April 27, 2018

Untuk Pengaturan Layar Poni di G7 ThinQ, LG Pilih Sealiran dengan Huawei

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Untuk Pengaturan Layar Poni di G7 ThinQ, LG Pilih Sealiran dengan Huawei  

Mobitekno – Awal bulan depan LG bakal merilis smartphone flagship terbarunya, LG G7 ThinQ di dua kota sekaligus New York dan Seoul. Seperti kebanyakan smartphone Tiongkok, layar notch atau poni juga secara ‘latah’ diadopsi oleh LG.

Sebelumnya, LG diketahui sempat ‘galau’ meniru desain layar notch iPhone X tersebut. LG bahkan sempat meminta masukan terkait layar notch ini ke komunitas Android di Reddit.

Namun, jika melihat beberapa bocoran desain yang muncul belakang ini, LG sepertinya sudah menentukan pilihannya. Layar ponsel flagship G7 ThinQ akan memiliki notch atau poni. Dengan demikian, LG akan menjadi pabrikan smartphone yang kesekian yang ‘ikut-ikutan’ mengadopsi desain layar tersebut.

Meski demikian, solusi ‘jalan tengah’ masih dipilih LG. Layar poni milik G7 ThinQ dapat disembunyikan seperti yang dilakukan Huawei pada smartphone P20 series. Ini dilakukan dengan pertimbangan tidak semua pengguna menyukai layar poni.

LG G7 ThinQ layar poni

Berdasarkan bocoran gambar di situs Weibo, pengguna dapat mengatur opsi layar poni ini melalui ‘New Second Screen’ dalam menu ‘Setting’ G7 ThinQ. Dan dari sinilah, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan penggunaan poni.

Di samping itu, LG juga menyediakan opsi untuk mengubah warna dua bagian layar di samping poni (disebut Second Screen). Opsi warna yang tersedia cukup beragam, warna hitam, abu-abu, dan juga warna pelangi.

Perlu diingat, LG G7 ThinQ juga diduga akan mengadopsi jenis layar LCD RGBW. Artinya, layarnya tidak akan sehitam smartphone berlayar AMOLED. Sedikit banyak, ini pasti akan mempengaruhi soal penyembunyian poni.

Pabrikan smartphone lainnya yang kurang ‘pede’ dengan layar poni adalah Huawei yang belum lama ini telah memperkenalkan P20 Pro. Huawei juga memiliki opsi yang tersimpan di dalam menu ‘Setting’ untuk menyembunyikan layar poni.

Selain Huawei, masih ada OnePlus yang kabarnya juga berniat mengadopsi layar poni untuk flagship-nya OnePlus 6. Informasi terakhir, layar poni OnePlus 6 juga dapat disembunyikan.

Hingga saat ini, hanya ASUS, Oppo, dan Vivo yang percaya diri memakai layar poni tanpa opsi disembunyikan. Oppo dengan F7 dan R15, ASUS dengan ZenFone 5 dan 5Z, sedangkan Vivo dengan V9.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES