July 26, 2018

8 Supir Truk Terbaik Memperebutkan 1 Tiket Volvo Trucks Driver’s Challenge 2018 ke Swedia

Penulis: Rizki Romdoni
8 Supir Truk Terbaik Memperebutkan 1 Tiket Volvo Trucks Driver’s Challenge 2018 ke Swedia  

Mobitekno – Mengemudi kendaraan berat memang butuh keterampilan khusus, tetapi mengemudi kendaraan berat dengan efisien (dari segi waktu, bahan bakar, produktivitas, dan sebagainya) merupakan sebuah seni. Inilah pandangan yang diutarakan oleh Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia menanggapi ajang kompetisi Volvo Trucks Indonesia Driver’s Challenge 2018, di mana sudah terjaring 8 finalis dari 80 perusahaan secara nasional yang akan bersaing ketat memperebutkan gelar Indonesia’s Most Complete Driver, pada Kamis, 26 Juli 2018 di Sentul, Bogor.

Juara dari kompetisi ini akan diberangkatkan ke Gothenburg, Swedia untuk mewakili Indonesia di Final Dunia Volvo Trucks Driver’s Challenge 2018 pada bulan September mendatang.

Volvo Trucks Indonesia Driver’s Challenge merupakan kompetisi untuk mengapresiasi pengemudi truk di Indonesia tentang bagaimana mengemudikan truk yang efisien sehingga berdampak langsung pada keuntungan perusahaan mereka. Pada awal-awal, ajang ini bernama Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang didekasikan untuk mengangkat peran para pengemudi truk dan menyoroti pentingnya mengemudi yang efisien.

Volvo Trucks Indonesia Driver’s Challenge tahun ini mengangkat tema “The Driver Makes The Difference” yang akan menguji keterampilan pengemudi truk di bidang efisiensi bahan bakar, keamanan dan kemampuan manuver. Ketiga aspek ini sangat penting untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan keuntungan bagi para perusahaan yang menggunakan Volvo Trucks sebagai armadanya.

Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia

“Mengenai kompetisi besok, setiap peserta akan masuk ke dalam 5 pos pemeriksaan, antara lain safety driving, performance driving, time, fuel consumption, dan productivity. Kelima pos ini mesti ditempuh dalam waktu 45 menit saja,” kata Terpstra. Lima pos pemeriksaan ini terdiri dari medan on-road dan off-road dengan porsi lebih banyak di medan off-road.

“Dengan tagline by people, for people kami ingin menjadikan manusia (dalam hal ini pengemudi truk) yang sangat berperan penting di belakang kendaraan,” ucap Terpstra.

Terkait harapan Volvo Truk di ajang kompetisi ini, Bambang Prijono selaku CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Grup) distributor tunggal Volvo Trucks di Indonesia, menyatakan bahwa pengemudi truk juga berhak diapresiasi. Ajang ini juga sebagai wadah edukasi kepada pengemudi truk terkait bagaimana performa, efisiensi bahan bakar hingga dampak lingkungan yang ditimbulkan saat mengemudikan truk.

Berbicara penjualan, di Indonesia truk Volvo sangat tersegmen. Paling banyak bisa dijumpai di area pertambangan wilayah Kalimantan dengan jenis truk Volvo FH16, Volvo FM 370 dan Volvo FMX yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Tahun ini, Volvo menargetkan penjualan hingga 700 unit dengan porsi penjualan lebih banyak di off-road, naik 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Tags: , , , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS