August 27, 2018

Patenkan Sistem Pendeteksi Glukosa Darah. Menantikan Kiprah Apple Watch Bagi Penderita Diabetes.

Penulis: Iwan RS
Patenkan Sistem Pendeteksi Glukosa Darah. Menantikan Kiprah Apple Watch Bagi Penderita Diabetes.  

Mobitekno – Seperti diketahui, setiap manusia harus menjaga kadar glukosa darah (gluka darah) dalam kisaran normal agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, misalnya diabetes.

Riset untuk membuat alat pendeteksi/sensor kadar glukosa darah yang efektif tanpa harus mengambil sampel darah sudah lama ditempuh oleh perusahaan Apple. Salah satu targetnya adalah mengaplikasikannya di produk Apple Watch atau iPhone agar berguna bagi jutaan bahkan miliaran penggunanya.

Hadirnya fitur pendeteksi gula darah di Apple Watch diharapkan dapat membantu penderita diabetes dalam memantau kadar gula darahnya secara mudah dan nyaman.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dimuat dalam Apple Watch atau iPhone, tapi paten aplikasi bertajuk ‘Reference switch architectures for noncontact sensing of substances‘ setidaknya menjunjukkan progres yang dicapai Apple dalam menciptakan berbagai terobosan inovasi di bidang medis.

Cara kerja aplikasi pendeteksi gula darah ini diketahui menggunakan cahaya dalam melakukan proses ‘absorption spectroscopy’ untuk mengumpulkan data untuk pengukuran dua objek yang berdekatan.

Metode ini bukannya tanpa kelemahan karena faktor adanya ‘substances’ penghambat dan interferensi lainnya sehingga membuat hasil pengukuran menjadi kurang akurat. Untuk mengatasinya, Apple menerapkan beberapa filter, light emitter khusus, detektor SWIR (short-wavelength infrared), dan beamsplitter.

Apple diketahui telah membentuk tim riset khusus dalam pengembang proyek pengembangan solusi/aplikasi medis ini sejak lima tahun lalu. Salah satu ahlinya berasal dari perusahaan medis C8 MediSensors yang aktif dalam pengembangan perangkat pendeteksi kadar glukosa yang dapat dihubungkan dengan mobile device.

Kabar bahwa Tim Cook, CEO Apple, juga mendeteksi kadar gula darahnya menggunakan prototipe Apple Watch semakin mempertegas jika Apple masih terus melanjutkan riset panjangnya tersebut.

Kita tunggu, apakah realisasinya dapat terwujud pada produk Apple mendatang, apakah pada Apple Watch 5 atau bahklan iPhone 12.

Tags: , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS