February 26, 2018

Jeff Bezos Tengah Membangun Jam Raksasa Didalam Sebuah Gunung

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Jeff Bezos Tengah Membangun Jam Raksasa Didalam Sebuah Gunung  

Mobitekno –  Ide-ide gila seringkali muncul kapan saja di era digital saat ini. Seperti yang dilakukan pendiri Amazon Jeff Bezos belum lama ini yakni berencana membangun jam mekanis yang diklaim mampu bertahan selama 10.000 tahun dengan biaya produksi sebesar US$ 42 juta (Rp 600 miliar).

Menurut Longnow.org, sebenarnya ide tersebut tak serta merta muncul begitu saja. Danny Hillis, pria di balik gagasan tersebut yang pertama kali berbicara tentang membangun sebuah jam raksasa yang bisa bertahan paling tidak 10 ribu tahun.

Ia mengatakan, “Saya ingin membangun sebuah jam yang berdentang setahun sekali dan ‘berkokok’ ketika memasuki millennium baru. Saya ingin ‘kokok ayam’ muncul setiap milenium untuk 10.000 tahun ke depan,”

Untuk mewujudkan ide tersebut menjadi kenyataan, Danny bertemu dengan Long Now Foundation, sebuah lembaga nonprofit agar bisa segera mengerjakan jam setinggi 500 kaki yang dibangun didalam sebuah gunung di Texas bagian barat.

Bagi yang penasaran apa alasan Bezos membangun jam raksasa ini, dilansir The Hustle bagi Bezos, jam tersebut melambangkan kekuatan pemikiran jangka panjang. Impian terakhirnya adalah bahwa jam akan mengubah cara manusia melihat waktu.

“Seluruh peradaban akan muncul dan hilang. Sistem pemerintahan baru akan ditemukan dan Amerika Serikat tak akan lebih lama dari jam ini,” katanya

Bezos telah memasukkan US$ 42 juta ke dalam proyek ini karena keyakinannya bahwa “umat manusia” perlu berinvestasi di masa depan.

“Manusia telah menjadi sangat berteknologi canggih, hingga pada titik tertentu manusia bisa berbahaya bagi dirinya sendiri. Ini akan menjadi semakin penting dari waktu ke waktu bagi umat manusia untuk mengambil pandangan jangka panjang mengenai masa depannya, ” katanya, dikutip dari Business Insider.

Meskipun tidak ada tanggal penyelesaian yang dijadwalkan, namun catatan situs yayasan tersebut akan terbuka untuk umum segera bila sudah siap.

Tags: , ,


COMMENTS