November 27, 2018

ACER Swift 3 SF314-54G Stellar Blue: Notebook Stylish, Tahan Lama, dan Ringan

Penulis: Desmal Andi
ACER Swift 3 SF314-54G Stellar Blue: Notebook Stylish, Tahan Lama, dan Ringan  

Mobitekno – Pertengahan tahun 2018 kemarin, ACER menyegarkan produk notebook seri Swift 3-nya sehingga mampu bekerja dengan lebih baik dari versi sebelumnya. Acer Swift 3 SF314-54G ini dibekali dengan prosesor Intel generasi ke-8. Dan, yang Mobitekno terima untuk dicoba selama beberapa hari sudah menggunakan Intel Core i7.

Tetap tampil dengan desain yang stylish, notebook ini begitu nyaman digunakan. Warna Stellar Blue yang ada di bagian bodi membuat beberapa mata memandang ke arah notebook ini saat digunakan di keramaian,seperti cafe atau coworking space.

Ada beberapa perubahan yang ada di varian terbaru Swift 3 ini dibandingkan Swift 3 sebelumnya, seperti beberapa posisi tombol keyboard. Notebook yang juga dinamai Acer Swift 3 Day Edition ini tidak terlalu repot dibawa kemanapun pergi. Desainnya yang tipis membuat Acer Swift 3 ini masuk dengan lancar ke dalam tas kerja. Mobitekno memang mendapatkan kesempatan untuk mencoba Acer Swift 3 dengan warna Stellar Blue, namun tidak hanya itu saja warna yang disediakan Acer. Ada juga warna Pink, Silver, dan Red. Penasaran dengan pengalaman Mobitekno menggunakan notebook ini untuk beberapa minggu? Simak ulasannya berikut ini.

utama 2

 

Kelengkapan

Hadir dengan paket dengan dus berwarna coklat yang ringkas, Acer Swift 3 SF315-54G ini langsung kami keluarkan dan dinyalakan. Ukuran dus yang kompak juga membuat mudah dibawa saat baru saja membelinya dari toko retail.

Apa saja isi di dalam kemasannya ini? Seperti kebanyakan notebook lainnya, berikut ini detail isi paket penjualannya:

  1. Notebook Acer Swift 3 SF315-54G berwarna Stellat Blue
  2. Kabel Charger dengan model colokan yang kecil
  3. Lembar setup guide untuk menyiapkan notebook
  4. Kartu garansi
  5. Buku panduan cepat

kelengkapan

Desain

Tidak bisa dipungkiri lagi, Acer Swift 3 SF315-54G Stellar Blue ini memang memiliki desain yang menarik. Bodinya yang berwarna biru bukan tampil glossy yang kadang mudah baret, tetapi dengan bahan metal dengan guratan-guratan lurus di atasnya. Corak seperti ini membuat notebook   dipegang.

Di sekeliling bodi belakang dan permukaan keyboard juga diberikan bezel tipis. Adanya bezel ini membuat penampilannya menjadi terlihat mewah. Logo Acer terletak persis di tengah bagian belakang dengan bahan metal juga dan berwarna silver.

desain 1

Desain bagian bawah juga tetap berwarna stellar blue. Lisi-kisi untuk pembuangan udara diletakkan di dekat engsel dengan ukuran cukup besar. Bagian bawah ini juga memiliki penopang dari karet sehingga tidak perlu khawatir jika notebook diletakkan di berbagai jenis permukaan meja.

Beratnya yang hanya 1,6 kg cukup ringan untuk sebuah notebook dengan ukuran layar 14 inci ini. Bobot yang ringan ini tentunya tidak membuat bahu menjadi pegal saat dibawa mengganakan backpack khusus untuk notebook. Sementara dimensi keseluruhaannya memiliki tebal 18,7 mm, panjang 323mm, dan lebar 228mm.

Swift3_desain 2

Jika diperhatikan dengan Acer Swift 3 SF314-52G sebelumnya, ada beberapa perubahan dari penempatan tombol-tombol keyboard. Salah satu contohnya tombol pengaturan brightness yang kini ada di bagian atas. Sebelumnya tombol ini menyatu dengan tombol navigasi panah kiri dan kanan di bagian bawah. Selain itu tombol pengaaturan volume juga pindah ke atas, menyatu bersama tombol F10 dan F11. Perubahan ini tentunya sudah dipikirkan matang-matang oleh Acer untuk kenyamanan penggunaan.

touchpad

Salah satu yang menarik adalah ukuran touchpadnya yang cukup besar. Anda leluasa menggeser kursor dengan touchpad yang lega ini. Multitouch untuk navigasi layar pun menjadi lebih mudah, seperti menggulung layar dengan dua jari di touchpad.

Untuk fleksibilitas, Acer Swift 3 SF314-54G ini juga cukup banyak memberikan konektor untuk menyambungkan notebook dengan perangkat lain. Di sisi kiri, secara berderet terlihat port untuk colokan listrik, port HDMI, dua buah USB 3, USB type C, dan jack audio 3.5. sementara di bagian kanan terdapat slot untuk SD Card reader, USB 2.0, dan kensington key untuk pengamanan notebook.

Untuk baterainya, Acer membuatnya menyatu dengan bodi. Jadi, tidak mudah untuk mengganti baterai karena harus membuka cover bagian bawah terlebih dahulu. Sama seperti Swift sebelumnya, layarnya bisa ditekuk 170 derajat, rata dengan bagian keyboard. Khusus untuk keyboard, Acer juga mendesainnya dengan fitur backlit sehingga nyaman digunakan saat kondisi gelap sekalipun.

 

Fitur dan Performa

Sekarang kita lihat dari sisi fitur yang diberikan Acer untuk Acer Swift 3 SF314-54G ini. Salah satu yang pasti terasa saat menyalakan adalah penggunaan Windows 10 Home edition. Jadi, konsumen tidak perlu memikirkan sistem operasi lagi untuk pengoperasian notebook sehari-hari.

Selanjutnya, seperti ciri khas Acer, Notebook ini juga dilengkapi aplikasi pendukung untuk kenyamanan penggunaan, yaitu Acer Care Center. Melalui aplikasi ini, pengguna dimudahkan untuk memonitor kinerja notebook. Mulai dari spesikasi umum, proses chekup hard disk, koneksi dengan internet, proses tuneup, update windows, hingg recovery jika terjadi masalah, bisa ditangani dari aplikasi ini. Jadi, pengguna tidak perlu ‘mengoprek’ menu setting yang kadang membingungkan bagi pengguna awam. Selain itu, Acer juga memiliki aplikasi “Acer Quick Access” untuk memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur penting, seperti untuk mengatur aktivasi USB saat proses charge atau mengatur BlueLight Reduction untuk alasan kesehatan mata.

Fitur lainnya yang penting untuk mengakses notebook adalah fingerprint. Sensor sidik jari ini terletak di samping kanan touchpad. Memiliki teknologi Bio Protection, sensor ini cukup cepat dalam mendeteksi sidik jari di tangan kita. Namun, untuk menggunakannya, harus melakukan pengaturan terlebih dahulu dari menu settings.

tombol

Untuk akses internet yang lebih cepat, Acer Swift 3 ini juga menggunakan teknologi MIMO. Dengan demikian, koneksi internet diklaim bisa 5 kali lebih cepat dibandingkan produk notebook lainnya.

Koneksi yang cepat ini juga didukung dengan penggunaan SSD M.2 NVM2 256GB dan HDD 1TB serta memori 8GB RAM DDR4. Grafisnya menggunakan Nvidia GeForce MX150 2GB GDDR5 VRAM. Graphics card terbaru NVIDIA ini memiliki performa yang sangat baik dengan teknologi yang serupa pada seri GeForce 1030 versi desktop yang terbukti berkinerja terbaik. GPU ini hadir dengan proses manufaktur yang sama dengan seri 1030. Didukung VRAM sebesar 2GB GDDR5 dan memiliki tenaga CUDA sebesar 384 sehingga memberikan performa gaming memukau. Untuk konsumsi dayanya, kartu grafis ini cukup hemat hanya membutuhkan 25W saja.

Bagaimana dengan kualitas audio dari produk ini? Setelah dicoba beberapa kali untuk memutar musik, baik secara offline maupun online, kualitas audionya terbilang bagus. Suaranya cukup jernih berkat adanya Acer True harmony, dengan paduan treble dan bass yang cukup untuk sebuah notebook. Dari suara jernih ini, Acer Swift 3 cukup nyaman digunakan untuk menonton file multimedia, seperti konser musik atau film.

speakr

Produk yang berukuran 14 inci ini, layarnya sudah mendukung resolusi Full HD. Di bagian atas layar juga terdapat kamera webcam super high dynamic untuk kebutuhan video conference.

Performa

Untuk performanya, Acer Swift 3 SF314-54G ini cukup cepat. Hal ini karena penggunaan Intel Core i7-8550U generasi 8 dan dukungan memori 8GB RAM DDR4. Mobitekno pun melakukan pengukuran dengaan tiga program benchmark, yaitu PCMark 10, CineBench, dan 3Dmark Basic Edition. Hasilnya adalah sebagai berikut:

PC Mark 10:

PCMark

Geekbench

3dmark

 

Spesifikasi.

Tidak lengkap jika tidak mengetahui spesifikasi detail yang membuat Acer Swift 3 SF314-54G ini dapat melakukan proses komputasi dengan cepat. Ada beberapa faktor yang membuat performanya lebih bagus dari versi sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi Acer Swift 3 SF314-54G:

 

 

CPU

Intel® Core™ i7-8550U processor (8 MB Cache, 1.8 GHz with Turbo Boost up to 4.0 GHz)

OS

Windows 10 Home

LCD

14.0″ IPS Full HD 1920 x 1080 with Corning® Gorilla® Glass, Wide viewing angle up to 170 degrees

Memory

8GB  upgradeable up to 20GB

Harddisk

 1TB HDD  upgradeable up to SSD M.2 NVMe / Intel Optane  ready

Graphic

NVIDIA® GeForce®® MX150 with 2 GB of dedicated GDDR5 VRAM

ODD

N/A

Webcam

Video conferencing:
Super high dynamic range imaging (SHDR)

Port

HDMI® port with HDCP support

USB

• USB Type-C™ port: USB 3.1 Gen 1 (up to 5 Gbps)
• Two USB 3.0 ports with one featuring power-off
• USB charging USB 2.0 port

Bluetooth

BT 4.0

WiFi

WLAN: 802.11a/b/g/n/ac wireless LAN

Media Reader

SD™ Card reader

Audio

Acer Purified
Acer TrueHarmony technology
Compatible with Cortana with Voice
Certified for Skype for Business
Two built-in stereo speakers

Battery

 Up to 10 hours

Dimension

 323 (W) x 228 (D) x 18.70 (H) mm

Weight

 1.6kg

Highlights

Acer BluelightShield™ yang melindungi mata Anda dari emisi cahaya biru yang mengakibatkan mata cepat lelah dan kering.

 

Kesimpulan

kesimpulan (Large)

Acer Swift 3 SF314-54G sangat cocok digunakan untuk profesional dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Tidak hanya untuk melakukan pekerjaan rutin di kantor, berbagai konten kreator pun bisa memanfaatkan notebook ini untuk menghasilkan karya yang menarik karena performanya yang cepat.

Namun, walaupun Mobitekno tidak melakukan pengujian untuk bermain game-game yang populer saat ini, namun dari hasil uji 3Dmark, dan ditunjang kartu grafis yang mumpuni, notebook ini juga dapat digunakan dengan mulus untuk bermain game.

Salah satu kelebihan yang menurut Mobitekno sangat membantu pekerjaan sehari-hari adalah daya tahan baterai yang cukup lama. Hal ini sama seperti seri sebelumnya. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir saat membawa dan menggunakan notebook ini untuk melakukan pekerjaan yang banyak, serta ditambah menonton video.

Nilai tambah lainnya adalah desain yang stylish. Ditunjang warna Stellar Blue yang cukup menarik dan indah dipandang, desain Acer Swift 3 ini dengan bezel tipis di setiap sisinya membuat penampilannya terlihat mewah. Jadi, Acer Swift 3 SF314-54G ini bisa manambah tingkat kepercayaan diri penggunanya saat digunakan di keramaian, seperti coffee shop.

 

Tags: , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS