December 27, 2018

Huawei Geser Apple dalam Penjualan Smartphone Global, Berkah Perang Dagang?

Penulis: Rizki Romdoni
Huawei Geser Apple dalam Penjualan Smartphone Global, Berkah Perang Dagang?  

Mobitekno – Huawei, yang saat ini berada di bawah tekanan luar biasa akibat perang dagang Cina-AS diam-diam memiliki kabar baik untuk disambut penggemarnya. Perusahaan yang bermarkas di Shenzhen, Cina itu siap untuk mengalahkan penjualan iPhone dari Apple dan merebut tempat kedua di pasar penjualan ponsel pintar secara global.

Pada kuartal sebelumnya, Huawei telah mengalahkan Apple untuk tempat kedua dalam penjualan smartphone global, dimana ini akan menjadi pertama kalinya Huawei mengalahkan Apple dalam penjualan smartphone setahun penuh.

Menurut laporan  Nikkei Asian Review yang dilansir dari Gizmochina, Huawei telah mengapalkan lebih dari 200 juta unit tahun ini dan telah berhasil meningkatkan penjualan di Cina, Eropa, dan Afrika. Sesuai laporan, usaha itu telah mencapai lebih dari 30 persen penjualan unit secara global dari 153 juta yang terjual pada 2017.

Seri smartphone paling populer dari perusahaan ini adalah Huawei P20, terutama berfokus pada kinerja kamera, yang menampilkan sensor kamera yang dikembangkan bersama dengan Leica, perusahaan asal Jerman. Kepala bisnis konsumen perusahaan mengatakan bahwa ada kemungkinan Huawei menjadi pembuat smartphone top dunia pada akhir tahun depan, karena menunjukkan pertumbuhan yang kuat di Eropa dan Cina.

Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro

Menurut data dari International Data Corp (IDC), Huawei menguasai 10,4 persen pasar ponsel pintar global pada 2017, dibawah Samsung Electronics 21,6 persen dan Apple 14,7 persen. Namun, Huawei berada di urutan kedua di belakang Samsung untuk pertama kalinya pada kuartal April-Juni dan mempertahankan posisinya disini mengungguli Apple pada bulan Juli-September.

Namun, sulit bagi Huawei untuk bertahan lama mengingat perusahaan menghadapi larangan di pasar-pasar utama, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Beberapa negara dan perusahaan telekomunikasi juga menghindari menggunakan peralatan komunikasi Huawei. Ini pasti akan merusak penjualan ponsel perusahaan pada 2019.

Tags: , , , ,


COMMENTS