February 28, 2018

Tiga Model Asus ZenFone 5 Diperkenalkan di MWC 2018. Dua Model Punya Layar Seperti iPhone X

Penulis: Iwan RS
Tiga Model Asus ZenFone 5 Diperkenalkan di MWC 2018. Dua Model Punya Layar Seperti iPhone X  

Mobitekno – Setelah Samsung, Nokia, Sony, dan LG, kini giliran Asus mengumumkan smartphone terbarunya 3 model Zenfone 5 sekaligus. Ketiganya, Zenfone 5 Lite, Zenfone 5, dan Zenfopne 5z.

Apabila Zenfone 5 Lite diposisikan untuk model entry-level hinga mid-low segment, maka dua terakhir (Zenfone 5 dan 5z) akan bersaing di mid-level dan high-end. Pusat perhatian tentunya tertuju pada Zenfone 5 dan 5z yang terang-terangan meniru desain layar notch iPhone X yang dianggap Asus bakal menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen Android.

Asus akan melengkapi menambah keluarga Zenfone 5 dengan model-model lainnya untuk segmentasi berbeda. Namun, ketiga model sudah pasti akan menjadi andalan Asus yang pertama di pasar global tahun ini. Berikut gambaran singkat ketiganya.

Zenfone 5 Lite

Pentingnya menggarap segmen smartphone terjangkau bagi Asus terlihat pada model Zenfone Lite 5 yang satu ini. Tidak tanggung-tangung, model ini sudah mengadopsi konsep empat kamera (quad camera) seperti Huawei Nova 2i. Dengan kata lain, dual camera masing-masingnya di sisi depan dan belakang.

Pada kedua sisi, Asus melengkapi kameranya dengan sensor berkualitas 8 MP dengan lensa wide-angle (120 derajat field-oo-View lens) dan flash LED untuk pencahayaan ekstra.

Asus Zenfone 5 Lite

Diperkuat dengan chipset Qualcomm Snapdragon 630 atau Snapdragon 430, Zenfone 5 Lite datang dengan layar IPS 6 inci (FHD+, 2160×1080 pixel, 18:9), RAM 4 GB, internal storage 64 GB, dan baterai 3300 mAh.

Selain menggunakan panel 2.5D glass di sisi depan dan belakang, ZenFone 5 Lite juga dilengkapi dengan fitur face unlock, microUSB, NFC, dan radio FM. Cukup lengkap mengingat segmentasinya di kelas menengah ke bawah.

ZenFone 5 dan ZenFone 5z

ZenFone 5 yang diandalkan Asus bersaing di segmen kompetitif (mid-range market) hadir dengan layar 6,2 inci (2246×1080 pixel, aspect ratio 19:9) diperderkuat chipset Snapdragon 636, RAM 4 GB atau 6 GB, dan internal storage 64 GB (dapat diperluas melalui external storage MicroSD). Smartphone berbasis Android Oreo ini akan ditenagai baterai 3300 mAh yang disebut Asus cukup untuk aktivitas seharian.

Layar ZenFone 5 yang relatif besar (6,2 inci) tapi langsing ini dijamin Asus masih nyaman digenggam mengingat footprint-nya setara dengan samrtphone berlayar 5,5 inci umumnya. Ini semua karena ZenFone 5 memiliki perbandingan layar ke bodi (screen-to-body ratio) hingga 90 persen.

Beralih ke kamera, ZenFone 5 dilengkapi kamera utama/belakng 12 MP (Sony IMX363, f/1.8, pixel 1.4 µm, lensa wide -angel 120 derajat) dan kemare depan/selfie 8 MP. Kameranya sudah didukung teknologi AI yang dapat meningkatkan experience pengguna saat menggunakannya (AI Scene Detection dan AI Photo Learning). Selain itu, Asus juga menyertakan beberaap fitur baru dan menarik lainnya.

Fitur AI pada kamera akan membantu pengguna dalam mengatur dan memilih parameter penting untuk mengahasilkan sebuah foto yang lebih baik. Fitur AI lainnya di luar kamera adalah AI Boost yang dapat meningkatakan performa smartphone hingga performa 12.72% dan AI Charging dapat menjaga baterai di level 80% saat pengguna tidur agar saat digunakan baterai bisa bertahan lebih lama.

Asus Zenfone 5

Hal ini dapat dilakukan fitur AI dengan mempelajari pola tidur dan bangun tidur pengguna untuk kemudian disesuaikan dengan pengaturan power managemen yang tepat dari sistem di dalam smartphone.

Layar dengan notch atau ‘coak’ di tengah layar ala iPhone X menjadi hal menarik bagi sebagian penggunan. Selain desain yang unik, notch pada layar ini dimanfaatkan Asus untuk memaksimalkan berbagai notifikasi (notification) dari aplikasi dan sistem Android. Notifikasi yang semakin banyak akan hilang secara otomatis. Untuk mengakses semua notifikasi, pengguna cukup men-tap dan notification bar akan menampilkan semuanya.

Tren dual stereo di smartphone juga diamini Asus. Zenfoen 5 telah menyertakan speaker dual stereo speakers dengan smart amps yang diklaim membuat suaranya terdengar 1,2 kali lebih nyaring, reproduksi suara low-frequency 2,1 kali lebih banyakl, dan lebih rendah distorsi hingga 10% dari iPhone X.

Seperti Samsung, Asus juga mengikuti Apple dengan menghadirkan fitur baru ala Animoji iPhoen X. Disebut ZeniMoji, fitur ini fungsinya mirip Animoji tapi pengguna dapat menggnakannya saat melalkukan live video. Tentu saja ZeniMoji juga dapat di-share ke Facebook atau Instagram.

Selain Zenfone 5 Lite dan Zenfone 5, Asus masih punya satu model yang diposisikan di kasta tertinggi, yaitu ZenFone 5z. Model yang satu ini mengusung fitur AI dan desain yang sama dengan ZenFone 5. Perbedaannya, ZenFone 5z datang dengan spesifikasi ‘dapur pacu’ yang lebih tinggi.

ZenFone 5z diperkuat chipset Snapdragon 845, RAM 8GB/6GB/4GB, dan internal storage 256 GB. Harga yang diatwarkan dimuali Euro 479 (sekitar Rp 8 jutaan). ZenFone 5 dan 5z berturut-turut akan mulai hadir di pasar global pada April dan Juni 2018.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES