March 26, 2018

Sydeco Perkenalkan Archangel, Solusi Keamanan Jaringan dengan Machine Learning

Penulis: Desmal Andi
Sydeco Perkenalkan Archangel, Solusi Keamanan Jaringan dengan Machine Learning  

Mobitekno –  Di era yang saling terhubung atau lebih dikenal dengan istilah internet of things seperti sekarang ini, keamanan data merupakan hal paling fundamental yang mesti dilindungi. Untuk level negara misalnya, serangan hacker sangat bisa membuat rahasia negara bocor yang memicu polemik politik bahkan peperangan.

Menyadari hal diatas, PT Sydeco perusahaan yang berfokus pada bidang keamanan internet asal Yogyakarta, baru-baru ini memperkenalkan dua teknologi terkini, yakni secure system of transmission atau SST dan Arcangel. Keduanya bekerja secara bersamaan dalam menggunakan machine learning untuk menganalisa berbagai tipe serangan dan mempersiapkan pertahanan untuk antisipasi serangan berikutnya.

Lebih jauh, SST merupakan sistem cerdas yang menjadikan kriptografi sebagai cara perlindungan data yang kuno. SST memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim, dan menerima data tanpa enkripsi dengan aman, baik dilakukan dari ponsel, perangkat mobile atau non-mobile yang menggunakan internet untuk pengoperasiannya.

Patrick Houyoux selaku President Director PT Sydeco menjelaskan, data ini memiliki tingkat keamanan yang setara dengan komputer kuantum yang menganut transportasi kabel serat optik.

“Itu berarti bahwa bila intersepsi terjadi, maka pesan menjadi tidak terbaca. Pesan yang dikirim secara otomatis akan lenyap apabila dihalangi atau jika mencapai tujuan yang salah,” kata Patrick.

Ia melanjutkan, itu dapat mungkin terjadi karena sistem ini dilengkapi agen cerdas yang melindungi data secara otomatis. Perlindungan data yang diberikan, tambah Patrick, yaitu dengan mentransformasi data-data menjadi tulisan dalam bentuk gelombang progresif panjang dan warna yang bervariasi sesuai dengan konten yang terkandung didalamnya.

“Inilah yang kami sebut perlindungan data dengan bahasa Alien,” ucapnya.

Sementara Archangel merupakan sebuah smart box untuk menyaring seluruh lalu lintas data yang akan masuk ke jaringan internet, baik melalui kabel atau nirkabel. Fungsi machine learning yang ada di dalam Archangel memiliki kemampuan untuk menganalisis pola serangan yang belum pernah ada sebelumnya dan mencegah serangan tersebut masuk ke jaringan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES