tablet, ataupun laptop yang ada dihadapan pengguna hingga 15 perangkat secara bersamaan. Hal ini sangat dimungkinkan karena Epson EB-1460Ui dapat terintegrasi dengan banyak perangkat mobile secara nirkabel.

3

Kemudahan anotasi atau menulis pada layar yang diproyeksikan oleh EB-1460Ui tak hanya bisa dilakukan lewat jari. Epson juga membekali proyektor interaktifnya ini dengan pena khusus layaknya spidol. Masing-masing pena memiliki ID yang berbeda dengan indikator warna Biru dan Oranye. Keunggulan dari pena khusus ini adalah dapat digunakan untuk menulis atau menggambar dengan tingkat akurasi tinggi serta disokong dengan baterai tahan lama.

4

Rupanya inovasi yang ingin diperlihatkan oleh Epson ke dalam proyektor EB-1460Ui tak hanya berhenti sampai di situ. Kemampuan mengakses layar presentasi secara remote juga sangat dimungkinkan. Dengan begitu, keleluasaan dan interaksi yang sama juga bisa dirasakan oleh peserta rapat yang ada di luar kantor.

Berkat bantuan aplikasi Epson EasyMP Multi PC Projection 2.0, Epson EB-1460Ui juga bisa dikoneksikan secara nirkabel hingga dengan 50 unit laptop atau perangkat mobile lainnya. Epson menyebutnya dengan kemampuan “wireless multi-pc projection”. Tentu saja, ini menjadikan jalannya diskusi di ruang rapat semakin lebih menarik.

5

Dongle Wi-Fi untuk koneksi nirkabel yang sudah termasuk di unit EB-1460Ui

Lantas, apakah seluruh hasil “diskusi panjang” ini bisa disimpan dan dibagikan keseluruh peserta rapat? Sangat bisa! Bekerja dengan Epson EB-1460Ui, pada mode whiteboard mampu menyimpan hingga 50 halaman dokumen presentasi tanpa harus terkoneksi ke komputer. Pada akhirnya, seluruh halaman presentasi tersebut bisa disebarluaskan secara langsung via e-mail, USB Drive atau disimpan ke gadget masing-masing peserta rapat. Tak hanya itu, dokumen hasil rapat itupun juga bisa langsung dicetak lewat printer yang terkoneksi dalam satu jaringan dengan Epson EB-1460Ui.

6

Panel koneksi EB-1460Ui

Dengan kata lain, proyektor ini adalah tipe paling ideal untuk perkantoran modern saat ini. Seluruh peserta yang terlibat dalam diskusi di ruang rapat bisa dengan mudah saling berkolaborasi, dan pada akhirnya bisa menyelesaikan tugas pekerjaan secara optimal dan juga membuat suasana diskusi lebih interaktif.

Tags: , , ,

  • 20
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

COMMENTS