November 26, 2018

Mengusung Tema Sinergikan UMKM jadi Pahlawan Ekonomi Baru, Bukalapak Gelar Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Mengusung Tema Sinergikan UMKM jadi Pahlawan Ekonomi Baru, Bukalapak Gelar Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018  

Mobitekno – Untuk kesekian kalinya Bukalapak menggelar Kopdar Akbar bagi para komunitas Bukalapak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bukalapak merangkul seluruh pelapak untuk sama-sama tumbuh dan menjadi pahlawan ekonomi baru dalam gelaran Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018.

Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia berkomitmen untuk memberdayakan UMKM melalui pemanfaatan digital. Memiliki lebih dari 4 juta pelapak di seluruh Indonesia, Bukalapak percaya bahwa UMKM merupakan pahlawan ekonomi baru yang dapat membantu mewujudkan agenda pemerintah dalam mendorong perekonomian nasional.

Menurut Achmad Zaky selaku Founder dan CEO Bukalapak, para pelapak di Bukalapak adalah pahlawan ekonomi kreatif dimana mereka adalah termasuk orang-orang yang mampu mendobrak keterbatasan, mampu berinovasi dan berkreasi serta mampu untuk menjadi lebih baik, guna mendorong kemajuan perekonomian bangsa.

Senada dengan Zaky,  Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengungkapkan bahwa para pelapak di Bukalapak  tersebut mempunyai peran yang sangat besar terhadap kontribusi ekonomi Indonesia.

“Kontribusi ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 1.105 Triliun, ya sebagian diantaranya dari kontribusi bapak-bapak ini,” ujar Triawan dihadapan para pelapak di ajang Kopdar tersebut di Jakarta, Sabtu  (24/11).

Lebih jauh Zaky mengungkapkan bahwa gelaran Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak yang ke-3 ini dihadiri oleh ribuan pelapak dan pengguna setia Bukalapak dimaksudkan untuk menjadi wadah berkembang dan saling bertukar pikiran antar pelapak se-Indonesia.

“Para pelapak yang ikut dalam komunitas ternyata bisnisnya menjadi lebih baik dari pada sebelum masuk komunitas,” ujar pria yang akrab di panggil Mas Zaky ini dalam sambutannya di acara tersebut.

Gelaran akabar para pelapak tersebut menurut Zaky bukan semata sebagai ajang pertemuan tahunan biasa tetapi juga menjadi ajang saling belajar dan meningkatkan serta sharing pengalaman bisnis dari masing-masing pelapak tersebut. Sehingga diharapkan para pelapak akan menjadi lebih maju bisnisnya.

Oleh karenanya, Gelaran Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018 yang dihadiri oleh Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Lis Sutjiati (Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Digital Kominfo), dan I Gusti Ketut Astawa (Direktur Bina Usaha Kementerian Perdagangan) serta Hanung Harimba (Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UMKM) tersebut juga mengadakan konferensi dan 9 kelas workshop bisnis kreatif yang dapat diikuti oleh seluruh pelapak.

Zaky juga berharap kedepannya para pelapak di Bukalapak akan menjadi pelapak-pelapak tingkat internasional. Sehingga diharapkan para pelapak tidak hanya menjadi pelapak kelas UKM tetapi diharapkan menjadi pelapak yang entrepreneur.

“Acara ini kami persembahkan sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh pelapak yang telah memberikan performa terbaiknya untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Bukalapak berharap para pelapak-pelapak di berbagai daerah dapat bertumbuh dengan pesat sehingga hadir pahlawan-pahlawan ekonomi baru di dunia digital,” pungkas Zaky

Tags: , , ,


COMMENTS