June 26, 2018

“Your Time on Facebook” Atur Waktu ‘Bersosialisasi’ Anda di Facebook

Penulis: Rizki Romdoni
“Your Time on Facebook” Atur Waktu ‘Bersosialisasi’ Anda di Facebook  

Mobitekno – Facebook sedang mengembangkan fitur yang akan memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang sudah Anda habiskan di Facebook.

Seorang pengembang Jane Manchun Wong menemukan alat –yang belum dirilis— di dalam sebuah kode untuk aplikasi platform Android yang disebut “Your Time On Facebook”, yang menunjukkan berapa banyak waktu, rata-rata, yang Anda habiskan setiap hari, bersama dengan total waktu yang Anda habiskan untuk dalam sepekan terakhir.


Facebook menegaskan kepada Engadget bahwa alat tersebut dapat berfungsi sebagai fitur. “Kami selalu mengerjakan cara-cara baru untuk membantu orang-orang memanfaatkan waktu mereka dengan baik saat berada didalam Facebook,” kata juru bicara Facebook dikutip dari TechCrunch. Masih belum jelas kapan alat tersebut akan tiba di Android atau platform lainnya.

Ini menjadikan Facebook sebagai perusahaan teknologi terkini untuk mulai bekerja pada alat yang bisa memberi tahu pengguna tentang berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk layanan tersebut.

Pada konferensi I/O bulan Mei, Google memperkenalkan beberapa fitur di Android dan YouTube untuk membantu orang melacak dan mengelola waktu mereka yang dihabiskan di aplikasi dan sebuah layanan.  Sebulan kemudian, Apple juga memperkenalkan fitur serupa untuk iOS yang dapat membantu pengguna mengontrol waktu bermain gadget untuk anak-anak mereka.

Ini menjadi satu hal yang positif bagi pembuat perangkat untuk melihat perubahan opini publik dan membantu pengguna melepaskan diri dari overdosis di layar mereka. Namun laporan Q4 2017 yang dirilis pada bulan Januari menunjukkan bahwa pengguna Facebook menghabiskan lebih sedikit waktu ketimbang tahun-tahun sebelumnya – meski itu menghasilkan lebih banyak uang dari sebelumnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS