April 26, 2018

HMD Global Siap-Siap Rilis Ponsel Kelas Menengah Berlayar Poni. Nokia X6?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
HMD Global Siap-Siap Rilis Ponsel Kelas Menengah Berlayar Poni. Nokia X6?  

Mobitekno – HMD Global yang kini memegang lisensi merek smartphone/ponsel Nokia sedang mempersiapkan satu seri terbaru, yakni Nokia X6. Ponsel ini disebut akan menyasar pengguna kelas menengah.

Namun, apakah smartphone ini akan hadir di pasar global masih belum diketahui secara pasti. Yang pasti, rumor seputar Nokia X6 cukup menjadi perbincangan hangat di Tiongkok sebagai pasar pertama yang menyambut ponsel berponi dan ramping tersebut.

Rumornya, Nokia X6 ini akan hadir dalam dua model, TA-1099 dan TA-1109. Keduanya pun sudah terlihat dalam situs sertifikasi 3C di Tiongkok sebelum perangkat tersebut dapat dikomersilkan alias dijual resmi di pasar.

Spekulasi yang tak kalah menarik yang beredar di Tiongkok, disebutkan bahwa Nokia X6 akan merujuk ke smartphone entry-level Nokia X yang pernah muncul pada tahun 2014 lalu. Perangkat ini adalah smartphone berbasis Android yang pernah dirilis oleh Microsoft saat masih memegang merek ponsel Nokia.

Nokia X6

Berbeda dari strategi Microsoft sebelumnya, HMD Global justru memposisikan Nokia X6 sebagai smartphone kelas menengah. Hal ini terlihat dari pemilihan chipset MediaTek Helio P60 dan RAM 4 GB.

Selain Helio P60, Nokia X6 dengan Android 8.0 Oreo ini juga diketahui punya varian lain dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 dan RAM lebih besar (6 GB).

Selain chipset, faktor kekiniannya berlanjut pada aspek layar. Tak mau kalah dengan kompetitor, Nokia X6 bakal mengusung layar 5,8 inci dengan aspek rasio 19:9 dan layar poni. Kamera belakangnya juga sudah mengadopsi fitur dual camera berlensa Carl Zeis. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 8.0 Oreo.

Karena menyasar konsumen kelas menengah, HMD Global nantinya diperkirakan akan memposisikan nilai jual Nokia X6 berada di antara Nokia 6 (2018) dan Nokia 7 Plus. mengenai perkiraan harga, smartphone ini mungkin akan dibanderol dikisaran US$ 250 hingga US$ 300. Sebuah harga yang masuk akal di tengah kompetisi sengit di segmen menengah.

Melihat gelagat HMD Global dalam menjual ponselnya tahun 2017 lalu, beberapa seri Nokia bukan hanya di pasarkan di Tiongkok. Contohnya, seri Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 2, dan Nokia 8 yang telah hadir di pasar global, termasuk Indonesia.

Oleh karenanya, tidak tertutup kemungkinan, HMD Global juga akan melakukan hal sama untuk Nokia X6. Sudah pasti persaingan pasar bakal sengit mengingat banyak segmen ponsel menengah sudah cukup sesak dengan kompetitor.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES