April 28, 2018

Pengguna WhatsApp di Wilayah Eropa Kini Harus Berusia 16 Tahun ke Atas

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Pengguna WhatsApp di Wilayah Eropa Kini Harus Berusia 16 Tahun ke Atas  

Mobitekno – Hingga saat ini WhatsApp masih jadi aplikasi instant messaging yang begitu populer di banyak negara. Tercatat, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook tersebut sudah di-download lebih dari satu juta kali.

Selain gratis, kemudahan penggunaan juga menjadi daya tarik dari aplikasi instant messaging ini. Jika kita melihat di Play Store, aplikasi ini mendapat rating bintang 4,4 yang artinya memang disukai oleh pengguna perangkat mobile.

Namun tahukah Anda jika WhatsApp dan juga aplikasi-aplikasi lainnya memiliki aturan batasan usia bagi penggunanya? Nah, terkait dengan hal ini WhatsApp baru-baru ini telah merevisi aturan usia penggunanya untuk wilayah Eropa.

Disebutkan, WhatsApp akan melarang siapa pun di wilayah Eropa untuk menggunakan aplikasi tersebut jika usianya di bawah 16 tahun. Sebelumnya, usia yang diperbolehkan adalah 13 tahun ke atas.

Batasan usia pengguna ini akhirnya harus dibuat oleh WhatsApp terkait dengan aturan privasi data di wilayah Eropa yang mulai bergulir pada tanggal 25 Mei 2018 nanti. Sedangkan wilayah di luar Eropa, usia minimum untuk menggunakan WhatsApp masih sama, yakni 13 tahun.

Kini, ketika pengguna di Eropa masuk ke aplikasi dalam beberapa minggu ke depan, mereka akan diminta untuk mengonfirmasi usia mereka saat menerima persyaratan layanan baru dan kebijakan privasi yang diperbarui.

WhatsApp, yang dimiliki oleh Facebook, memang memiliki kebijakan data sendiri. Ini membuat perubahan baru di luar peningkatan batas usia, termasuk memungkinkan pengguna men-download salinan data mereka dari WhatsApp.

Pendekatan Facebook untuk mematuhi aturan baru ini justru lebih memberi penekanan kepada pengguna remaja berusia 13 hingga 15 tahun agar bisa mendapatkan izin dari orang tua. Hal ini penting agar mereka benar-benar di bawah pengawasan yang tepat saat berbagi informasi pribadi di platform yang digunakan.

Tags: , , , ,


COMMENTS