July 27, 2018

Samsung: Layar OLED Fleksibel yang Anti-Pecah akan Segera Terwujud

Penulis: Iwan RS
Samsung: Layar OLED Fleksibel yang Anti-Pecah akan Segera Terwujud  

Mobitekno –┬áSamsung terus mengembangkan panel layar baru untuk digunakan pada berbagai berbagai produk masa depannya. Perkembangan menarik datang dari salah satu divisinya, Samsung Display, yang menyatakan bahwa layar OLED fleksibel terbarunya yang anti-pecah (unbreakable) telah berhasil disertifikasi oleh Underwriters Laboratories (UL) sebagai badan yang bertanggung jawab dalam urusan kesehatan dan keselamatan kerja di AS.

Panel layar OLED fleksibel untuk ponsel ini mengandung bahan molekul substrat yang dirancang tahan banting. Menurut rilis resmi Samsung, layar ini telah mendapat lampu hijau dari UL untuk diaplikasikan sebagai layar ponsel. Layar fleksibel yang anti-pecah ini dianggap Samsung merupakan terobosan penting di industri layar ponsel.

Teknologi panel layar ini juga diharapkan dapat diaplikasikan ke segmen/pasar lainnya, seperti automotif, perangkat militer portabel, game console, tablet PC, dan lain-lain. Inovasi layar fleksibel ini dianggap lebih baik dari panel berbahan safir sintetis yang meski kuat masih tergolong rapuh.

Menurut Hojung Kim, juru bicara Samsung, layar anti-pecah dari OLED itu sangat cocok untuk beragama perangkat elektronik portabel. Bukan hanya karena kekuatannya yang seperti kaca, tapi juga karena kesamaan karakteristik lainnya, seperti bobot dan transmissivity level.

Panel layar anti-pecah terbaru Samsung ini telah teruji saat jatuh dari ketinggian 1,2 meter sebanyak 26 kali dan ketahan pada suhu ekstrem (-32 derajat hingga 71 Celcius). Hasilnya, layar tersebut masih kokoh tanpa adanya kerusakan (lecet) pada bagian depan, samping atau tepi.

Belum diketahui apakah teknologi layar fleksibel yang anti-pecah ini akan digunakan Samsung pada flaghsip-nya Galaxy Note 9 atau ponsel berikutnya di tahun depan. Inovasi layar tahan-banting belum lama ini juga diumumkan Corning melalui teknologi Gorilla Glass 6 yang bukan hanya tahan goresan (scratch resistance) tapi juga kuat saat terjatuh beberapa kali (15 kali) dari ketinggian 1 meter.

Tags: , , ,


COMMENTS