January 28, 2018

Start Bangun Pabrik Baru, TSMC Optimis yang Pertama Buat Chip 5 nm

Penulis: Iwan RS | Editor: Iwan RS
Start Bangun Pabrik Baru, TSMC Optimis yang Pertama Buat Chip 5 nm  

Mobitekno – Saat ini dapat disebut hanya ada tiga pabrik semikonduktor yang terus berinovasi mengembangkan teknologi proses pembuatan chip untuk smartphone, graphics card, atau perangkata lainya. Salah satunya adalah proidusen asal Taiwan, yaitu TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Sebagai mitra penting Apple (chip iPhone) dan Nvidia (chip GPU), TSMC belum lama ini meresmikan dimulai konstruksi awal untuk pembangunan pabrik semikonduktor terbaru dengan teknologi fabrikasi 5 nm.

Seperti diketahui, TSMC belum lama telah ditunjuk Qualcomm untuk membuat chip Snapdragon 855 yang merupakan chip penerus Snapdragon 845. Chip Snapdragon 845 sendiri sudah diketahui akan menjadi pilihan dapur pacu untuk berbagai smartphone flagship yang dirilis sepanjang 2018.

Apabila Snapdragon 845 dan Snapdragon 835 dibuat oleh Samsung dengan teknologi proses 10 nm, chip Snapdragon 855 akan dimanufaktur menggunakan teknologi proses TSMC 7 nm.

Menurut TSMC, pabrik semikonduktor 5 nm bernama Fab 18 ini direncanakan akan memulai produksi chip dalam dua tahun mendatang (2020). TSMC optimis, mereka akan menjadi pabrikan pertama yang siap dengan teknologi chip 5 nm.

Siapa konsumen pertama TSMC yang memesan chip 5 nm di Fab 18 ini nantinya? Belum diketahui pasti. Bisa Qualcom untuk membuat Snapdragon 865 atau Nvidia untuk chip GPU-nya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS